Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
manfish menyerang manfish
05-03-2010, 05:39 PM
Posting: #1
manfish menyerang manfish
sebelumnya maaf jika salah tempat, saya gak tau manfish itu masuk kategori mana Big Grin

jadi singkat cerita,
saya punya seekor manfish....
udah sekitar 1 bulan lebih saya pelihara di dalam aqua ukuran 30x20x20 bersama 2 ekor koki.
selama ini saya heran, kalo manfish di tempat lain cenderung tenang pembawaannya, kalo manfish saya ini cenderung dinamis, suka berenang sambil joged2...bergerak-gerak gitu deh..kayak ikan koki..apa mungkin ketularan hobi si koki ya :haha:

nah karena cuma satu, kasihan juga, rencana mau nyari pasangannya. maka saya bertanya ke beberapa sumber bagaimana cara membedakan manfish co dengan ce...akhirnya saya simpulkan punya saya ini adalah ce, maka saya butuh 1 manfish co.
ini gambar manfish saya
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-a...9234_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-a...5353_n.jpg
http://sphotos.ak.fbcdn.net/hphotos-ak-s...6152_n.jpg

lalu saya mulai hunting, hingga akhirnya nemu kemaren...
setelah ngobrol ama yang jual, sambil nunjukin poto manfish saya, penjualnya bilang itu co...
hmm...akhirnya percaya aja , karena saya juga belum bisa bedainnya..
maka saya di pilihin 1 manfish ce...itu juga menurut yang jual..
tapi kalo saya perhatikan bagian kepala manfish yang baru..rasanya sama dengan manfish saya yang lama...apa jangan-jangan sejenis ya?

lalu saya masukin ke aqua dengan prosedur..
tetap dalam plastiknya saya apungkan di aqua, lalu air aqua saya masukin dikit2...ikan yang lain mendekat..seperti kenalan...
lalu dia keluar dari plastik..
beberapa saat kemudian..manfish yang lama nyerang manfish baru ini berkali-kali dengan mulut nya..manfish baru gak membalas..ukuran mereka sama...
dan akhirnya tadi pagi saya dapati manfish baru sudah gugur.

nah, yang saya bingungkan..
manfish yang lama itu co atau ce ya?
lalu kenapa dia menyerang manfish baru?
apakah normal manfish berenang sambil goyang-goyang kayak koki?

thanks.

NB : manfish yang baru gak sempat di poto
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-03-2010, 10:52 PM
Posting: #2
Re: manfish menyerang manfish
setau saya manvis itu termasuk ikan yang agresif dan teritorial bro, jadi klo utk aquarium ukuran 30x20x20 ada baiknya cukup satu ekor saja, itupun menurut saya manvisnya klo bisa dipindah ke aquarium yang lebih besar, karena klo ukurannya segitu, pertumbuhan manvisnya bisa terhambat, manvis itu bisa tumbuh lumayan gede jg loh, jadi ada baiknya ikan ini dipelihara di aquarium yang lebih lebar :wink:
sepengetahuan saya sih, manvis ini klo dicampur terlalu banyak dalam satu tempat (terlalu berdesakan) pasti akan saling serang dan bukan hal yang tidak mungkin jg akan saling bunuh :cry: CMIIW
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-04-2010, 04:09 AM
Posting: #3
Re: manfish menyerang manfish
ooo....
jadi bukan karena sejnis ya bro?co dengan co atau ce dengan ce?

emank rencana, aqua yang sekarang cuma buat sementara...
kalo buat manfish, lebar minimal aqua berapa ya?
kalo 60x50x50?
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-05-2010, 09:48 AM
Posting: #4
Re: manfish menyerang manfish
klo mnrt saya, aquarium 60x50x50 kaya punya bro bisa untuk masukin kurang lebih 3 ekor manvis sampai ukuran dewasa. tapi klo bisa ukurannya sama semua, trus dikasih tanaman/ sekat / tempat sembunyi gitu jadi masing2 manvis ga sering2 ketemu. selain itu semua ikan tsb masukin aquariumnya harus bareng, karena klo ada yang lebih dulu masuk, yang lebih dahulu masuk itu akan "memplonco" yang masuk belakangan :mrgreen: CMIIW
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-05-2010, 11:03 PM
Posting: #5
Re: manfish menyerang manfish
ok sip bro...
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-14-2010, 05:39 PM
Posting: #6
Re: manfish menyerang manfish
manfish itu masuk jenis ikan apa ya?

bingung mau milih pakannya..
sebelumnya saya kasih tetrafin flake, dia suka..
saya ganti tetrafin gold exotic, manfishnya kurang suka kayaknya

sebaiknya saya pilih apa ya?yg bagus buat koki dan juga manfishnya..jadi gak perlu dua kali ngasih pakan
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-19-2010, 07:04 PM
Posting: #7
Re: manfish menyerang manfish
ARS-136 Tulis:manfish itu masuk jenis ikan apa ya?

bingung mau milih pakannya..
sebelumnya saya kasih tetrafin flake, dia suka..
saya ganti tetrafin gold exotic, manfishnya kurang suka kayaknya

sebaiknya saya pilih apa ya?yg bagus buat koki dan juga manfishnya..jadi gak perlu dua kali ngasih pakan

Manvvis itu termasuk jenis cichild yang sifatnya rada temperamental dan rada-rada galak.Kalo di daerah kekuasaan untuk dia mijah biasanya dia mulai menyerang,mungkin dia terlalu teritorial sehingga ada ikan baru masuk dan dia tidak menerima lagsung dibantai bro.
Kalo masalah pakan,biasanya tetrafin pun dia suka,kalo saya dulu ngasihnya bloodworm cuma karena manvvis saya sudah mokat. Sad

Jadi Berdua ma koki ya?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-20-2010, 04:03 AM
Posting: #8
Re: manfish menyerang manfish
oh, manfish itu termasuk cichild ya bro..

iya neh, manfishnya bareng ama koki..mereka akur-akur aja.. (ada 1 manfish dan 2 koki)

waktu awal-awal emank di kasih tetrafin flakes...
hanya saja, katanya yg tetrafin flake itu bagus buat koki ukuran kecil, nah berhubung koki saya udah rada gede, makanya saya ganti tetrafin exotic, nah si manfish nya gak mau..

lalu saya ganti tetramin flake, nah dia akhirnya suka...dan sekarang yg bingung pakan buat kokinya :conf:
tetrafin exotic itu ternyata bikin air cepat kotor
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-20-2010, 07:04 AM
Posting: #9
Re: manfish menyerang manfish
Emang gak dibatasi pemberian pakannya,biasanya aja 3menitan habis.Berarti kebanyakan pemberian pakan mungkin,jadi air cepat kotor.Kan maskoki itukan mulutnya rada gede,kenapa gak dikasih pellet yang bagus untuk koki,yang dapat mencerahkan warna sang koki,atau koki juga suka banget ama pakan hidup kayak bloodworm,ditempat saya 2menitan abis langsung pakan dihabisin kokinya Smile


Salam..............
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-20-2010, 05:39 PM
Posting: #10
Re: manfish menyerang manfish
saya bingung mau kasih apa buat si koki...
saya pilih pelet merek TETRAFIN GOLD EXOTIC...

cuma, kok airnya kotor jadinya..padahal ngasihnya gak banyak....
aneh ya...biasanya pakan merek TETRA gak bikin air kotor, kok ini begini
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
05-20-2010, 05:54 PM
Posting: #11
Re: manfish menyerang manfish
Iya yah,padahal merk bagus kayak gitu gak bikin keruh,mungkin memang dasar nya airnya dah keruh,atau ada pakan sisa yang tidak termakan ikan gitu. Big Grin

Salam...
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-01-2010, 09:18 PM
Posting: #12
Re: manfish menyerang manfish
manvis termasuk keluarga cichlid,jadi ada baiknya dipelihara lebih dari 2 ekor.pengalaman dulu pelihara peruvian altum 2 ekor.yang satu mati gara sering dibully sama yang satunya lagi.CMIIW
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-02-2010, 06:46 AM
Posting: #13
Re: manfish menyerang manfish
Nooel Tulis:manvis termasuk keluarga cichlid,jadi ada baiknya dipelihara lebih dari 2 ekor.pengalaman dulu pelihara peruvian altum 2 ekor.yang satu mati gara sering dibully sama yang satunya lagi.CMIIW

Yang Manvvis dah ane jawab sob.Dipelihara lebih dari 2ekor mah ngak papa kali,di rumah ane aja ada 6ekor disatu aquarium dan masih save-save aja.Mungkin bukan ke bully kali ya ama manvvis,palingan si manvvis cuma protect wilayah daerah kekuasaanya aja.Kadang-kadang ikan juga gitu kan,kalo ngak di grouping malah jadi berantem,kayak si Aro gituCMIIW Big Grin


Salam........
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu