Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[ASK] Sump & Habitat kolam ikan air laut (Fish Only)
09-02-2007, 06:36 PM
Posting: #1
[ASK] Sump & Habitat kolam ikan air laut (Fish Only)
Saya baru buat kolam ikan untuk air laut. Rencananya hanya untuk Fish Orientation dan mungkin beberapa dead rock, agar tidak terlihat monoton.

Kolam: 3m(P) x 1.5m(L) x 0.8m(T)
Sump (bersebelahan dengan kolam): 0.6m(P) x 1.5m(L) x 0.8m(T)
Sump terbagi 4 sekat.

Saat ini yg sudah saya lakukan sbb:

1) Kolam sudah saya isi dengan air tawar untuk cek apakah ada kebocoran. Sudah sekitar 1 bulan saya tes "kayaknya sih" tidak ada kebocoran.

2). Lalu dasar kolam sudah diberikan pipa PVC 4" yang di letakkan melebar (panjang pipa 1.5m) sebanyak 15 buah. Tujuan pipa pvc ini untuk menahan fiberglass (tebal fiberglass 2mm) yang ada di atasnya. Fiberglass saya lubangi kecil2 (pake solder) agar ada sirkulasi.

3) Dan di atas fiberglasss sudah saya taruh kerikil2 kasar sebanyak 7 kantong 25Kg (kata tulisannya 25 KG).

4) Di atas kerikil2 kasar, saya sebar pasir bali sebanyak 4 kantong 25Kg (kata tulisannya 25 KG). Saya terpaksa gunakan pasir bali, karena sulit sekali mencari pasir putih Sad Kalau saya baca2, pasir bali mengandung calcium yg berlebih. Apakah ada cara untuk mengurangi calcium tsb ?

Untuk sump, tolong lihat gambar saya di:
http://img233.imageshack.us/my.php?image=sumphy9.gif

Keterangan gambar sbb:
Nomor 1: output dari protein skimmer yg terhubung dengan UV filter.
Nomor 2 & 3: output (overflow) dari kolam utama.
Nomor 4: output dari undergravel nya kolam utama.
Nomor 5: input dari undergravel nya kolam utama.
Nomor 6: air kembali ke kolam utama
Apakah semua ini benar ? Kira2 media apa saja yg perlu saya tambahkan di dalam sump ?

Saya lebih suka melihat ikan2 yg ukurannya agak besar (sekitar 15-20cm). Untuk ikan kecil, saya hanya suka Clown Fish yg bermain2 di anemon laut. Nah, kira2 ikan besar apa yg bisa saya piara berbarengan dengan si Clowh Fish + Anemon ini ?

Thanks atas masukannya.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-04-2007, 09:17 AM
Posting: #2
 
Bro...sedikit masukan,
Hindari undergravel filter sebab kalo sudah kotor bagaimana bersihkannya kalo diaplikasikan ke kolam?

Sekat pertama sampai ke tiga jangan pakai kerikil kasar, nanti begitu masuk kotoran (detritus) malah jadi sumber nitrate kecuali mau rajin bersihkan tapi kan repot sekali. Kapas masih bisa dipakai karena kalo kotor tinggal angkat dan ganti..tidak terlalu repot.

Untuk F/O tidak terlalu menuntut banyak filter media tapi kalo mau pakai lebih bagus, yaitu phospate absorber (sekat 2 atau 4) untuk mengurangi tumbuhnya lumut berhubung kalo kolam kan biasanya kena matahari langsung. Sekat 3 bisa diisi DSB atau refugium, kalo kena matahari langsung subur tuh refugiumnya :wink:

Check suhunya (mumpung belum masuk ikan)...kalo sudah mencapai 30c mendingan pakai chiller.

Ikan yang besar lebih susah peliharanya karena selain ditangkap pakai potas (biasanya) juga susah diajarin makan pellet karena di alamnya sudah biasa makan live food. Mendingan yang sedang saja, cepat besar kok ikan laut.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-04-2007, 09:38 AM
Posting: #3
 
Thanks bung cicu atas masukannya.

cicu Tulis:Bro...sedikit masukan,
Hindari undergravel filter sebab kalo sudah kotor bagaimana bersihkannya kalo diaplikasikan ke kolam?

Oopss, salah langkah deh saya. Soalnya waktu dulu sebelum buat kolam, tanya2 ke salah satu tukang ikan air laut di wilayah Jak-Bar, mereka bilang harus ada UGF nya Sad Dia di tokonya juga ada kolam air laut dan menggunakan UGF. Kata dia UGF nya gak pernah di bersihin sudah hampir 7 tahun. Kalo UGF saya di bongkar, bingung juga nih kalo harus angkat lagi semua pipa2 di bawah nya Sad

cicu Tulis:Sekat pertama sampai ke tiga jangan pakai kerikil kasar, nanti begitu masuk kotoran (detritus) malah jadi sumber nitrate kecuali mau rajin bersihkan tapi kan repot sekali. Kapas masih bisa dipakai karena kalo kotor tinggal angkat dan ganti..tidak terlalu repot.
Kerikil kasar saya bungkus dengan kantong yang bahannya seperti jaring nelayan. Jadi saya pikir secara periodik tinggal angkat kantong nya dan ganti baru kerikil2 nya. Apakah cara ini bisa dilakukan ?

cicu Tulis:Untuk F/O tidak terlalu menuntut banyak filter media tapi kalo mau pakai lebih bagus, yaitu phospate absorber (sekat 2 atau 4) untuk mengurangi tumbuhnya lumut berhubung kalo kolam kan biasanya kena matahari langsung. Sekat 3 bisa diisi DSB atau refugium, kalo kena matahari langsung subur tuh refugiumnya :wink:
Matahari sih masuk, tapi gak terlalu terik. Sebab di atas nya ada kanopi transparan yg dipasang agar tidak terkena air hujan. Untuk DSB apakah bisa pakai pasir bali ? Atau harus live sand ? Kalo pasir bali saya masih ada stock, tapi kalo live sand bingung cari dimana.
Dan apakah tidak perlu pakai Carbon Active ?
Dan phospate absorber merk apa yang bagus ?


cicu Tulis:Check suhunya (mumpung belum masuk ikan)...kalo sudah mencapai 30c mendingan pakai chiller.
Saya ukur pagi, siang, sore, malam, suhunya sekitar 25C - 27C. Sebab kolam saya setengah di bawah tanah, dan setengah di atas tanah. Apakah masih perlu pakai chiller ?

Thanks buat penjelasannya Smile
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-04-2007, 10:01 AM
Posting: #4
 
halo wah sama sama lagi bikin nih pak, saya mau tanya pak lapisin kolam biar nga bocor pake apa ya??? saya rencananya sih kemarin di lapis 4 x e poxi
terima ksasih
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-04-2007, 10:06 AM
Posting: #5
 
Kutip:Dia di tokonya juga ada kolam air laut dan menggunakan UGF. Kata dia UGF nya gak pernah di bersihin sudah hampir 7 tahun.
Ya jelas gak pernah dibersihkan, kalo mau bersihkan harus bongkar isi kolam....capek deeeh Big Grin

Kutip:Kerikil kasar saya bungkus dengan kantong yang bahannya seperti jaring nelayan. Jadi saya pikir secara periodik tinggal angkat kantong nya dan ganti baru kerikil2 nya. Apakah cara ini bisa dilakukan ?
Tujuan penggunaan kerikil kasar untuk apa? Kalo untuk menyaring kotoran kan sudah ada kapas dan skimmer. Setahu saya toko ikan suka menyarankan pakai kerikil kasar/karang jahe untuk koloni bakteri (ini pernah saya tanyakan ke toko ikan dekat rumah), nah kalo tujuannya untuk koloni bakteri ya tidak bisa diangkat karena bakteri yang sudah berkembang akan mati...tapi kalo tidak diangkat kerikil akan kotor (kebanyakan karena debu).

Kutip:Matahari sih masuk, tapi gak terlalu terik. Sebab di atas nya ada kanopi transparan yg dipasang agar tidak terkena air hujan. Untuk DSB apakah bisa pakai pasir bali ? Atau harus live sand ? Kalo pasir bali saya masih ada stock, tapi kalo live sand bingung cari dimana.
Dan apakah tidak perlu pakai Carbon Active ?
Dan phospate absorber merk apa yang bagus ?
Kalo kena matahari...meskipun tidak terik akan mempercepat tumbuhnya lumut, positifnya bagus untuk coral (tapi kan F/O :wink: ).
DSB lebih baik pakai pasir halus, tidak harus Live Sand. Beli saja pasir halus di sumenep. Memangnya lokasinya dimana?
Carbon Active berhubung F/O lebih baik pakai untuk menjaga kejernihan air tapi beli yang bagus untuk menghindari phospate.
Phospate absorber kalo yang bagus sih merk Rowaphos.

Kutip:Saya ukur pagi, siang, sore, malam, suhunya sekitar 25C - 27C. Sebab kolam saya setengah di bawah tanah, dan setengah di atas tanah. Apakah masih perlu pakai chiller ?
Mantap! Tidak perlu chiller lagi 8)
Oh iya...berhubung lokasinya terbuka harus memperhitungkan PH swing yang kadang terjadi.

Coba PM ibu "mama garasi", dia ada buat kolam laut juga, jadi lebih bisa kasih info dibandingkan saya yang belum pernah main kolam.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-04-2007, 10:15 PM
Posting: #6
 
Dear rekan2,

Kebetulan saya punya kolam(kecil) khusus buat ikan (ide awal fish only -- meskipun prakteknya lebih baik dicampur dengan liverock dan coral)

Ukurannya 2,5 mtr x 1,75 mtr x tinggi cuma 50-75 cm (cekung ke bawah).

Awalnya memang agak ragu krn kurang dalam, namun dengan filtrasi yang cukup, 20% vol. pakai pasir DSB, skimmer, UV lamp dan ozonizer serta kuncinya adalah cek parameter air, tingkat hidup ikan2 sangat tinggi.

Suhu udara di kota saya 1-2 derajat lebih rendah dibanding Jakarta, jadi jika saya cek suhu air kolam max 27. Ini karena faktor semen beton dan luas permukaan.

Jika pengin anti bocor bisa pakai resin, kalau mau mantap, pas cor beton lapisin dengan plastik (Idea ide temen kontraktor kalau dia pas bikin toilet di lt atas)

Oya, masukan penting ttg Liverock.
Jangan pakai deadrock pak, karena live rock yang bagus/full coralline algae sangat membantu ekosistem kolam laut kita.
Ikan2 juga bakal seneng krn akan banyak 'pods' sbg pakan alami mereka.

Saya juga ada rencana install sulfur denitrator , meskipun sebenarnya level nitrat sdh dibawah 10, Namun jika bisa mendekati nol, ikan2 pasti tambah sehat.

Mudah2 an bermanfaat

salam mama

Memelihara Ikan dan Coral bagaikan merawat bayi . . .
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-06-2007, 06:30 AM
Posting: #7
 
Halo, salam kenal mama garasi....
Mau install sulfur denitrator? Sudah ada sulfur beadnya? Kalo belom, saya bisa supply...

"Kasihilah peliharaanmu seperti engkau mengasihi dirimu sendiri, jangan biarkan mereka meninggal di tanganmu"

Marlin & Dory
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-09-2007, 07:10 PM
Posting: #8
 
Hi Mama Garasi,

Thanks atas masukannya. Kayaknya skimmer saya kurang besar.
Ssat ini saya hanya ada Jebo 520 saja, yg menurut saya kurang
besar. Apakah mama ada informasi untuk skimmer yg bagus untuk volume kolam sekitar 4 kubik ? Skimmer DIY juga ok2 saja, asalkan berfungsi bagus.

Untuk pasir bali, saat ini sudah saya ganti dengan pasir halus. Tidak semua pasir bali terangkat dari kolam. Jadi saya timpa aja dengan pasir putih / pasir halus.

Mama pakai susunan filter nya bagaimana ? Media apa saja yg mama pakai ? Kalau tahu merk media yg bagus juga boleh di infokan Smile

Sorry nih saya banyak tanya, krn masih perlu banyak masukan. Thanks atas informasi & waktunya.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-25-2007, 09:25 AM
Posting: #9
 
kalo malam rencana nya mau di kasi lampu apa ? kalo pake jebo 520 mestine kurang ya... diliat spesifikasi nya aja terus di sesuaikan dengan volume kolamnya.. btw ikan laut kalo diliat dari atas emang bagus ya ?

Sudahkah anda mengasihi orang lain hari ini ? Kasih akan membuat dunia ini menjadi semakin indah......
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-26-2007, 12:33 AM
Posting: #10
Re: [ASK] Sump & Habitat kolam ikan air laut (Fish Only)
Wong BANTEN Tulis:
adam5589 Tulis:Saya baru buat kolam ikan untuk air laut. Rencananya hanya untuk Fish Orientation dan mungkin beberapa dead rock, agar tidak terlihat monoton.
wah,.........SELAMAT,.........bikin THEMANya yang rada unik yah :wink:
Ini di OUT DOOR kan?
Kutip:Kolam: 3m(P) x 1.5m(L) x 0.8m(T)
Sump (bersebelahan dengan kolam): 0.6m(P) x 1.5m(L) x 0.8m(T)
Sump terbagi 4 sekat.
knapa ga dibuat seperti di alam, yaitu dgn BIOLOGYCAL SISTEM, yaitu dengan DSB dan PAdang Mangroove,dibuat pantai2-an sebagai DSB sekaligus penggangti kapas dan tempat beranak-pinaknya plangkton.
Kutip:Untuk sump, tolong lihat gambar saya di:
http://img233.imageshack.us/my.php?image=sumphy9.gif
Sudah saya liat,....hehehehe,...sory,...ganti aja,...jangan ada SEKAT 8)
Kutip:Apakah semua ini benar ? Kira2 media apa saja yg perlu saya tambahkan di dalam sump ?
DSB ada udah cukup kok :wink: atau pakai MUD (lumpur).
Kutip:Thanks atas masukannya
Bung adam dimana? undang kita2 kesana,..biar banyak masukan dan lebih artistik. mau ga LIVEROCKnya terukir nama anda terlihat dari atas........... :wink: wah....keren deh

Wong BANTEN
[img]http://www.foxnews.com/i/icon_facebook.gif[/img]
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-26-2007, 09:19 AM
Posting: #11
 
Promosi teruuus :lol:
Bro adam, saran saya masukan dari bung WB mantap tuh. Sediakan sebagian sisi dari kolam untuk dibuat seperti pantai dengan bakau sebagai hiasan (sekaligus filternya). Wah...artistik booo 8) , kalo sore bisa sekalian buat tempat berjemur hahaha...

Untuk LR memang lebih baik dikombinasikan antara LR buatan dengan alami (untuk pemancing coralline algae) karena LR buatan bisa dibuat sesuai selera.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-26-2007, 11:36 PM
Posting: #12
 
promosi ARTIFICIAL LIVEROCK?
Hehehehe..........
mengenai lampu pakai sumersible lamp (di dinding bak) yg di sembunyikan di samping jadi kalau malam tiba nyalain,.................betah deh...........

Wong BANTEN
[img]http://www.foxnews.com/i/icon_facebook.gif[/img]
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-27-2007, 12:13 AM
Posting: #13
 
abo Tulis:halo wah sama sama lagi bikin nih pak, saya mau tanya pak lapisin kolam biar nga bocor pake apa ya??? saya rencananya sih kemarin di lapis 4 x e poxi
terima ksasih
Coba RESEP BANTEN.
2kg bagian cement PUTIH
1 lem FOX cair (putih) berbentuk PASTA (5br).
Nah itu dasarnya
Encerkan cemen dulu, seletah homogen,..campurkan dan lapisi deh

Wong BANTEN
[img]http://www.foxnews.com/i/icon_facebook.gif[/img]
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-29-2007, 05:27 PM
Posting: #14
Re: [ASK] Sump & Habitat kolam ikan air laut (Fish Only)
Wong BANTEN Tulis:knapa ga dibuat seperti di alam, yaitu dgn BIOLOGYCAL SISTEM, yaitu dengan DSB dan PAdang Mangroove,dibuat pantai2-an sebagai DSB sekaligus penggangti kapas dan tempat beranak-pinaknya plangkton.


Ide bapak mantap ! Tapi sayang kolam sudah jadi. Ntar deh kalo udah bosen, saya reno sama bapak Wink


Wong BANTEN Tulis:Sudah saya liat,....hehehehe,...sory,...ganti aja,...jangan ada SEKAT 8)

gubrak... :? Kenapa gak dari dulu kita kenal Big Grin Kalo sekarang nasi udah jadi bubur ketan item (emang bisa ? :roll: ). Kalo dirubah, saya mesti bongkar total dong. Hiks...hiks...


Wong BANTEN Tulis:mau ga LIVEROCKnya terukir nama anda terlihat dari atas........... :wink: wah....keren deh
Waktu SD, saya pernah belajar kalo Yogya terkenal akan ukiran batu candi nya. Tapi gak pernah dengar kalo Banten terkenal ukiran LiveRock nya :lol: Hebat euy bapak. LiveRock nya bagus ? Itungannya per KG kah ? Berapa duit ? Gak perlu ukiran nama lah, yg penting bentuknya enak dipandang dari atas. Kalo ada photo2 nya, boleh juga di PM ke saya. Lokasi saya di jakarta barat. Bisa dikirim ?


Thanks buat masukan dari tukang ukir LR Big Grin
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-30-2007, 01:35 AM
Posting: #15
Carbon Active yang bagus ?
Hallo,

Mau tanya Carbon Active merk apa yang paling bagus ? (yg sangat sedikit mengandung PO4). Dan berapa harga per Kg atau per Liter nya ?

Dan sekitar berapa lama sekali Carbon Active ini harus diganti ?

Thanks.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu