Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Sudden Death
02-06-2008, 10:44 AM
Posting: #1
Sudden Death
Hi Discusers,

Boleh minta petunjuk gak?Kira kira ada yang pernah tahu gak kalau discus bisa mati mendadak tanpa ada gejala sakit pada fisiknya ?
Karena pagi ini ikan ku rebahan 90 derajat alias mati padahal kemarin pagi masih baik baik aja.
Kronologisnya 3 hari yang lalu aku kehabisan pakan cacing beku dan tidak sempat beli jadi aku kasih makan hanya T**ra Bit pagi dan malam. Sampai kemarin sore aku belikan cacing dan aku kasih makan salah satu ikan ini tidak punya nafsu makan . Paling hanya diliat liat aja cacingnya . Aku pikir stres karena suhu kemudian aku pakai heater dan garam sedikit. Harapanku besok sudah kembali normal. Ternyata pagi tadi aku lihat sudah meninggal dunia. Sedangkan temannya yang lain masih baik baik saja.
Mungkin teman teman ada yang pernah alami hal ini bisa sharing , karena aku penasaran kenapa bisa mati secepat itu tanpa ada gejala pada fisik ikan.
Thanks
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-06-2008, 12:10 PM
Posting: #2
 
Ikan sudden death dr pengalaman pribadi, ada beberapa kemungkinan Bos...

Pertama, ikannya emang udh sakit internal, entah parasit, bakteria atau pernafasannya... cuma nga sadar ( biasanya gill fluke / pernafasan yg cepat bikin mati )... ciri2nya nafas ikan mengap2 terus dan cepat terus...

Kedua, pengaruh pergantian air baru (kaporit) tp kalo ini kynya nga mungkin, krn kalo iya, hrsnya semua ikan kena...

Ketiga, keracunan makanan ( yg pernah kejadian, akibat cacing M27 - yg plastik putih gambar lohan - ini cacing berformalin ) kalo dikasih, 2-3 hr udh ketauan akibatnya... burayak 1 batch pernah mati semua gara2 cacing ini... dan ikan yg selamat dr keracunan cacing berformalin ini, biasanya napsu mknnya hilang... dan nga brp lama mati mendadak tanpa gejala sakit pada fisik ikan... (ini kecurigaan terbesar gw bos ttg apa yg terjadi sama ikan lo)...

[img]http://i161.photobucket.com/albums/t205/nchutz81/th_Logo.jpg[/img]
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-06-2008, 08:21 PM
Posting: #3
 
Wah yg bener bos Nchutz....M27 berformalin?? Padahal dari musim louhan selalu gw pake merk itu.... dan sekarang pun masih hanya saja kemasannya yg berlogo premium dan boss..
Sejauh ini belum pernah lihat gejala keracunan dari cacing es merk ini... ada tips utk mengecek berformalin tidaknya dan penggunaan zat pewarna??
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-08-2008, 01:02 PM
Posting: #4
 
Bos Santoso,
Untuk Teori pertama kayaknya gak mungkin karena biasanya ikan ini selalu aktif dan tidak terlalu terburu buru nafasnya. Apa ada gejala lain pada gill flukes selain itu?

Untuk Teori kedua juga gak mungkin karena yang lain tidak apa apa. Memang pas kejadian mengganti air dengan air isi ulang karena air PAM sedang kosong karena kebanjiran.

Untuk teori ketiga juga kenapa hanya dia yang mati sedang yang lain masih ok? Memang sudah 3 hari ini aku beri hanya t*t** bit saja. Dan sebelum itu aku kasih makan dengan sisa cacing yang sudah cukup lama di freezer dan sudah berwarna coklat. Apa ada kemungkinan dalam cacing yang sudah coklat tersebut ada sesuatu yang menyebabkan ikan ku mati.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-09-2008, 09:01 PM
Posting: #5
 
juruense Tulis:Wah yg bener bos Nchutz....M27 berformalin?? Padahal dari musim louhan selalu gw pake merk itu.... dan sekarang pun masih hanya saja kemasannya yg berlogo premium dan boss..
Sejauh ini belum pernah lihat gejala keracunan dari cacing es merk ini... ada tips utk mengecek berformalin tidaknya dan penggunaan zat pewarna??
nga usah susah2 kalo mau ngecek berformalin ato engga... lo keluarin aja dr kulkas cacing bekunya biarin seharian... nga bakalan berubah warnanya... paling cuma kering dikit...
Kalo yg nga dikasih, setengah hari aja kelupaan masukin freezer lagi... udh mulai bau dan berubah warnanya jd gelap...
Kalau yg blister (boss) aman... nah kalau yg premium (yg logo louhan) silahkan buktikan sendiri...

[img]http://i161.photobucket.com/albums/t205/nchutz81/th_Logo.jpg[/img]
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-09-2008, 09:10 PM
Posting: #6
 
Bhartanto Tulis:Bos Santoso,
Untuk Teori pertama kayaknya gak mungkin karena biasanya ikan ini selalu aktif dan tidak terlalu terburu buru nafasnya. Apa ada gejala lain pada gill flukes selain itu?

Untuk Teori kedua juga gak mungkin karena yang lain tidak apa apa. Memang pas kejadian mengganti air dengan air isi ulang karena air PAM sedang kosong karena kebanjiran.

Untuk teori ketiga juga kenapa hanya dia yang mati sedang yang lain masih ok? Memang sudah 3 hari ini aku beri hanya t*t** bit saja. Dan sebelum itu aku kasih makan dengan sisa cacing yang sudah cukup lama di freezer dan sudah berwarna coklat. Apa ada kemungkinan dalam cacing yang sudah coklat tersebut ada sesuatu yang menyebabkan ikan ku mati.
Kalau keracunan makanan (Tetrabits) kynya nga mungkin boss... kemungkinan terbesar pas ganti pakai air isi ulang, apalagi nga diendapin dulu... pas ngisi langsung hajar ke badan atau muka ikannya sehingga ikannya ky kena bius akibat proses sterilisasinya lewat ozonizer ataupun reverse osmosis, krn setau gw air isi ulang minim oksigen...

Blm lama ini jg pernah ngalamin yg sama, cuma kejadiannya gara2 aerator di tank penampungan air tanah yg biasa nyala, kejepit pintu selangnya, cuma gw nga sadar... (tau sendiri air tanah byk CO2 nya)...

Begitu ngisi seh ikan fine2 aja... tp setengah - satu jam kemudian, mulai ada beberapa ikan mati nga jelas... langsung buru2 ganti air lama dr aquarium lain... br normal lagi...

Tp kalau nga jelas juga... anggap aja TAKDIR bos hehehe...
artinya musti ngangkut lagi hehehe... (kompor on)

[img]http://i161.photobucket.com/albums/t205/nchutz81/th_Logo.jpg[/img]
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-10-2008, 02:16 AM
Posting: #7
 
Bhartanto Tulis:Bos Santoso,
Untuk Teori pertama kayaknya gak mungkin karena biasanya ikan ini selalu aktif dan tidak terlalu terburu buru nafasnya. Apa ada gejala lain pada gill flukes selain itu?

Untuk Teori kedua juga gak mungkin karena yang lain tidak apa apa. Memang pas kejadian mengganti air dengan air isi ulang karena air PAM sedang kosong karena kebanjiran.

Untuk teori ketiga juga kenapa hanya dia yang mati sedang yang lain masih ok? Memang sudah 3 hari ini aku beri hanya t*t** bit saja. Dan sebelum itu aku kasih makan dengan sisa cacing yang sudah cukup lama di freezer dan sudah berwarna coklat. Apa ada kemungkinan dalam cacing yang sudah coklat tersebut ada sesuatu yang menyebabkan ikan ku mati.

Sorry saya nimbrung ikutan yah :oops:

Memang kadang ada satu penyakit, ntah penyakit insang ato bukan yg kalo dilihat ikan sehat2 aja masih makan dan berenang normal. Namun beberapa jam kemudian ikan tiba2 jadi lemas, lalu collapse

Kalo mengganti air baru dalam jumlah banyak, memang sebaiknya diendapkan dan terus diaerasi kencang minimal beberapa jam baru bisa dikocorin ke aquarium. Kalo ngga oksigen terlarutnya masih terlalu sedikit dan banyak kandungan gas2 beerbahaya yg bisa bikin ikan mati

Cacing beku yg sudah berwarna coklat dan berbau berarti cacingnya sudah mulai membusuk, jika dimakan ikan dalam beberapa hari bisa mengakibatkan kematian

Namun untuk kejadian2 seperti itu belum tentu membunuh semua ikan, biasanya ikan2 yg masih kuat bisa bertahan
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-11-2008, 08:46 AM
Posting: #8
 
Bung Handaya, Santoso & Juruense,

Wah kayaknya sih penyebabnya air isi ulangnya deh karena memang tidak saya endapkan dulu seperti biasanya, soalnya air sudah keburu kotor jadi langsung saya isi tanpa oalh dulu. Kapok pakai isi ulang.
Memang harus cari temen lagi buat si ikan. hehehehe Smile

Btw Thanks atas advisnya
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-12-2008, 12:11 AM
Posting: #9
 
Bp Bhartanto,

Pakai air tanah / sumur juga harus diendapakan dan diaerasi terlebih dulu, apalagi jika pake air PAM harus lebih lama diendapkan nya ato pake anti chlorine
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-12-2008, 11:24 AM
Posting: #10
 
Thanks Pak Handaya atas masukan nya harus saya perhatikan.
Masih banyak yang harus saya ketahui. Maklum baru sampai pada tahap Raising (Pembesaran) ikan jadi pingin ikannya lebih besar dan bagus lagi kayak punya Santoso. :twisted: iri jadinya kalau liat ikan yang bagus.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-12-2008, 11:38 AM
Posting: #11
 
Bhartanto Tulis:Thanks Pak Handaya atas masukan nya harus saya perhatikan.
Masih banyak yang harus saya ketahui. Maklum baru sampai pada tahap Raising (Pembesaran) ikan jadi pingin ikannya lebih besar dan bagus lagi kayak punya Santoso. :twisted: iri jadinya kalau liat ikan yang bagus.
Hahaha gawat neh Bos satu ini bawa2 nama gw... Ilmu kita mah nga beda2 jauh Bos hehehe... cuma mungkin gw ada waktu extra aja yg bikin sedikit lebih baik hasilnya... Kalo sampe ngiri ntar gawat Bos hehehe...

[img]http://i161.photobucket.com/albums/t205/nchutz81/th_Logo.jpg[/img]
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu