Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
seberapa bandel sih, Botia?..
07-25-2009, 12:31 PM
Posting: #1
seberapa bandel sih, Botia?..
newbie mo nanya neh..

gw punya rencana pengen nambahin isi fishtank gw dengan botia.. yang jadi question adalah; seberapa bandel sih botia (daya tahan & umurnya) kalau hidup di dalam aquarium?.. soalnya gw ga sreg sama ikan yang 'manja'...
atau ada solusi mengenai 'membandelkan' botia?... (sori kalo nanyanya jadi aneh2.. :mrgreen: )

mohon info dan sarannya neh, master2 catfish.... tengkyu...
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-26-2009, 12:35 PM
Posting: #2
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
Maaf, bro. Botia bukan catfish walaupun berkumis. Ni ikan masuk cypriniformes masih keluarga sama ikan mas, kalo catfish masuk siluriformes, walaupun catfish masih sodaraan jauh juga seh. Botia banyak jenisnya dan hampir semuanya bandel, bro. Cuma khusus buat botia sumatra/badut (clown loach) rada peka sama white spot. Kalo mo nambah botia kudu hati2, liat2 tankmate-nya apa. Yang paling kalem si clown loach tapi meliharanya kudu berkelompok (paling dikit 5 ekor) biar ga stress dan bahagia, tapi bisa gede banget bro di akua bisa ampe 30 cm dan umurnya panjang bisa ampe 15-20 taon, gw pernah miara ampe 5 taon, matinya gara2 white spot. Kalo indian loach (botia india) cuma ampe 10 cm, tapi kalo tankmate-nya terlalu lemah bisa digangguin terus jadi piara sama yang rada galak dan berenangnya cepet (pernah miara juga). Kalo botia biru (Botia modesta) hanya boleh dipiara sama ikan galak atw yang seukuran, kalo dipiara bareng ikan kecil, bisa dijadiin kudapan, bro (pernah miara juga). kalo tiger loach, wah mendingan jangan dipiara bro, nih ikan galak banget dan rada suka memangsa ikan laen (pernah miara waktu SD, nyesel deh :oops: ). Kalo pengen piara versi kecilnya piara kuhli loach aja, bro, gampang miaranya, makannya gampang, kalem, tapi suka ngumpet. Kalo pengen tahu detilnya sila kunjungi situs http://www.loaches.com.

Fishkeeping allows me travelling around the world cheaper and easier.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-26-2009, 03:09 PM
Posting: #3
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
Yups...... sensitif white spot, jaga aja suhunya...... catatan.. Clown loach... nama latinnya ganti jadi Cromobothia macrachanta...
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-26-2009, 10:24 PM
Posting: #4
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
freewilly Tulis:newbie mo nanya neh..

gw punya rencana pengen nambahin isi fishtank gw dengan botia.. yang jadi question adalah; seberapa bandel sih botia (daya tahan & umurnya) kalau hidup di dalam aquarium?.. soalnya gw ga sreg sama ikan yang 'manja'...
atau ada solusi mengenai 'membandelkan' botia?... (sori kalo nanyanya jadi aneh2.. :mrgreen: )

mohon info dan sarannya neh, master2 catfish.... tengkyu...

Botia bukan termasuk catfish tapi loach, seperti loach pada umum nya ikan ini termasuk gampang beradaptasi dengan berbagai macam parameter air, jarang kena penyakit asalkan air nya bersih. Lifespan nya juga panjang, saya baca pengalaman hobiist luar negri dia pelihara botia di aquarium nya sudah belasan tahun. Seperti kebanyakan loach kelemahan nya whitespot dan temp air yg dingin

Tips memelihara botia itu sediakan aquarium yg luas, karena botia itu ikan yg schooling, semakin banyak jumlah nya semakin happy kalo ada area berenang yg cukup. Sediakan kayu sebagai shelter nya dan powerhead untuk menciptakan arus Wink

Ngomong2 botia yg dimaksud ini jenis apa ? Karena botia itu ada beberapa jenis nya, kalo yg lokal yah clown loach.

Menurut saya sih ngga ada istilah membandelkan ikan, yg benar itu bagaimana kita menjaga mereka supaya tetap sehat sebaik mungkin
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-26-2009, 10:43 PM
Posting: #5
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
aryatama Tulis:Maaf, bro. Botia bukan catfish walaupun berkumis. Ni ikan masuk cypriniformes masih keluarga sama ikan mas, kalo catfish masuk siluriformes, walaupun catfish masih sodaraan jauh juga seh. Botia banyak jenisnya dan hampir semuanya bandel, bro. Cuma khusus buat botia sumatra/badut (clown loach) rada peka sama white spot. Kalo mo nambah botia kudu hati2, liat2 tankmate-nya apa. Yang paling kalem si clown loach tapi meliharanya kudu berkelompok (paling dikit 5 ekor) biar ga stress dan bahagia, tapi bisa gede banget bro di akua bisa ampe 30 cm dan umurnya panjang bisa ampe 15-20 taon, gw pernah miara ampe 5 taon, matinya gara2 white spot. Kalo indian loach (botia india) cuma ampe 10 cm, tapi kalo tankmate-nya terlalu lemah bisa digangguin terus jadi piara sama yang rada galak dan berenangnya cepet (pernah miara juga). Kalo botia biru (Botia modesta) hanya boleh dipiara sama ikan galak atw yang seukuran, kalo dipiara bareng ikan kecil, bisa dijadiin kudapan, bro (pernah miara juga). kalo tiger loach, wah mendingan jangan dipiara bro, nih ikan galak banget dan rada suka memangsa ikan laen (pernah miara waktu SD, nyesel deh :oops: ). Kalo pengen piara versi kecilnya piara kuhli loach aja, bro, gampang miaranya, makannya gampang, kalem, tapi suka ngumpet. Kalo pengen tahu detilnya sila kunjungi situs http://www.loaches.com.

thanks bro buat infonya... (oh, rupanya ga semua ikan berkumis termasuk catfish ya.. :lol: ) oya, kalau clown loach (td katanya lemah sama whitespot) bisa diberi obat anti jamur/whitespot aja ga? (dicampur ama airny kalau ganti air di fishtank...)
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-26-2009, 10:51 PM
Posting: #6
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
colorado Tulis:Yups...... sensitif white spot, jaga aja suhunya...... catatan.. Clown loach... nama latinnya ganti jadi Cromobothia macrachanta...

tq sarannya & infonya bro.. emang suhu yang idealnya berapa?..
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-26-2009, 11:06 PM
Posting: #7
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
Handaya Tulis:
freewilly Tulis:newbie mo nanya neh..

gw punya rencana pengen nambahin isi fishtank gw dengan botia.. yang jadi question adalah; seberapa bandel sih botia (daya tahan & umurnya) kalau hidup di dalam aquarium?.. soalnya gw ga sreg sama ikan yang 'manja'...
atau ada solusi mengenai 'membandelkan' botia?... (sori kalo nanyanya jadi aneh2.. :mrgreen: )

mohon info dan sarannya neh, master2 catfish.... tengkyu...

Botia bukan termasuk catfish tapi loach, seperti loach pada umum nya ikan ini termasuk gampang beradaptasi dengan berbagai macam parameter air, jarang kena penyakit asalkan air nya bersih. Lifespan nya juga panjang, saya baca pengalaman hobiist luar negri dia pelihara botia di aquarium nya sudah belasan tahun. Seperti kebanyakan loach kelemahan nya whitespot dan temp air yg dingin

Tips memelihara botia itu sediakan aquarium yg luas, karena botia itu ikan yg schooling, semakin banyak jumlah nya semakin happy kalo ada area berenang yg cukup. Sediakan kayu sebagai shelter nya dan powerhead untuk menciptakan arus Wink

Ngomong2 botia yg dimaksud ini jenis apa ? Karena botia itu ada beberapa jenis nya, kalo yg lokal yah clown loach.

Menurut saya sih ngga ada istilah membandelkan ikan, yg benar itu bagaimana kita menjaga mereka supaya tetap sehat sebaik mungkin

hmm.. berarti ga bisa di aquarium yang agak kecil ya?.. botianya sih jenis apa aja.. tapi kayaknya lucu yang clown sama coloured redtail..

mengenai air yang bersih, saya pengen nanya.. di permukaan air aquarium saya, ada semacam buih (terutama di tepi2 permukaan/dinding aquarium).. itu menandakan air yang kurang ok, atau buih dari hasil filterisasi yang jatuh ke permukaan air? (air yang "terjun" dari filter)...

thanks skali lg...
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-28-2009, 10:59 AM
Posting: #8
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
freewilly Tulis:thanks bro buat infonya... (oh, rupanya ga semua ikan berkumis termasuk catfish ya.. :lol: ) oya, kalau clown loach (td katanya lemah sama whitespot) bisa diberi obat anti jamur/whitespot aja ga? (dicampur ama airny kalau ganti air di fishtank...)

Botia ngga berkumis lho, itu sungut :lol: sebaiknya sih jangan, karena ikan2 tidak bersisik rentan terhadap kimia

freewilly Tulis:
colorado Tulis:Yups...... sensitif white spot, jaga aja suhunya...... catatan.. Clown loach... nama latinnya ganti jadi Cromobothia macrachanta...

tq sarannya & infonya bro.. emang suhu yang idealnya berapa?..

Mungkin sekitar 24-26 Celcius CMIIW

freewilly Tulis:hmm.. berarti ga bisa di aquarium yang agak kecil ya?.. botianya sih jenis apa aja.. tapi kayaknya lucu yang clown sama coloured redtail..

mengenai air yang bersih, saya pengen nanya.. di permukaan air aquarium saya, ada semacam buih (terutama di tepi2 permukaan/dinding aquarium).. itu menandakan air yang kurang ok, atau buih dari hasil filterisasi yang jatuh ke permukaan air? (air yang "terjun" dari filter)...

thanks skali lg...

Coloured Redtail itu yg mana yah ? Sebaiknya sih jangan piara botia di aquarium yg sempit, nanti kesehatan nya bisa terganggu

Buih2 di permukaan air bisa karena aerasi ato bisa juga tanda ammonia tinggi, kalo sering2 ganti air secara rutin dan filter ok seharus nya sih ngga masalah. Kalo saya pribadi cari aman nya aja, rutin ganti air 1/2 setiap 3-4 hari ato seminggu sekali
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-28-2009, 02:39 PM
Posting: #9
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
Hhuhuhu setelah liat sedcara fisik di toko terdekat keren juga nieh... warnanya nge jreng. Di toko toko lain ga sengejreng yg gw liat tadi barusan, Ukurannya sih sekitar se jempolan lah 6-7 cm an.... cuma ya itu harganya 20 ribuan... wahh kok lumayan mahal yah
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-28-2009, 02:45 PM
Posting: #10
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
Hhuhuhu setelah liat sedcara fisik di toko terdekat keren juga nieh... warnanya nge jreng. Di toko toko lain ga sengejreng yg gw liat tadi barusan, Ukurannya sih sekitar se jempolan lah 6-7 cm an.... cuma ya itu harganya 20 ribuan... wahh kok lumayan mahal yah atau malah kemurahan yah ?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2009, 09:58 AM
Posting: #11
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
salam kenal....mahal amat tuh ikan harga nya.di tempat biasa w beli ikan ini cuma.5000 per ekor di menteng selatan1manggarai, nama tempat nya amung jaya coba aja rekan2 liat2 kesana..thankz
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2009, 02:38 PM
Posting: #12
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
ukuran berapa tuh murah amit..... klo yg 2 in atau 3 in ?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2009, 02:51 PM
Posting: #13
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
3 sampai 5 inch
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2009, 05:40 PM
Posting: #14
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
skin Tulis:salam kenal....mahal amat tuh ikan harga nya.di tempat biasa w beli ikan ini cuma.5000 per ekor di menteng selatan1manggarai, nama tempat nya amung jaya coba aja rekan2 liat2 kesana..thankz

skin Tulis:3 sampai 5 inch

Bener nih pak clwon loach 3 - 5 inch (sekitar 7,5 cm - 12,5 cm) harga nya 5000 rupiah per ekor ? Ada no contact nya ngga ?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2009, 08:05 PM
Posting: #15
Re: seberapa bandel sih, Botia?..
wah bener nieh 3-5 in dapet rp 5000 murah sekali...... Itu botia macracanta ?? atau botia india ?

@handaya
wah klo udah dapet no contacknya beli yg banyak entar aku ngikut yah... ? yg 5 in cuma Goceng gitu
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu