Simple Web Counter
Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
[ask] cara menguras aquarium yg baik dan benar
sory kalo udah sering ditanyain

saya baca di forum ini ada yang rutin menguras atau mengganti air sampe 2-3x seminggu

apakah ada standar yg baik dalam jangka mengganti atau menguras akuarium? sebaiknya berapa kali seminggu?
dan secara teknik baiknya gimana ya? apakah musti menganti air semua atau sebagian diganti air baru?

sory kalo kebanyakan nanya.. makasih
Kutip pesan ini pada balasan
#1 08-24-2009, 04:12 PM
tujuan nguras itu untuk ngurangin kadar nitrat dan amonia didalam air kan yah??
karena kalo dalam level tertentu itu benda bisa ngeracunin ikan..

Filter yang bagus bisa mengurangi kadar itu zat didalam akuarium, jadi menguras bisa ga terlalu sering.

ada juga yang bilang tujuan menguras 1/4 bagian akuarium bisa mengurangi laju perkembangan alga yg tidak diinginkan

yahh.. gue semua baca diartikel, dan sejauh ini emang oke banget efeknya.. dan kalo situasi didalam akuarium uda stabil
(taneman komposisinya seimbang, ikan tidak overpopulated + ada SAE atau udang, filter juga bagus, cahaya yang dibutuhkan memadai) malah
ga usa sering2 kuras akuarium bisa 1 bulan sekali kuras 1/4 dari isi akuarium saja.

kalo akuarium masih baru banget kuras aja 2 minggu sekali, dan kalo bisa diganti dgn air yang baru yg sudah diendapkan/dibiarkan semalam, kalo pake aer pam kalo bisa campurin anti klorin terlebih dahulu karena itu zat ga bagus buat ikan...

cmiw aja ^ ^
Kutip pesan ini pada balasan
#2 08-25-2009, 09:19 PM
biasanya kl ikan diskus yang demen dikuras model begitu ya..apalagi kl crowded..
tp kl misal akuanya besar, ikan sedikit saya rasa ndak perlu seperti itu
juga yang perlu diperhatikan adalah parameter air yang digunakan sedapat mungkin mirip dengan air akua..pH,suhu,dll.
agar ikat tidak shok
Kutip pesan ini pada balasan
#3 09-03-2009, 12:28 AM
bapak2, ibu2...
kalo d aquarium ada gravel berlumut gmana yah bersihinnya?
saya kuras dgn d dekatkan k gravel, ga bisa bersih total, dan lama2 gravelnya berlumut...
Kutip pesan ini pada balasan
#4 10-10-2009, 09:06 PM
klo bersiin kaca aqurium yang ada garis 2 putihnya gmana ya? biasanya ada di bag atas permukaan air
Kutip pesan ini pada balasan
#5 10-20-2009, 03:00 PM
Fatkhur Tulis:klo bersiin kaca aqurium yang ada garis 2 putihnya gmana ya? biasanya ada di bag atas permukaan air

Aq lama gue juga pernah begitu, waktu mau dipake lagi, kacanya gue gosok pake pisau cutter, tapi jangan sampai kena lem silikonnya. Memang tidak bisa bersih 100%, tapi setidaknya bisa berkurang keraknya.
Setelah itu gue isi air sampai melewati garis itu setiap kali gue ganti air. Akhirnya sampai sekarang garis putih itu nggak begitu gampang dilihat oleh mata.
So pasti nggak bisa sebersih kaca yang baru loh...
Kutip pesan ini pada balasan
#6 10-20-2009, 05:57 PM
Fatkhur Tulis:klo bersiin kaca aqurium yang ada garis 2 putihnya gmana ya? biasanya ada di bag atas permukaan air

pindahkan seluruh isi aquarium ke tank laen.. trus dikerok pake cutter atau silet.. sebelum dan ketika sedang mengerok, bagian kaca yang bergaris putih dilumuri jeruk nipis beberapa kali (dikerok kemudian dilumuri dan dikerok dilumuri lagi dst.. hingga kaca menjadi bersih).. setelah selesai bersihkan dengan air hingga bau dan 'rasa; jeruk nipisnya hilang.. lalu keringkan dan siap dipakai kembali...

semoga infonya berguna... 8)
Kutip pesan ini pada balasan
#7 10-20-2009, 08:39 PM
klo sya lebih suka pke penggosok yang di pke cuci piring.
yang ijo mirip karpet itu yang aku pke..
aku gosok perlahan sambil kasih soda bakar / cuka'..
tapi jgn lpa tangan'a pke jaket karet biar gk luka..
gosok ajja pelahan dan penuh perasaan pasti ilang..
djamin dah kyak baru lagi..meski rada ada bekas gesekan lembut..
Kutip pesan ini pada balasan
#8 10-20-2009, 09:49 PM
tanks ya semua.....?
Kutip pesan ini pada balasan
#9 10-22-2009, 12:11 PM
N7114 Tulis:klo sya lebih suka pke penggosok yang di pke cuci piring.
yang ijo mirip karpet itu yang aku pke..
aku gosok perlahan sambil kasih soda bakar / cuka'..
tapi jgn lpa tangan'a pke jaket karet biar gk luka..
gosok ajja pelahan dan penuh perasaan pasti ilang..
djamin dah kyak baru lagi..meski rada ada bekas gesekan lembut..

Gue dulu pernah pake Cuka juga, tapi jahatnya ini Cuka bisa menghancurkan Lem Silikon lama di Kaca kalo sempat terkena ke bagian yang ada Lemnya. Sad
Jadi kudu hati-hati kalo pakai Cuka...
Kutip pesan ini pada balasan
#10 10-23-2009, 01:59 AM
Gue dulu pernah pake Cuka juga, tapi jahatnya ini Cuka bisa menghancurkan Lem Silikon lama di Kaca kalo sempat terkena ke bagian yang ada Lemnya. Sad
Jadi kudu hati-hati kalo pakai Cuka...
[/quote]

knp kok gk pke lakban yang cuklat um..??
pke teknik brush..trus cuka'a di masukin ke semprotan..
nah semprot ajja area yang putih..trus di gosok..
pasti aman tuh lem'a..
nah klo uddah bersih lap pke kain..usahain biar kering dlu baru di siram pke air..
biar kadar cuka'a rada berkurang.. 8)
Kutip pesan ini pada balasan
#11 10-25-2009, 09:22 PM
N7114 Tulis:Gue dulu pernah pake Cuka juga, tapi jahatnya ini Cuka bisa menghancurkan Lem Silikon lama di Kaca kalo sempat terkena ke bagian yang ada Lemnya. Sad
Jadi kudu hati-hati kalo pakai Cuka...

knp kok gk pke lakban yang cuklat um..??
pke teknik brush..trus cuka'a di masukin ke semprotan..
nah semprot ajja area yang putih..trus di gosok..
pasti aman tuh lem'a..
nah klo uddah bersih lap pke kain..usahain biar kering dlu baru di siram pke air..
biar kadar cuka'a rada berkurang.. 8)
[/quote]

Apa lo yakin kalo air cuka hasil semprotan itu tidak merembes masuk ke sela2x Lakban & kaca?
Kutip pesan ini pada balasan
#12 10-28-2009, 06:33 PM
kalo cemas, pake jeruk nipis aja deh... dijamin aman... 8)
Kutip pesan ini pada balasan
#13 10-28-2009, 07:55 PM
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu

Hubungi Kami | | Kembali Ke Atas | Kembali Ke Konten | Mode Lite (Arsip) | Sindikasi RSS