Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 1 Memberi Suara - 5 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Mengisi Penghuni Akuarium
06-22-2012, 11:36 PM
Posting: #1
Mengisi Penghuni Akuarium
Halo Para suhu.
mohon batuan nya yah informasi nya

saya penikmat batu untuk akuarium laut dan terasa nikmat nya.
sebagai pemula apa saya yang penting di lakukan untuk merawat tahap awal akuarium saya supaya aman dari segala ganguan.

dan untuk pemula ikan dan terumbu apa saja yang baik untuk di pelihara.

mohon bantuan nya yah.

salam.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-22-2012, 11:58 PM
Posting: #2
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
peratama dekor dulu karngny isi aer tunggu 8 minngu lah kira" aer d filtrasi ma harus ada skimmer untuk yg piara coral....lampu wajib.....ikan harus selektif karna kebanyakan coral nipper...begitu garis besarny klo mw jelas coba tanya bung RSS dia jg lg bangun aqua laut tuh tp kykny FOWLR tp siapa tau dia bisa bantu
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-22-2012, 11:59 PM (Posting ini terakhir dimodifikasi: 06-23-2012 12:04 AM oleh RRS.)
Posting: #3
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
klo menurut newbie seperti saya batu disebut juga liverock... klo itu cie pada jelek2 batunya... mungkin menurut pak rahadian coral atau disebut juga terumbu bukan karang ya.... nikmat dipandang ato nikmat untuk dimakan. hehehe

apa saja cie untuk pemula ???

-maintank ukuran sesuai selera
-sump lebih bagus melebihi kapasitas maintank... menurut newbie
-peralatan seperti : Skimmer, Ciller, Lampu dll
- bpk sendiri orientasi aquarium kemana dari pelihara ikan saja atau untuk lebih serius lagi seperti SPS...

klo pemula saya sarankan untuk main ke FOWLR : Fish Only With Livrock... mskd'a ikan dan karang hidup/terumbu bukan coral...

terlebih dahulu melakukan yg namanya cycling paling lama 8 minggu untuk mendapatkan kondisi y stabilll.... baru masukin ikan...

ikan yg mudah di pelihara :
Ikan Nemo/Clown Fish
Ikan Damsel Ekor Kuning
Ikan Kepe Tikar
Ikan Kepe-kepe Garis
Ikan Botana Biru (Blue Tang)
Ikan Layar
Ikan Cantik
Keling Kuning (Wrasse)
Udang Pelet

(06-22-2012 11:58 PM)tricxter Tulis:  peratama dekor dulu karngny isi aer tunggu 8 minngu lah kira" aer d filtrasi ma harus ada skimmer untuk yg piara coral....lampu wajib.....ikan harus selektif karna kebanyakan coral nipper...begitu garis besarny klo mw jelas coba tanya bung RSS dia jg lg bangun aqua laut tuh tp kykny FOWLR tp siapa tau dia bisa bantu

saya keduluan sepertinya.... wkwkwk, boleh2 klo mau share...
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 12:05 AM
Posting: #4
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
akhirny muncul jg orangny...Smile botana biru sukses gan...??? menurut hobbys ikan laut tu susah dipiarany harga jg lumayan hahaha...pernah piara lama mati gara" pompa d cabut ma anak yg kos d rumah karena dia kira g penting.....sedih bgt wa meratapiny ampe berhari" wkwkwkwk....
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 12:29 AM
Posting: #5
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
hahahah bener pak saya dah keburu masukin penghuni nya tp untung nya seuai saran di atas. cuman kemarin sepertinya terkena jamur karena -/+ 15 jenis ikan mati semua dan terumbu nya masih tetep sehat. di ikan tersebut seperti ada luka. jadi saya hentikan untuk menambah ikan.
oh yah satu hal

baiknya pada waktu malam hari Lampu sebaik nya di padamkan semua ( gelap gulita ) atau ada penerangan yah .
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 12:35 AM
Posting: #6
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
sebaikny si dipadamkan jd di buat malam juga seperti di habitat asalny karena ikan n terumbu jg mahluk hidup yg butuh istirahat juga......klo ikan luka menurut saya bukan karena terumbu pak yang ada ikanny melukai terumbu memang ad si beberapa terumbu yg bisa memangsa ikan tp ikanpun rasany tau n ga mau mendekat....memang lukany seperti ap????
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 12:50 AM
Posting: #7
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
lukanya seperti berjamur di kulit ikan dan taklama kemudian mati ikan nya awal nya saya memberi makan pelet secara berlebihan.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 12:59 AM
Posting: #8
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
white spot pak umum dijumpai baik di hobbis ikan tawar dan laut...klo masukin ikan baru ambil ikanny aja pak air dlm plastik d buang jgn masukin dlm aqua mnghindari mmembawa penyakit dari luar aqua kita....n kasi makan sehari satu kali aja secukupny menghindari pakan yg tidak termakan ikan dan membusuk...lebih bagus lg d karantina dulu ikanny di aquarium lain khusus karantina untuk memudahkan ikan dilatih untuk makan dan meminimalisir penyakit yg dibawa ikan baru masuk ke aqua utama kita......
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 01:06 AM
Posting: #9
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
oh yah bener tuh masukan baru biasa saya sama air nya juga langsung masukin ke Aquarium.
untuk ukuran 120 galon lampu bagus nya berapa yah untuk pencahayaan yang baik. mengingat sinar matahari tidak langsung ke aquarium saya. salah setting soalnya memikirkan tempat dan posisi tampa memikirkan sinar matahari sekarang sudah susah untuk merubah nya.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 01:12 AM
Posting: #10
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
klo sinar matahari bisa di ganti pake lampu pak n klo kena sina matahari langsung klo terlalu lama pasti suhu air aqua naik bisa kayak di rebus tu ikan hahahaha.... karena terumbu peka ama perubahan suhu klo suhu terlalu tinggi bisa mati dan membusuk....aquany panjang lebar ma tinnginy berapa ya biar isa menentukan pencahayaan yang dibutuhkan....
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 01:18 AM
Posting: #11
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
Panjang 160 Lebar 45 tinggi 60 cm kira kira lampunya berapa yah
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 01:22 AM
Posting: #12
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
klo ukuran segitu wajarny 4x20 watt pak udah cukup mungkin....klo punya saya 1x40 watt tp saya piarany ikan aja n g ada terumbuny cuman ada anemon 1 dan klo pagi kena sinar matahari langsung kira" selama 1-2 jam'an....
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 01:26 AM
Posting: #13
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
saatr ini saya pake 2 X 40 wat lampu biru dan putih ultraviolet yang khusus air laut. lumayan sih kalo jam 09 sampai jam 14.00 pada mekar semua trumbunya.

cuman kedala saya saat ini temperatus saya mencapai 29 sampai 30 derajat Celcius. apa pengaruh ngk yah ke trumbu nya sendiri sampai ke 30 derajat
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 01:33 AM
Posting: #14
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
udah cukup mungkin pak untuk pencahayaan.....klo suhu bisa disiasati dengan fan buat aqua mengingat harga chiller mahal dan mungkin untuk beberapa orang seperti say contohny blm bisa terbeli jd pake fan aja dulu untuk menjaga suhu aqua stabil...klo terumbu biasanya si suhu antara 26-28 c klo 30 menurut saya terlalu tinggi untuk jangka panjangny kurang baik untuk terumbu dan coral....saya pernah coba pake heater untuk menyiasati white spot pada ikan saya set di suhu 30 c alhasil lama kelamaan 2 anemon dan 1 jamur mangkok saya mengecil da lama kelamaan mati......
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
06-23-2012, 11:19 AM
Posting: #15
RE: Mengisi Penghuni Akuarium
wah ribet juga yah.... iya bener tuh chiller mahal sekali. fan kali yah lumayan evektif
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu