Simple Web Counter
Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Membuat Lampu Aquarium dari Pipa Talang PVC
Rekan -rekan,

Saya mau membagi pengalaman saya tentang membuat lampu Aqua dari Pipa Talang PVC.
Pertama Kita beli Pipa Talang PVC yg biasa dijual panjang nya 4 M yg nantinya pipa tsb kita potong sesuai dgn ukuran panjang Aquarium. Jadi satu pipa bisa 4 Aqua jika panjang Aqua kita 1 M. Jangan lupa beli tutup pipa talang pvc tsb lalu beli satu set lampu neon Ultraviolet yg sesuai dgn ukuran panjang nya Aqua kita.

Kedua setelah kita potong pipa tsb yg sesuai dgn uk Aqua kita, misal 1 meter pipa sdh dipotong lalu deberi tutup pipa tsb 2 buah (tutup kiri & kanan) serta pasang satu set lampu neon Ultraviolet 20 W (dgn asumsi panj pipa tsb 1 M). Begitu semua sdh oke tinggal colok ke listrik ( pasti bagus deh dan lebih murah dari pada beli lampu utk Aqua yg sdh jadi dgn rangka nya .

kira - kira harga satu pipa talang PVC uk 4 M @ 45 ribu yg merk maspion (bagus), tutup nya satu @ rp 1.500,- serta satu set lampu neon Ultraviolet 20 watt seharga 35 ribu.
Sayang nya kita tdk bisa beli pipa tsb kurang dari 4 M (kalau bisa mungkin harga nya lebih mahal).
Jadi kesimpulan saya biaya yg dikeluarkan utk satu set lampu Aqua yg uk 1 m kira kira tdk kurang dari 50 ribu dgn asumsi pipa tsb permeter harga nya 11 ribuan + satu set lampu neon Ultra 20 w seharga 35 ribu + harga 2 buah tutup 3 ribu.

Salam
Irwan
Kutip pesan ini pada balasan
#1 04-17-2003, 11:10 AM
Wahh,...
ini baeru ide,....saya koq nggak kepikiran.....
Saya akan coba..... Big Grin
dalamnya kalau di CAT putih lebi terang ya :wink:

Salam

3-KAWI
Kutip pesan ini pada balasan
#2 04-17-2003, 02:21 PM
Bung 3-Kawi,

Bisa juga dalam nya dicat putih, tapi saya belum pernah coba, mungkin anda kalau coba nanti kasih tau lebih terang atau tdk.

Salam
Irwan
Kutip pesan ini pada balasan
#3 04-17-2003, 02:44 PM
Kalau boleh saya tambahkan & ralat bung irwan.

Saya perincikan bahannya :
1. Harga talang air cuma Rp 27500, kemarin saya beli.
2. TL aquarium lamp jgn TL Ultra Violet.....bisa-2 ikan anda mati. itu jenis lampu yg berbeda.
3. Trafo untuk ukuran TL tsb plus baut.
4. 1 Set Kaki TL RRC type 402 plus baut.
5. Starter.
6. kabel secukupnya & steker.
Tinggal merakit sendiri..... :wink:

Tapi kendalanya lp tsb cahaya akan lebih redup dikarenakan tertutup talang.
Salah satu cara keluarnya mungkin anda harus menempelkan bahan yg bisa memantulkan cahaya sehingga dapat terfokus ke bawah/aquarium.

Please, Visit My Gallery
Kutip pesan ini pada balasan
#4 04-17-2003, 07:02 PM
Mungkin perlu menempelkan kaca atau kertas metalik ke dalam Talang tsb 8) biar cahaya dapat dipantulkan langsung 8)
Kutip pesan ini pada balasan
#5 04-17-2003, 08:11 PM
Stewart Tulis:Mungkin perlu menempelkan kaca atau kertas metalik ke dalam Talang tsb 8) biar cahaya dapat dipantulkan langsung 8)

Betul sekali tapi kalau kaca/cermin itu mudah pecah sebaiknya bahan yg tidak berat dan tidak mudah pecah tapi harus dapat memantulkan cahaya.

Please, Visit My Gallery
Kutip pesan ini pada balasan
#6 04-17-2003, 09:56 PM
Djaury Tulis:
Stewart Tulis:Mungkin perlu menempelkan kaca atau kertas metalik ke dalam Talang tsb 8) biar cahaya dapat dipantulkan langsung 8)

Betul sekali tapi kalau kaca/cermin itu mudah pecah sebaiknya bahan yg tidak berat dan tidak mudah pecah tapi harus dapat memantulkan cahaya.

Kalau begitu gunakan saja kertas metalik Big Grin
Kutip pesan ini pada balasan
#7 04-18-2003, 10:46 AM
Pipa talang yang silinder, betulkah? berapa besar diameternya?
Selama ini saya liat di kios2 ikan pake talang pvc leter U.
Bagaimana kalo menggunakan tempat lampu neon yg tanpa balast (rangkaian elektronik) jadi tidak terlalu panas karena travo.
Trus masalah penempatan. Ada talang pvc yg di tempatkan di atas akuarium dan yg di depan bawah (yg silinder dibelah dua), ini paling cocok buat arwana yg sebagian besar badannya terlihat di sisi.
Reflektor mungkin bisa dg pengecatan metalik/putih atau menggunakan alumunium foil.

Salam,
dOels

Klik dOels Gallery-1 , Gallery-2 . 021-929-789-61 , 0813-15-8818-12
Kutip pesan ini pada balasan
#8 04-18-2003, 11:09 AM
oh bukan, bung doel... maksud dari talang pvc itu yang bentuknya seperti " |_| " , bukan U, yang dop penutupnya adalah berbentuk "[' (itu kalau yg kiri), kalau kanan "]".

kalau untuk dudukan lampu neonnya, benar sekali bung doel, saya pakai dengan sistem elektrik yang tidak memakai travo yang tidak memberatkan talang itu sendiri. Big Grin

semoga tidak salah pengertian Smile

My facebook ID
Kutip pesan ini pada balasan
#9 04-18-2003, 03:50 PM
ivan Tulis:oh bukan, bung doel... maksud dari talang pvc itu yang bentuknya seperti " |_| " , bukan U, yang dop penutupnya adalah berbentuk "[' (itu kalau yg kiri), kalau kanan "]".

kalau untuk dudukan lampu neonnya, benar sekali bung doel, saya pakai dengan sistem elektrik yang tidak memakai travo yang tidak memberatkan talang itu sendiri. Big Grin

semoga tidak salah pengertian Smile

Tentunya kalau pake trafo electronic lebih ringan daripada trafo biasa.
Selain itu pemasangannyapun jauh lebih mudah dan tanpa mengunakan starter.

Please, Visit My Gallery
Kutip pesan ini pada balasan
#10 04-19-2003, 02:37 AM
hai rekan-rekan sekalian
saya punya pengalaman menggunakan trafo elektronik gampang kebakar
karena sedikit aja kena air langsung rusak dan nggak bisa diganti
harus ganti semuanya
saya ada ide gimana kalo kita buat lampu yang mirip lampu NAN?
ada yang punya ide gimana cara buatnya?
Kutip pesan ini pada balasan
#11 04-19-2003, 11:43 PM
suharlim Tulis:hai rekan-rekan sekalian
saya punya pengalaman menggunakan trafo elektronik gampang kebakar
karena sedikit aja kena air langsung rusak dan nggak bisa diganti
harus ganti semuanya
saya ada ide gimana kalo kita buat lampu yang mirip lampu NAN?
ada yang punya ide gimana cara buatnya?

Saya mau tanya apakah "lampu NAN" :?: Sorry kurang jelas maksudnya.

Sedangkan trafo elektronik mudah terbakar terkena air, jelas sekali.
Karena hanya memakai IC & Capasitor, lebih mudah rusak ketimbang dgn trafo biasa/umum.

Please, Visit My Gallery
Kutip pesan ini pada balasan
#12 04-20-2003, 06:04 AM
Wah,

Banyak juga Rekan - rekan yg tertarik.
Satu set lampu neon electric (lampu nya yg utk Aquarium).
Talang PVC nya pakai merk yg bagus (warna nya abu - abu) kalau tdk yg bagus suka meletot/bengkok.


kalau sdh ada jadi talong dikasih tau !!!

Irwan
Kutip pesan ini pada balasan
#13 04-21-2003, 08:32 AM
mungkin reflektornya bisa pake kertas emas yang mengkilap itu tuch, ditempel di dalem talang

Salam
Kutip pesan ini pada balasan
#14 04-21-2003, 11:37 AM
Irwan Tulis:Wah,

Banyak juga Rekan - rekan yg tertarik.
Satu set lampu neon electric (lampu nya yg utk Aquarium).
Talang PVC nya pakai merk yg bagus (warna nya abu - abu) kalau tdk yg bagus suka meletot/bengkok.


kalau sdh ada jadi talong dikasih tau !!!

Irwan

Anda bisa bikin sendiri, sanggat mudah dilakukan dan murah meriah.
Tinggal beli 1 bh kap balok electronik bahan aluminium cuma sekitar rp 15000 dan lampu aquarium seharga 15000-25000 tergantung merk dan jenis. Jgn lupa talang.

Please, Visit My Gallery
Kutip pesan ini pada balasan
#15 04-21-2003, 05:45 PM
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu

Hubungi Kami | | Kembali Ke Atas | Kembali Ke Konten | Mode Lite (Arsip) | Sindikasi RSS