Simple Web Counter
Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Warna Kolam Koi
Pak Wahyu
Kolam koi saya sudah selesai, tolong masukannya dari para pakar sebaiknya saya cat warna apa ? sebelum di cat apakah perlu di beri aqua proof ?
Thanks atas infonya
Kutip pesan ini pada balasan
#1 04-21-2003, 09:14 AM
iya.. saya juga baru bikin kolam trus dasarnya saya kasih keramik warna terang dan sekeliling dalamnya di cat biru muda.. tapi kok jadinya ikannya penakut banget ya seharian cuma di bawah rumah rumahan yang saya buat.. keluar cuma kalo lagi makan doang...

kolamnya sekarang saya isi koi dan ikan mas biasa aja....


ketakutan ikan saya ini di sebabkan oleh warna kolamnya apa bukannya??

sedang belajar melihara ikan
Kutip pesan ini pada balasan
#2 04-21-2003, 03:04 PM
adhit Tulis:Pak Wahyu
Kolam koi saya sudah selesai, tolong masukannya dari para pakar sebaiknya saya cat warna apa ? sebelum di cat apakah perlu di beri aqua proof ?
Thanks atas infonya

Anda bisa beri warna biru untuk menimbulkan kesan kebiruan pada air anda :wink: . Kalau anda menggunakan batu-batuan sebagai dinding akuarium, tentu akan lebih baik dibiarkan dengan warna natural batu-batuan tersebut.

Salam

<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.purwakusuma.com">http://gallery.purwakusuma.com</a><!-- m -->
SMS: 0817225172
Kutip pesan ini pada balasan
#3 04-21-2003, 03:12 PM
Bung boy_indra,
ikan anda mungkin masih "kaget" dengan rumah barunya. Lama-lama mereka akan akrab. Jangan membuat-buat gerakan-gerakan yang mengejutkan mereka, karena bisa membuat semacam pengalaman yang sedikit traumatis.

Salam

<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.purwakusuma.com">http://gallery.purwakusuma.com</a><!-- m -->
SMS: 0817225172
Kutip pesan ini pada balasan
#4 04-21-2003, 03:15 PM
Thanks Pak Wahyu
Hari ini kolam saya saya cat warna Blue Sky, sepertinya minggu depan sudah bisa diisi ikan, sebelum diisi harus diapain kolam saya pak ? supaya ikannya tidak teler.
Ada yang mau jual koi nggak ya (tapi jangan mahal-mahal) soalnya dananya kehabisan u/bikin kolam
Thank atas bantuannya.
Kutip pesan ini pada balasan
#5 04-22-2003, 08:52 AM
Kutip:Hari ini kolam saya saya cat warna Blue Sky, sepertinya minggu depan sudah bisa diisi ikan, sebelum diisi harus diapain kolam saya pak ? supaya ikannya tidak teler.

Yang jelas anda test kolam anda bocor. Kalau gak ada masalah biarkan arinya 24-48 jam, dan kuras. Isi air baru, jalankan filter, dan coba dengan ikan mas kecil. Lalu amati apakah mereka sehat-sehat saja atau bagaimana. Kemudian biarkan filter matang.

Salam[/quote]

<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.purwakusuma.com">http://gallery.purwakusuma.com</a><!-- m -->
SMS: 0817225172
Kutip pesan ini pada balasan
#6 04-22-2003, 01:48 PM
Mohon maaf sebesar2nya baru sempet ngasih input :

Warna Kolam:
Sebaiknya warna kolam biarkan seperti aslinya maksud saya warna cat semen yang abu-abu, kenapa ? agar bisa tumbuh lumut karpet yang nanti akan sangat berguna mencipakan ekosistem kolam yang sempurna. Apa bisa dijamin tumbuh lumut ? Insya Allah tumbuh sepanjang ada sinar yang cukup. Apa ukuran sinar yang cukup ? Menurut pengalamanku yang masih awam ini, 4-5 jam sehari dengan sudut jatuhnya sinar diatas 45 derajad, menjamin lumut akan tumbuh dalam tempo 6 - 9 bulan.

Maaf Pak Komandan, pendapat saya agak beda disini dengan saya yang masi awam. Kolam koi ndak perlu menurut saya dicat biru, percaya deh ndak bagus, bener, lagipula ketahanan cat tidak lama, lama lama apalagi kalau dia kena sinar matahari akan hijau juga jadinya. Sebagian rekan rekan saya justru senang dengan background gelap seperti hitam, tapi ndak dengan metode pengecatan tapi menunggu tumbuhnya lumut.

Berdasarkan pengalaman saya yang masih awam, sebenarnya tidak ada korelasi yang positif antara warna kolam dan jenis dasar kolam dengan tingkat ketenangan ikan. Yang ada korelasinya setahu saya adalah kedalaman kolam. Semakin dalam kolam tingkat penyesuaian koi dengan kolam akan semakin cepat.


Apa perlu diwater proof ?
Prinsipnya untuk kolam koi, sepanjang konstruksinya bagus, ndak perlu diwater proof. Untuk kolam koi, sebaiknya Mas pake konstruksi cor bertulang yang memadai, apalagi kedalaman kolam yang ideal untuk koi adalah 1,5 sd 2 meter. Kalau ndak dicor dan kedalamannya cukup dalam, Mas cuma pake water proff, ndak lama Mas umurnya.
Kutip pesan ini pada balasan
#7 05-09-2003, 07:17 PM
Sory baru buka lagi
Thanks atas segala infonya
Kolam saya sudah tidak bocor, sistem filter sudah berjalan ok (dimasukan ikan mas kecil-kecil udah seminggu nggak ada yang mati)
Tinggal diisi sama koi, tapi lagi cari yang nggak terlalu mahal dimana ya belinya ?
Mungkin ada yang udah bosan sama koinya biar saya yang rawat...... Big Grin Big Grin Big Grin :lol: :lol:
Kutip pesan ini pada balasan
#8 05-12-2003, 09:52 AM
Mas Adhit,

Pengalaman selalu menunjukkan hobiis cenderung terlalu bernafsu borong koi, apalagi dia masih dalam tahap pemula. Untuk itu untuk menghindari penyesalan dalam membeli koi, ada baiknya Mas liat liat dulu. Saya sarankan jangan ambil yang lokal, karena kualitasnya secara relatif kurang baik.

Anda bisa berkunjung kebeberapa tempat sebagai bahan referensi seperti Pak Dharmawan di Tanjung Barat, Pak Hartono di Sunter, dan beberapa tempat lain. Mereka biasanya sangat akomodatif terhadap pemula, dan koleksi ikannya tidak mengecewakan. Kalau boleh saya memberikan saran, lebih baik memiliki koi berkualitas sedikit, daripada banyak tapi mutunya relatif kurang.
Kutip pesan ini pada balasan
#9 05-13-2003, 02:43 PM
Saya memang awam dalam perkolamikanan, tapi saya kurang sreg kalau kolam dikasih rumah2 an. Menurut saya mengganggu pemandangan untuk melihat ikan. Apakah rumah2 an tempat sembunyi/berteduh ikan mutlak diperlukan dalam sebuah kolam ikan?
Kalau mutlak perlu, bagaimana menyiasati agar kolam ikan tidak harus diberi rumah2 an ikan?

Trims.

**Ikan adalah obat stress, jangan stress karena mikirin ikan**

**Biarkan Seluruh Rakyat Aceh hingga Rakyat Papua Merdeka & Damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia**

Visit <!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.O-fish.com/Argy_Collections">http://gallery.O-fish.com/Argy_Collections</a><!-- m -->
Kutip pesan ini pada balasan
#10 05-22-2003, 10:15 AM
Bagi koi, kolam itu ya rumahnya. Ndak perlu lagi dikasih lorong2 atau rumah2 an. Lha gimana liatnya nanti ? Apalagi koi perlu dilatih beradaptasi dengan pemiliknya sehingga one day pemilik bisa bercengkrama dengan koinya, seperti menyentuhnya waktu memberi makan, dsb.

Koi ndak perlu rumah2an Mas, yang penting buat koi adalah kualitas airnya dijaga dan makan yang bergizi dan teratur
Kutip pesan ini pada balasan
#11 05-22-2003, 11:55 AM
Kulo nuwun , nimbrung gak di larang khan, saya mau tanya apakah dalamnya kolam mempengaruhi kejinakan ikan, dan perumbuhan ,serta idealnya minimum berapa cm dalamnya , dan keinggian bibir kolam terhadap permukaan kolam berapa ? Sad , dan sharing sedikit , kolam saya dalammnya 45 Cm X 200 X 300 Cm , dasarnya saya cat pake cat kolam biru langsung kena terik matahari , tapai saya halangi dengan Net ( u/ pohon Anggrek katanya sih 75 % ), tapi tetap saja berubash warna hijau +/- setelah 3 Minggu ,tetapi yg tumbuh bukan Lumut karpet/nempel . jd tiap 3 minggu saya harus kuras biar bisa lihat ikannya . dan filter yg saya pake filter bejana berhubungan ( sebanyak 3 Kotak masing2 uk 30 cm x 30 Cm ,isinya 1 glass wool 2 filter mate , 3 bio bal , dan saya sedot kembali ke kolam pakae 2 Power Head Cosmo ., dan kira kira memadai gak ya untuk filterisasi , tolong informasinya dari rekan rekan di forum ini , untuk tambah bekel pengetahuan ? Teriima kasih .

salam Ajie F
Kutip pesan ini pada balasan
#12 05-22-2003, 12:46 PM
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu

Hubungi Kami | | Kembali Ke Atas | Kembali Ke Konten | Mode Lite (Arsip) | Sindikasi RSS