Simple Web Counter
Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Bagaimana membuat KOI cepat besar???
Halo rekan2 semua!!! :lol: Salam kenal !!!

Saya memelihara ikan koi sekitar 15 ekor, dikolam ukuran 4m2 dengan kedalaman kolam 30-40 cm. 7 diantaranya bverukuran 25-30 cm keatas, sisanya masih berukuran sekitar 15cm.

Pertanyaan:
1. Dengan ukuran kolam tersebut, kira2 dapat menampung berapa banyak ikan koi? Dan ukuran berapa?

2. Apakah ukuran kolam saya, sesuai untuk pembesaran koi menjadi ukuran jumbo? (Dg catatan kondisi air di kolam saya terjaga sangat baik, air selalu jernih, dan biasa diganti sebulan sekali)

3. Pakan pelet koi dan suplemen apa yg cocok agar koi cepat besar?
Keterangan:
Selama ini saya memberikan pakan IKARI KOI GOLD produk dari HANURA KOI FARM, Bandung dan untuk spirulinanya saya menggunakan produk MATAHARI KOI. Hasilnya sangat baik terhadap bentuk tubuh dan perkembangan koi. Tetapi IKARI KOI GOLD akhir-akhir ini sulit diperoleh, dengar2 sudah tidak produksi lagi. Jadi saya terpaksa membeli pakan koi biasa di supermarket.

4. Dimanakah tempat yg menjual pakan koi merk IKARI KOI? Atau pakan lain yg menurut rekan2 baik?

Maaf, pertanyaan saya panjang! Mohon kesediaan rekan2 untuk memberi masukan. Terimakasih
Kutip pesan ini pada balasan
#1 05-01-2003, 12:20 PM
spirulina itu gunanya untuk apa ya???

sedang belajar melihara ikan
Kutip pesan ini pada balasan
#2 05-01-2003, 03:35 PM
Spirulina berupa pelet pakan ikan koi, biasanya berwarna hijau, digunakan khususnya pada koi jenis kohaku, tujuannya untuk menjaga kualitas warna merah pada kohaku agar tetap terjaga bahkan tambah cemerlang.
Terbukti pada kohaku saya !!! :lol: :lol:
Kutip pesan ini pada balasan
#3 05-01-2003, 04:30 PM
saya baru belajar melihara koi .
biasanya beli pakannya dimana??
saya biasanya beli di barito tapi yang mereknya AA.

trus pola pemberiaqn makannya gimana?

tanks atas pencerahannya

sedang belajar melihara ikan
Kutip pesan ini pada balasan
#4 05-02-2003, 01:28 PM
Mas Boy, ta kasi prinsip milih makanan koi ya kalu Mas berkenan :

1. Bergizi tinggi, artinya kandungan protein dan lemaknya baik ditambah unsur vitamin dan mineral;
2. Pemberiannya diusahakan sebisa mungkin setiap 5 jam sekali dengan dosis 2 persen dari berat ikan ybs dalam 1 hari. Ini untuk menjamin ikan sehat dengan pertumbuhan yang maksimal.
3.Praktis dan mudah didapat.

Sebagai bahan referensi, makanan koi yang masuk katagori the best misalnya : sakai food, izeki, ogata food, dll cuma sayang mahal lho mas, sekitar 100 rb per kg. Yang harganya terjangkau misalnya Hikari whitegerm, kualitasnya cukup baik, dan cocok untuk penggunaan jangka panjang.

Pemberian makanan sebenarnya disesuaikan dengan "akan dibuat menjadi seperti apa" koi yang dipelihara. Kalau Mas mau koi jenis kohakunya jadi ngejreng warna merahnya, kasih yang ada spirulinanya. Kalau yang mau ditonjolkan warna putihnya, kasihkan whitegerm. Kalau yang mau dikejar adalah pertumbuhannya, kasihkan yang high protein seperti silkworm atau ulat sutra.

Kalau mau kestabilan warna, menurut hemat saya kasihkan whitegerm.

Khusus untuk pemberian makanan, lebih baik sedikit sedikit tapi timingnya tepat seperti saya jelaskan diatas, dibandingkan memberikan sekaligus dalam jumlah banyak. Kenapa ? Karena pemberian makan yang terlalu banyak cenderung mubazir, dan akan dibuang kembali oleh koi.

Kalau Mas mau membeli yang terjangkau maksud saya alamatnya, silakan PM saya, nanti ta" kasih alamat temen saya. Saya belon berani kasihkan disini, soalnya belon ijin dia.

Begitu dulu Mas, kalau ada yg kurang mohon maaf sebesar2nya.

Buat Pak Komandan, terima kasih atas kesempatan memberikan pendapatnya.

Salam
Kutip pesan ini pada balasan
#5 05-09-2003, 06:58 PM
Bung Akuaria, saya baru berkunjung ke Barito liat2 sekalian cari white germ untuk koi saya seperti yang bung akuaria sarankan. Tapi yang ada hanya yang wheat germ.....apakah ini sama dengan yang white germ ?

Terima kasih

<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.o-fish.com/UtsuriAlbum">http://gallery.o-fish.com/UtsuriAlbum</a><!-- m -->
Kutip pesan ini pada balasan
#6 05-17-2003, 08:33 PM
Sama Mas, bahasa inggrisku ndak canggih jadi masi salah salah Mas. Maaf ya Mas
Kutip pesan ini pada balasan
#7 05-21-2003, 02:14 PM
Wuaduh.....harus nya saya beli saja saat itu......abis saya pikir lain sikh. Big Grin

Tapi ya namanya pemula, ndak apa2 pengalaman tokh. 8)

Nah jadi dimana nikh beli makanan yang disebut Bung Akuaria....sudah saya PM lho.....tapi belum di bales....... :lol:

Belakangan koi saya kasi makan pelet biasa...eeehhh....warna nya pudar....padahal sempet jadi bagus warna nya....itu dikasih pelet yang dari bandung yang murahan tapi sepertinya bukan Hikari lho.

Sekarang lagi coba Takari yang banyak di jual di supermarket.....mudah2an warna nya timbul kembali. Ada yang bisa kasih saran....???? :roll:
Kutip pesan ini pada balasan
#8 05-22-2003, 02:17 PM
Untuk Bung Utsuri, kalo menurut saya jangan terlalu sering dikasih Takari, tidak terlalu bermanfaat buat perkembangan Koi dan warna. Saya beri Koi saya pakan Ikari Koi Gold juga Ikari Koi Wheat Germ. Hasilnya sangat bagus, membuat badan koi menggembung seperti rudal, dan memanjang sehingga bentuk badan ideal terbentuk dengan sempurna. Dibanding Hikari Koi saya agak ngak srek kayaknya.[/url]
Kutip pesan ini pada balasan
#9 05-26-2003, 11:18 AM
Terima Kasih sarannya Bung SieLouHan. Sementara ya musti saya habiskan dulu mungkin Takarinya, sudah terlanjur dibeli. :cry:

Kalau yang Ikari Koi Gold juga Ikari Koi Wheat Germ bisa beli dimana Bung ?......harganya kisaran berapa ? yang penting sikh availability nya, sebab saya cenderung akan konsisten jika memang ada manfaat pada Ikan Koi saya dan juga merek Ikari tersebut tidak terlalu sukar mendapatkannya. :roll:

Tolong ya info beli nya itu Lho. :wink:

Salam

<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.o-fish.com/UtsuriAlbum">http://gallery.o-fish.com/UtsuriAlbum</a><!-- m -->
Kutip pesan ini pada balasan
#10 05-26-2003, 01:20 PM
Walah, maaf beribu maaf Mas Utsuri, kalo aku belon sempet bales pertanyaannya. Sekarang langsung aku bales deh. Insya Allah.

Ada faktor lain yang sangat mempengaruhi perkembangan tubuh koi, yaitu : 1. Luas Kolam dan Kedalaman Kolam.

Luas kolam untuk gampangnya paling tidak 5 kali panjang ikan, sedangkan lebar kolam paling tidak 3 kali panjang ikan.

Sedangkan kedalaman kolam, menurut pengalaman yang paling baik adalah 1.25 - 2 meter.

Mas, anda akan sangat sulit berharap koi yang anda pelihara dapat mencapai ukuran yang maksimal seandainya persyaratan diatas ndak terpenuhi. Faktor lain yang sangat penting adalah bibit varietas koi yang dipelihara. Untuk koi lokal, ukurannya paling maksimal 60 cm [itu juga rada susah dapetnya]. Pengalamanku menunjukkan hanya koi impor yang mampu mencapai size 75 cm keatas.
Kutip pesan ini pada balasan
#11 05-27-2003, 10:19 AM
untuk Bung Utsuri, kalo mau beli di Kartini Aquarium, aku biasa beli di situ 1 paket. 1 paket isinya 10 bungkus ukuran 200 atau 250gr. Tapi untuk yang wheat germ agak susah kayaknya. Coba mas contact ke <!-- e --><a href="mailto:hanura@bdg.centrin.net.id">hanura@bdg.centrin.net.id</a><!-- e --> - waktu itu aku pernah contact kesana dan dia melayani pengiriman ke Jakarta. Pusatnya di Bandung bung. Tapi menurut saya Ikari Koi Gold saja udah cukup bagus, asal Anda jaga kondisi air kolam.
Kutip pesan ini pada balasan
#12 05-27-2003, 01:52 PM
Terima kasih info nya Bung SieLuoHan.

* "Kartini Aquarium" itu di Jalan Kartini ya ? atau mungkin saya bisa di kasih almat lengkap berserta no. Telepon nya "Kartini Aquarium"

Nanti saya akan coba juga hubungi Hanura.

Untuk kondisi air kolam, saya sekarang sedang membangun filter untuk menggantikan filter lama yang asal2an. Mudah2an hasilnya lebih baik.

Cari filter mat yang besar atau ijuk untuk media nya yang agak susah nikh.


Thx

<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.o-fish.com/UtsuriAlbum">http://gallery.o-fish.com/UtsuriAlbum</a><!-- m -->
Kutip pesan ini pada balasan
#13 05-28-2003, 10:11 AM
Gimana kalau dikasih sisa makanan kita, nasi, lauk pauk dsb yang tidak kemakan, kita kasih ke kolam, sebagaimana layaknya ikan mas, biasanya mereka santap abiss tuh...
Lumayankan hemat dan bisa cepet gede..
Setidaknya lebih murah dan praktis ketimbang dibawa ke Mak Erot..(heheheheheheheehehe :lol: :lol: :lol: )

**Ikan adalah obat stress, jangan stress karena mikirin ikan**

**Biarkan Seluruh Rakyat Aceh hingga Rakyat Papua Merdeka & Damai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia**

Visit <!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.O-fish.com/Argy_Collections">http://gallery.O-fish.com/Argy_Collections</a><!-- m -->
Kutip pesan ini pada balasan
#14 05-28-2003, 04:42 PM
Lha koq koi dikasi makanan sisa ?
Ndak pantes Mas, apalagi koi itu kan piaraan kita, sebisa mungkin diberikan kebahagiaan melalui makanan yang dimakan. Selain itu kebutuhan gizi dan zat kimia untuk koi kan beda dengan manusia.

Lha koq tega ya ...
Kutip pesan ini pada balasan
#15 06-04-2003, 10:54 AM
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu

Hubungi Kami | | Kembali Ke Atas | Kembali Ke Konten | Mode Lite (Arsip) | Sindikasi RSS