Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Lampu Aquarium
07-29-2003, 12:42 PM
Posting: #1
Lampu Aquarium
Berapa lama ya idealnya buka lampu aquarium khusus untuk pemeliharaan arwana ?
Bagusnya dari jam berapa sampe berapa ?
Pagi, Siang, Sore atau Malam ?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2003, 01:42 PM
Posting: #2
 
Klau saya melihatnya dari kebutuhan, misalnya Aquariumnya terletak di dalam ruangan yg cahaya mataharinya kurang, nah lampu tsb bisa sebagai penggantinya, bisa dinyalakan sesuai waktu siang & malam.
Bila aquariumnya sudah mendapat cahaya pagi yg cukup, biasanya penggunaan lampu hanya digunakan utk melihat arwananya ajah dg waktu kapan ajah.
Mungkin Moderator or rekan yg lain bisa menambahkan & mengkoreksinya.

Arwana....Gue Banget
<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.o-fish.com/showgallery.php?cat=500&ppuser=249">http://gallery.o-fish.com/showgallery.p ... ppuser=249</a><!-- m -->
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2003, 01:58 PM
Posting: #3
 
kalo saya punya,
kebetulan aquarium saya letaknya di kamar dan berdekatan dengan jendela jadi sinar matahari pagi sedikit mengenai aquarium
jendela tetap terbuka hingga sore barusan tutup
lampu dikamar tetap menyala dimalam hari
sebelum tidur barusan saya buka lampunya hingga keesokan paginya
apakah ini sudah benar ?

saya pernah coba matikan lampunya dimalam hari dan di dalam kamar memang cukup gelap
entah kenapa sepetinya aro ku sepertinya mau lompat2 tidak tenang
mungkin karena tidak biasa atau gak tau ada apa ?
kalo saya buka lampu dimalam hari sepertinya lebih tenang
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-29-2003, 02:01 PM
Posting: #4
 
Kebetulan saya letakkan akuarium diruang tengah yang cahaya matahari (langsung) masuk dari pagi sampai jam 10-an, nach lampu saya nyalakan kalo kondisi mulai gelap (jam 18:30) sebagai penerangan tambahan dan biasanya sebelum tidur sekitar 11:00 di matikan lagi, sudah berjalan hampir 5th, dan ikannya terlihat sehat-sehat saja Big Grin .

Tapi untuk kebutuhan cahaya sesungguhnya dari Aro saya kurang tau persis Sad ,
mungkin Bang doel atawe yang lain bisa memberikan pencerahannya Smile

Salam Ikan Hias
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-01-2003, 12:22 PM
Posting: #5
 
saya pikir masalah penerangan di aquarium ada sedikit berhubungan dengan mata bisa juling

gue ceritain sedikit pengalaman saya barusan akhir akhir ini
sebenarnya sudah lama juga kuperhatikan cuman masih penasaran dan gue coba lagi ternyata memang begini

kebetulan aquarium saya letaknya di kamar
pada saat gue pergi kerja lampu aquarium dimatikan karena cahaya matahari di pagi, siang dan sore sudah cukup terang
masalahnya kadang2 gue pulang kerja bisa sampe jam 08.00 malam
nah... pada saat itu kan sudah gelap sekali dan kondisi penerangan di kamar sudah sangat gelap gulita sekali
pulang kerja jam 08.00 gue buka lampu kamar bukan lampu aquarium
pada saat itu saya sangat terkejut sekali :o
mata ikan aroku kedua duanya juling kebawah
:shock:
tapi tidak lama kemudian kembali normal kembali Smile

hal ini sudah saya coba berkali kali dan hasilnya tetap begitu

mungkin rekan rekan yang lain bisa beri pendapat dan masukkan kenapa ya begitu ? :?

saya pikir mungkin juga tidak semua ikan begitu
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-08-2003, 12:19 PM
Posting: #6
 
mohon tanggapannya dong pleaseee...
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-08-2003, 06:22 PM
Posting: #7
 
klau pendapatku mungkin saja aro anda sedang tidur krn keadaannya gelap gulita lalu bangun ada sinar lampu dari luar aquarium dan matanya lalu kembali normal, analisa ini saya simpulkan dari sewaktu pembiausan aro yg mana itu aro yg telah terbius/tertidur baal klau diperhatikan matanya akan melorot/turun kebawah dan setelah siuman akan normal kembali.
Mungkin moderator atau rekan yg lain bisa mengkoreksi & menambahkannya.

Juling pd aro biasanya terjadi krn aro tersebut sering melihat (tertuju dlm waktu lama) ke suatu tempat dan banyak lemak pd sekitar mata bgn dlm aro.

Arwana....Gue Banget
<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.o-fish.com/showgallery.php?cat=500&ppuser=249">http://gallery.o-fish.com/showgallery.p ... ppuser=249</a><!-- m -->
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-09-2003, 05:08 AM
Posting: #8
 
Penerangan pada akuarium, atur aja sesuai kegiatan yang merawatnya, yang penting teratur untuk bioritme aro dan ada fase gelap seperti waktu malam dan siang.

Mata melotot pada penyalaan lampu, saya kira hampir terjadi pada semua arwana. Sebaiknya penerangan lingkungan dimulai dari luar akuarium kemudian beberapa saat baru lampu akuarium untuk menghindari perbedaan tajam gelap-terang. Selain mata yang melotot, bisa juga terjadi panik, aro akan meloncat-loncat tanpa berhenti.

Mata turun adalah lain masalahnya dengan melototnya aro karena perpindahan gelap-terang mendadak.Beberapa pendapat mengatakan kelebihan lemak pada mata karena makanan, arwana saya kelihatan "over-weight" dengan konsumsi makanan berlemak tapi mata tidak turun. Mata turun sebagian besar sudah dibawa sejak lahir dan perilaku cara-tatap aro terhadap sekitarnya. Bergantung lingkungan, apakah tambah jadi turun atau tetap. Bisa dikurangi atau minimal dipertahankan tidak bertambah turun dengan :
- mengurangi lamanya penyinaran lampu dari atas atau ada wilayah akuarium yang tidak tersorot langsung lampu dari atas.
- menambahkan asesoris (seperti pesta ultah anak2) di langit2 akuarium, untuk menarik perhatian, tentu pada wilayah atas yang tidak silau.

Salam,

Klik dOels Gallery-1 , Gallery-2 . 021-929-789-61 , 0813-15-8818-12
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-11-2003, 12:24 PM
Posting: #9
Lampu Aquarium & Makanan berlemak,
ngomong2 ikan bisa tidur juga ya? :?
pernah tanya org katanya ikan tidak pernah tidur apalagi aro tidak mempunyai kelopak mata. Smile

Mengenai makanan aro
menurut bang doel makanan apa yang paling berlemak dan makanan apa yang paling sedikit lemaknya ?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-11-2003, 12:36 PM
Posting: #10
 
:shock: kalau aku punya pengalaman lampu aquarium menyala sepanjang hari 24 jam non stop kecuali PLN matiin powernya, udah ada sekitar hampir 1 th, yang terlihat bukan pada mata tapi justru ama warna badanya, dan kalau lampu di matikan aro malah kelihatan cemas, mubgkin karena dah terbiasa pakai lampu jadi begitu gelap aro binggung, untuk mata kok selama ini nggak ada perubahan ..... :roll:

Sayangi lingkungan yuk.....
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-11-2003, 12:44 PM
Posting: #11
 
bener juga sih
sama halnya dengan aro gue juga
kok sepertinya kalo buka lampu, semangat banget berenang kesana kemari gak tenang seperti kelaparan padahal sudah kasih banyak makanan :lol:
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-11-2003, 03:51 PM
Posting: #12
 
Kutip:ngomong2 ikan bisa tidur juga ya?
pernah tanya org katanya ikan tidak pernah tidur apalagi aro tidak mempunyai kelopak mata.
yah....mahluk hidup kan ada lelahnya juga, diperlukan istirahat.... :roll:

BTW, klau tdk salah di Pekan Baru ada 4 Breeder besar tuh disana, mungkin Bung Joni bisa dpt informasi lebih lengkap dan harga RTG bisa lebih murah kali yeh...?

Arwana....Gue Banget
<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.o-fish.com/showgallery.php?cat=500&ppuser=249">http://gallery.o-fish.com/showgallery.p ... ppuser=249</a><!-- m -->
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-11-2003, 04:01 PM
Posting: #13
 
ArBeLo Tulis:
Kutip:ngomong2 ikan bisa tidur juga ya?
pernah tanya org katanya ikan tidak pernah tidur apalagi aro tidak mempunyai kelopak mata.
yah....mahluk hidup kan ada lelahnya juga, diperlukan istirahat.... :roll:

BTW, klau tdk salah di Pekan Baru ada 4 Breeder besar tuh disana, mungkin Bung Joni bisa dpt informasi lebih lengkap dan harga RTG bisa lebih murah kali yeh...?

apaan :shock: :shock: :shock: murah.......... ikuuuuuuuuuuuuuuutttt Big Grin Big Grin Big Grin
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-11-2003, 04:54 PM
Posting: #14
 
Kutip:apaan murah.......... ikuuuuuuuuuuuuuuutttt
lagi nyari yg murahan nih... :wink:

Arwana....Gue Banget
<!-- m --><a class="postlink" href="http://gallery.o-fish.com/showgallery.php?cat=500&ppuser=249">http://gallery.o-fish.com/showgallery.p ... ppuser=249</a><!-- m -->
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu