Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
MINTA TOLONG DAN PENCERAHAN !
08-16-2003, 10:42 PM
Posting: #1
MINTA TOLONG DAN PENCERAHAN !
Hello teman-teman :oops:
Saya baru saja mengalami kejadian yang benar-benar panik! Pada saat topik ini diposting, perasaan yang saya alami juga masih 'deg-degan'.

Begini ceritanya ....

(i) pada jam 18.15 / sabtu - 16.08.2003 (menjelang sholat maghrib), saya memberi pakan jangkrik pada arowana saya (Arowana Irian). 3 ekor jangkrik adalah pakan utama arowana saya di sore hari. Pada pagi hari, saya memberikan 5 ekor ulat Eropa sebagai pakan utamanya. Pola makan ini saya lakukan dalam kurun waktu 1 minggu belakangan.

(ii) setelah sholat maghrib dan makan malam, pada pukul 19.00. Saya memberikan cairan untuk perlindungan dan pencegahan menggunakan cairan blitz untuk pencegahan dari penyakit White Spot (cairan berwarna biru) dan Kerontokan Sisik dan Ekor (cairan berwarna hijau). Dosis yang saya berikan pada arowana saya adalah 3 cc/mL (kedua cairan itu saya campur dalam suntikan) untuk kapasitas air dalam aquarium +/- 80 liter (ukuran aquarium saya adalah 100 x 40 x 40 dengan filter samping). Maksud tindakan saya ini, karena esok hari saya ingin menguras dan membersihkan aquarium saya, karena sudah 2 bulan ini belum pernah dibersihkan dan diganti air aquariumnya (semenjak pembelian arowana 2 bulan yang lalu).

(iii) setelah cairan itu tersebut tercampur, saya 'tembak'kan kedalam air aquarium. Dan arowana saya tiba-tiba dan sangat panik melakukan gerakan yang sangat LUAR BIASA gesitnya, yaitu berenang ke segala penjuru sudut aquarium. Kemungkinan besar terjadi kepanikan pada dirinya. Dan saya pun jadi ikut panik! Powerhead saya matikan langsung dan lampu aquarium (20 watt HITACHI) langsung saya nyalakan. Lalu tutup aquarium saya buka sebagian untuk mengatur pergantian udara pada aquarium.

(iv) akhirnya saya melakukan tindakan yang mungkin benar-benar sangat panik dan ceroboh. Air aquarium saya kuras habis hampir tinggal 10% dari kapasitas air sebelumnya. Tanpa sebelumnya ada air yang dituakan (diendapkan), saya langsung menambah dan mengisi aquarium kembali. Air yang ada pada rumah saya adalah air tanah. Jadi langsung dari kran air dan selang saya tambahkan kedalam aquarium. Pada saat pengisian inilah, arowana saya berenang ke permukaan air seperti hendak menghirup udara segar. Berenangnya sangat lemah sekali. Saya semakin panik dan bingung. Dan dengan cepatnya, saya langsung menambahkan 2 pompa udara (aerator), pada aquarium saya yang untuk piaraan louhan dalam artian untuk menambah jumlah oksigen pada aquarium arowana saya.

(v) pada saat pengisian ini, dan renang dari arowana saya yang boleh dikatakan 'mengambang' tersebut, saya perhatikan apa saja yang terjadi pada diri arowana tersebut. Selain tampak gaya berenangnya yang lemah, insang dari arowana saya tersebut bergerak dengan sangat cepat. Dan tampak sekilas tapi tidak sering, mengeluarkan gelembung² udara dari balik tutup insangnya. Saya khawatir sekali dengan keadaan dirinya. Apakah yang akan terjadi pada dirinya kelak?

(vi) setelah pengisian selesai, saya nyalakan powerhead yang saya miliki (aquila P2600) agar terjadi proses filterisasi pada air. Lalu saya tambahkan garam ikan 1 sendok makan, agar terjadi pembersihan air dari bakteri² penyakit yang kemungkinan ada pada air yang saya tambahkan.

(vii) pada pukul 20.00, saya sentuh dan pegang tubuh arowana saya yang masih berenang di permukaan air tersebut. Dia mulai merasakan perubahan gaya berenang. Mengitari tangan saya dan mulai berangsur-angsur berenang ke bawah permukaan air. Tetapi kadang² masih berenang ke atas kembali, seperti ingin menghirup udara segar. Saya masukan tangan saya kembali dan dia menghampiri tangan saya seperti ingin disentuh saya dan kemudian berenang kembali ke bawah. Berulangkali arowana saya melakukan gerakan² tersebut. Lebih kurangnya 10 kali saya melakukan hal tersebut apabila 'dia' mulai berenang ke permukaan air kembali.

(viii) kira-kira pada pukul 20.50, arowana saya sudah tidak nampak lagi untuk melakukan gerakan renang menuju ke permukaan air. Hati saya sudah sedikit lega. Tapi masih sangat khawatir dengan apa yang akan terjadi nantinya atas kejadian yang baru saja terjadi.

(ix) tepat pada pukul 21.00, tampak arowana saya sudah mulai berenang normal. Ini tampak pada saat telapak tangan saya, saya tempelkan pada kaca aquarium 'dia' menghampiri kaca aquarium dimana telapak tangan saya tempelkan. Dan ketika telapak tangan saya lepaskan, dia lalu berenang ke tengah² aquarium kembali. Dan ini saya lakukan berulangkali, dan 'dia' sudah merespon dengan baik, seperti tingkah laku sehari-harinya pada saya.

(x) dan pada saat topik ini saya buat dan akan posting ke forum o-fish, arowana saya tampak sudah berenang normal dengan manisnya walaupun masih menggunakan tambahan 2 pompa udara. Dan saya sangat terharu dan merasa bersalah sekali atas kecerobohan tindakan yang saya lakukan. Kuasa Alloh dan kasih sayang-Nya ternyata masih memberikan kepada saya suatu kepercayaan untuk melihat dan merawat arowana tersebut. Semoga bisa awet dan selamanya. Amien.

Dari kejadian yang terjadi ini, saya masih ada perasaan khawatir dan waswas atas apa yang akan terjadi di kemudian hari pada arowana saya. Walaupun arowana saya tergolong 'murah' untuk jenis arowana yang ada, tapi saya sangat menyayanginya. Ibaratkan seorang anak pertama yang baru lahir ke dunia, saya mengibaratkan arowana saya tersebut seperti anak sendiri adanya. Dan didalam forum ini, saya ingin menanyakan beberapa pertanyaan dari diri saya dan memohon pencerahan dari teman-teman sekalian dari hati yang seikhlas-ikhlasnya dan setulus-tulusnya.

(i) setelah pencampuran obat blitz ke dalam aquarium yang menyebabkan perubahan tingkah laku dari arowana saya yang panik, akan terjadikah perubahan tingkah laku yang bisa dikategorikan sebagai 'penyakit' pada arowana? Penyakit² yang mengkhawatirkan apakah yang kemungkinan terjadi diri arowana tersebut? Dan tindakan preventif apakah yang harus saya lakukan berikutnya?

(ii) karena perubahan tingkah laku yang tiba² dan panik pada arowana saya, mungkinkah terjadi perubahan bentuk badan pada arowana saya nantinya? Saya sangat mengkhawatirkan sekali apabila terjadi ‘cacat permanen’ kelak. Tindakan apa yang harus saya lakukan untuk mencegah tersebut?

(iii) kemungkinan terjadinya kelebihan dosis obat yang saya campurkan pada air aquarium, apakah akan menyebabkan kebutaan pada arowana ataukah akan terjadi perubahan warna sisik pada tubuhnya? Sampai saat ini, penglihatan arowana saya tampak normal apabila saya menempelkan telapak tangan pada kaca aquarium, dia masih memberikan respon untuk menghampiri telapak tangan saya. Dan sisik pada arowana, tampak tidak ada yang terlepas atau keruh warnanya. Cuma pada saat kepanikan terjadi, warna sisik berubah pucat. Sekarang tampak normal² saja. Sungut juga masih lengkap dan tidak ada yang terputus. Kemungkinan tidak terjadi benturan yang keras pada dinding kaca aquarium pada saat kepanikan terjadi. Apabila terjadi perubahan pada penglihatan dan warna sisik, cara apa yang harussaya lakukan nantinya sebagai pencegahan?

(iv) dari kepanikan yang terjadi, mungkinkah terjadi perubahan nafsu makan pada arowana saya? Sebelum terjadi kejadian ini, nafsu makan yang ditunjukkan pada arowana tersebut normal² saja. 2 hari sekali saya berikan pakan, atau kalau tampak kelaparan, bisa 2 kali sehari saya berikan makan. Pola makan yang saya terapkan adalah: pagi hari – 5 ekor ulat Eropa dan sore/malam hari – 3 s/d 5 ekor jangkrik. Pola makan ini sudah seminggu belakangan ini saya berikan. Pada siang hari, saya tidak berikan makan, karena saya harus bekerja di kantor dan orang rumah tidak ada yang berani memberikan pakan hidup tersebut (he .. he). Dan setiap 2 kali seminggu, saya tambahkan vitamin hobby fishes dengan dosis ½ tablet (sudah saya lakukan selama 2 bulan ini sejak pembelian arowana pertama saya tersebut). Setelah kejadian ini, sebaiknya kapan saya mulai kembali untuk memberikan pakan pada arowana saya?

(v) menyangkut hubungan dengan penyakit sisik yaitu white spot dan kerontokan sisik dan ekor, berapa banyak dosis yang diberikan dengan menggunakan larutan obat blitz sebagai tindakan pencegahan pada arowana? Selama ini, saya hanya menambahkan 3 tetes larutan obat blitz setiap minggunya (diselang satu minggu dari setiap obat – obat white spot dan kerontokan). Baru tadi saja saya agak menambahkan dosis obat bltz tersebut, masing² 1,5 cc/mL, karena dalam perhitungan saya, besok akan dilakukan pengurasan aquarium (akhirnya malam ini harus dilakukan pengurasan), sehingga untuk sedikit memberikan efek kekuatan tubuh agar tidak terjadi gejala² aneh yang dapat menimbulkan penyakit pada saat penggantian air dan lonjakan perubahan parameter air nantinya.

(vi) pertanyaan terakhir dari saya, dari cara perawatan yang saya lakukan selama ini sebelum terjadinya ‘kejadian’ yang mengerikan (menurut kasat mata saya), sudah cukupkah itu dilakukan? Dimulai dari pemberian pakan dengan pola makan yang saya terapkan dan perawatan air sebagai tempat hidup arowana saya.

Demikian sedikit cerita atas kejadian yang saya alami dan beberapa pertanyaan yang saya ajukan. Atas segala respon dan pencerahana dari teman-teman, saya tidak tahu harus mengucapkan terima kasih yang bagaimana dan pantas yang seperti apa yang harus saya utarakan … Hanya satu kata dari hati saya, TERIMA KASIH yang sebesar-besarnya. Wassalam … - Yanuar :?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-17-2003, 01:32 AM
Posting: #2
 
:!: :evil:
============================================
* Arwana cukup bertahan pada penyakit tapi tidak pada zat2 kimia beracun.
* Tampungan air dalam jumlah cukup banyak yang teraerasi dengan baik (dg powerhead) sebagai salah satu sisi keamanan dalam "berarowana"
* Kualitas air adalah segalanya. Perhatikan kadaan kualitas air dihubungkan dengan jumlah hasil pembuangan kotoran/sisa makanan/filter dalam mengganti air.
* Gunakan satu jenis bahan kimia saja untuk menghindari over dosis dan interaksi antar bahan kimia.
============================================
Komentar :
-
Kutip:karena sudah 2 bulan ini belum pernah dibersihkan dan diganti air aquariumnya (semenjak pembelian arowana 2 bulan yang lalu).
Kenapa cepat2 dibersihkan dan diganti air? ada temen saya kurasnya setahun sekali, itupun kalo inget Tongue
Kutip:Kemungkinan besar terjadi kepanikan pada dirinya
Persepsi saya bukan panik psikologis, tapi gak bisa napas,berkaitan dengan kualitas air akuarium ditambah bahan kimia.
Kutip:aquarium saya kuras habis hampir tinggal 10%
Dengan kualitas air tampungan yg bagus kuras 100 % gak masalah.
Kutip:Jadi langsung dari kran air dan selang saya tambahkan kedalam aquarium.
Ini bisa lebih berbahaya dari obat2an. Air sudah tua kok dibikin awet muda ? Bisa gunakan air kemasan gallon air minum atau air matang yg telah dimasak.
Kutip:setelah pengisian selesai, saya nyalakan powerhead yang saya miliki (aquila P2600) agar terjadi proses filterisasi pada air
Ini tindakan yg terlambat, seharusnya dari awal.
Kutip:Lalu saya tambahkan garam ikan 1 sendok makan, agar terjadi pembersihan air dari bakteri² penyakit yang kemungkinan ada pada air yang saya tambahkan.
Kalo ukuran segitu sih kayaknya gak ngaruh, lagi pula seberapa efisien kadar garam untuk membunuh bakteri di akuarium, bisa2 aronya yg keracunan.

Jawaban dari pertanyaan :
(i) Kalau blitz icht beberapa tetes sih tidak ada pengaruh serius, coba kurangi dosisnya, dan perhatikan selama pemakaian obat. Kemudian tiap hari airnya diganti sepertiganya selama empat hari pemakaian obat biru tsb. Kemungkinan tidak ada efek yg serius untuk selanjutnya.
(ii) Kemungkinan tidak menjadi cacat.
(iii) idem
(iv) ukuran aronya berapa cm? kok bisa 2 hari sekali pemberian makanan? ataukah sekaligus pemberian makanan hidup untuk cadangan beberapa hari?
(v) Untuk penyakit tersebut, kalo saya lebih ditujukan koreksi kualitas air kemudian pembersihan/sterilisasi alat2, filter.Kemudian jaga kebersihan dan kualitas air, bisa tambahkan sedikit larutan daun ketapang tua yg kering. Dengan cara ini kadang sebelum diberikan pengobatan, keadaannya terlihat membaik. Antibiotika barangkali lebih pas untuk penyakit tsb.
(vi) Mungkin perlu koreksi cara perawatan dihubungkan dengan kualitas air.

~Semoga arwana anda baik-baik saja, dia telah memberikan anda pelajaran yang cukup berharga.

Bila ada kekeliruan kurang lebihnya mungkin rekan lain memberikan koreksi.


Salam,
dOels

Klik dOels Gallery-1 , Gallery-2 . 021-929-789-61 , 0813-15-8818-12
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-17-2003, 04:13 AM
Posting: #3
 
Thanks buat Pak dOels ...

Ternyata sampai jam 1/2 dua pagi masih belum tidur juga? Saya juga belum tidur nih pak. Nungguin keadaan arowana saya. Dan mungkin Pak dOels juga dokter jaga 24 jam yah pak? he .. he .. (becanda). Salam kenal sebelumnya Pak.

Arowana saya masih berenang normal saat ini dan alhamdulillah sampai menjelang Subuh keadaannya baek-baek saja. Barusan saya mematikan lampu aquariumnya. Biar istirahat arowananya, saya juga bisa lebih relax (aquarium saya letakkan pada kamar pribadi saya saat ini).

Setelah mengkoreksi kejadian yang telah terjadi, saya mengambil hikmah segalanya bahwa itu akibat tindakan terburu-buru saya dalam kondisi yang boleh dikatakan panik sekali dan rasa khawatir yang terlalu berlebihan dalam pemeliharaan selama ini. Mungkin arowananya protes yah .. ? Ini kan jaman reformasi ...

Bincang-bincang masalah kualitas air, kualitas air yang bagaimana yang sebaiknya diperhatikan? Diperhatikan dari suhu, tingkat kadar pH, atau kejernihan air yang ada? Alhamdulillah, selama ini, berbicara masalah suhu, dikarenakan dan didukung oleh suhu udara di ruangan saya yang hangat² 'merangsang', tingkat suhu air sampai saat ini berkisar antara 29,5°C - 30,5°C. Tidak ada bantuan heater. Sudah cukupkah ini? Dan untuk tingkat kejernihan air, bila dilihat dan diambil rata² setiap 3 jam dalam 24 jam sehari, kejernihan air sangat bersih. Sisa makanan dan kotoran arowana dapat terfilter dengan baik. Tapi kejernihan air belum tentu kualitas air itu baik kan? Dan untuk kadar pH, saya belum pernah mengukurnya. Karena tidak memiliki alat pengukurnya. Bagaimana menurut Pak dOels dan kemungkinan teman-teman lain bisa memberikan koreksinya untuk saya? Antibiotika yang dimaksud apa yah? Maklum saya tidak tau jenis obat²an yang dimaksud.

Dan masalah makanan, sebenarnya saya senang sekali bila dapat memberikan pakan setiap hari (kalo bisa 3 kali sehari) untuk arowana saya yang masih berukuran +/- 17 cms. Cuma bila saya berikan pakan pada pagi hari, ulat/jangkrik, dia terkadang hanya melihat, mencium dan mengacuhkan. Kemungkinan dia masih kenyang atau bosan, saya kurang tahu. Atau dia juga mengerti untuk bersikap 'hemat' sesuai dengan isi kantong saya (he .. he). Mungkin gak tuh? Jadi, bila pada pagi hari sudah saya lepaskan satu ulat/jangkrik tidak mau dilahap, maka sore harinya pun tidak mau makan juga. Tapi keesokkan harinya baru dia mau menyantap pakan yang saya berikan. Oleh sebab itu, maka saya suka menambahkan tambahan vitamin hobby fishes setiap hari Kamis sore dan Minggu pagi untuk menambah nafsu makan si arowana (salah gak?). Sejak 2 bulan yang lalu, saya selalu memberikan pakan jangkrik, arowana saya sudah menampakkan sikap² seperti itu. Dan baru seminggu ini saya tambahkan menunya dengan ulat. Sebelum dengan menu tambahan ini, pernah saya coba tambahkan 1 ekor anak ikan mas, selama seminggu anak ikan mas tersebut malah menjadi teman si arowana dalam aquarium. Mungkin gak doyan kali yah? Sebaiknya dengan ukuran tubuh arowana saya yang masih 17 cms tersebut, berapa kali sehari saya dapat memberikan pakan yang baik? Atau menunya yang kurang menarik buat si arowana? Ada koreksi buat menu pakan buat arowana? Untuk sekarang, setelah kejadian ini, sudah dapatkah saya memberikan pakan untuk arowana saya?

Arowana saya telah memberikan pelajaran yang berharga untuk saya, dan pencerahan dari teman-teman juga sangat berharga untuk saya. Terima kasih sebelumnya untuk Pak dOels yang cepat menanggapi permasalahan yang saya hadapi. Saya masih menunggu banyak 'pencerahan-pencerahan' lainnya. Ternyata pelajaran berharga tidak hanya dari buku dan literatur yang selama ini saya baca dan perhatikan, ternyata dari praktek dan suasana hati dalam memelihara dan merawat arowana sangat berharga. Terutama dari pendapat dan berbagi pengetahuan dan pengalaman dari teman-teman adalah pelajaran yang tidak terukur nilainya. - Yanuar
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
08-17-2003, 04:25 AM
Posting: #4
 
Tambahan info-nya, kalo gak salah jenis Arowana saya seperti tampak pada gallerynya Pak dOels (Arwana Irian Totol Kuning/Mutiara)

[Gambar: abw.jpg]
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu