Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
jangkrik and ikan mas
09-10-2003, 04:23 PM
Posting: #1
jangkrik and ikan mas
halo teman2 and senior...saya mau tanya: makanan utk jangkrik apa ya biar aronya sehat dan baik? trus apa yg hrs dicopot dari badan jangkrik agar safety utk aro?
makanan utk ikan mas biar baik utk aro?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-10-2003, 08:30 PM
Posting: #2
 
Smile bung Saut,

s’lamat bertemu lagi. pakan jangkrik merupakan salah satu pakan favorite buat arowana saya. jadi sekalian ‘sharing and discuss’ aja nih kita. okey?

biasanya ..
setelah memberi jangkrik yang nantinya akan dipakankan ke arowana, saya selalu mengkarantina terlebih dahulu jangkrik² yang saya beli tersebut kedalam kandangnya. biasanya saya membeli dalam jumlah besar jangkrik sebagai persediaan sekaligus. Rp 5.000,-/minggu dapat sekantong (Rp 1.000,-/15 ekor). nah .. pada saat diletakkan kedalam kandangnya, tampak ada beberapa jangkrik yang kurang sehat atau bahkan mati. biasanya yang sudah mati, langsung saya keluarkan dan buang (tidak dipakankan ke ikan, khawatir ‘kematiannya’ tidak wajar!) saja, selain takut menulari jangkrik yang sehat, juga u/ menghindari serangan semut yang akan ‘menyerang’ kandang jangkrik² tsb akibat aroma bangkai jangkrik yang mati. selama 3 hari, jangkrik² tsb tidak saya beri pakan, dan saya tunggu apakah jumlah kematian akan meningkat? setelah 3 hari, baru jangkrik² tsb saya beri pakan. biasanya, saya pakankan sayur²an saja. jangkrik doyan dengan sayur kol dan selada. ada beberapa teman saya yang memberikan pakan jangkrik tersebut dengan daging mentah atau bahkan ikan segar. kalau saya pikir, itu tergantung kemauan kita saja memberikan pakan apa buat si jangkrik.
pada saat pemberian pakan ke arowana, jangkrik sebaiknya dipotong terlebih dahulu 2 kaki belakangnya yang tampak berduri. dikhawatirkan apabila tidak dipotong terlebih dahulu, nantinya pada saat menelan, si arowana akan tersedak tenggorokannya dan membuatnya kesakitan, yang akan membuat si arowana tampak kurang sehat seterusnya. untuk pemotongan bagian² tubuh mana saja pada jangkrik sebelum dipakankan ke arowana, ada beberapa teman saya yang ‘memangkas’ habis dari badan si jangkrik tersebut, mulai dari sungut, 2 kaki belakang, kaki depan, dan sayap dari jangkrik tersebut, sehingga tampak si jangkrik gundul sama sekali, tinggal kepala dan badan saja. untuk hal yang seperti ini, tampaknya sama saja, karena yang menjadi vitamin dan nutrisi bagi arowana ada di dalam tubuh si jangkrik. kembali ke bung Saut sajalah, bagaimana baiknya?

untuk pemberian pakan ikan mas, saya pernah mencobanya. cuma waktu itu hanya bertahan selama 2 minggu. bahkan pada seminggu pertama, ikan mas hanya sebagai ‘teman hidup’ sang arowana, tidak dimangsa sekali. sekarang, arowana saya memiliki menu utama pakan burayak lele (lagi mengikutu program pembesaran badan!). ukuran 2 – 5 cms adalah lele² kesukaan arowana saya. biasanya sebelum saya pakankan, lele² tersebut juga mengalami masa karantina didalam aquarium tersendiri. jadi tidak langsung saya ‘cemplungkan’ ke dalam aquarium dimana arowana berada. setelah membeli, saya saring terlebih dahulu lele² tsb (sekalian membuang air dari penjual) pada jaring yang disemprotkan air dari kran, u/ menghindari dari pembawaan penyakit dari lingkungan sebelumnya. setelah disaring, baru saya cemplungkan kedalam aquarium yang sudah saya taburi dengan tetracycline (500 gr/200 lt air – dapat dibeli di apotik). biasanya, lele² tsb saya inapkan 12 – 24 jam, baru nantinya saya pakankan ke arowana. selain burayak lele, saya juga membeli pakan burayak ikan mas sebagai pakan hidup buat ikan. dan biasanya, burayak² tersebut hanya saya beri pakan pelet yang sudah digerus/ditumbuk halus. banyak produk pellet yang ada saat ini, saya selalu memberi pakan pellet buat burayak² tersebut dengan merk ‘YY’ dan ‘ChingmiX’ (bukan promosi!!). kedua jenis pellet tersebut sebelumnya saya tumbuk halus atau digerus, agar dapat ditelan oleh burayak² tersebut. alhamdulillah doyan-doyan ajah tuh .. setelah saya perhatikan, arowana saya ternyata lebih doyan dan lahap dengan pemberian pakan burayak lele daripada ikan mas. mungkin gaya renang dari lele yang lebih lambat dari ikan mas, yang membuat arowana saya gampang memangsa dan melahapnya. sepertinya sih seperti itu, jadi saya membeli burayak ikan mas hanya sebagai pakan Louhan saja.

mungkin hanya itu sharing dari saya, bila ada kekurangan dan kesalahan, mohon koreksi dari bung Saut dan juga teman² sekalian, mumpung di forum, sekalian berdiskusi. terima kasih .. Smile

»» there is no respect of persons with god ««
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-11-2003, 04:36 PM
Posting: #3
 
terima kasish bung YRH wah lengkap banget penjelasannya...terima kasih banyak. untuk pakan jangkrik sampe hari ini saya beri wortel saja. dan benar kata bung YRH memang terkadang ada jangkrik yg mati entah apa sebabnya.jadi saya mesti perhatikan lagi dan dikarantina sprti bung YRH apakah nanti ada yg mati lagi.
untuk ikan mas memang aro terkadang susah ngejarnya...saya sering perhatikan apalgi aro baru 12 cm lebih dikit.. :lol: saya akan coba lele ke aro saya...
saya juga akan coba beri pakan ke lele dg pelet YY dan chingmix. juga menumbukny krn saya jarang menumbuknya.
untuk tetracycline ini berbentuk tablet atau cair? apakah aman utk lele dan burayak yg lain? pasti utk karantina ikan lele ya?terima kasih untuk sharingnya bung YRH....seneng banget neh..
moga2 bisa dibantu terus say yg junior ini.... :lol:
GBU
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-11-2003, 10:26 PM
Posting: #4
 
hi bung Saut, Smile

tetracycline dapat dibeli di apotik² terdekat. bentuknya adalah kapsul. dan digunakan biasanya sebagai obat penyembuh borok untuk manusia (obat ditelan). harga per-lempengannya sekitar Rp 500,-. bila beli satu strip isinya 12 kapsul sekitar Rp 6.000,- selama ini, satu kapsul bisa dipakai beberapa kali pemakaian. saya biasanya mencampur obat ini hanya seujung sendok teh ke dalam air +/- 5 liter. akuarium karantina saya berukuran kecil saja kok .. gak gede² amat. obat tidak hanya untuk burayak ikan lele saja, juga bisa untuk burayak² ikan lainnya. dan terkadang, seminggu sekali pada saat pembersihan filter aquarium untuk arowana saya, saya campurkan obat ini sebanyak 1/2 sendok teh saja. sebagai perawatan kualitas air saja kok. alhamdulillah masih aman² saja sampai saat ini.

u/ jangkrik, memang pada siklus beberapa hari dalam kurun waktu 10 hari, pakan jangkrik yang saya beli ada beberapa yang mengalami kematian. terutama pada jangkrik yang dari penjualnya dalam keadaan kurang sehat. bila diperhatikan, jangkrik² yang kurang sehat tampak badannya rusak, kaki belakang cuma 1, dan bahkan hanya bisa telentang saja, tidak bisa berdiri tegak dan tidak bisa berjalan. ada beberapa jangkrik yang tiba² sakit akibat berkelahi sesama temannya (tawuran maksudnya!! heehe .. :lol: ). biasanya, jangkrik² yang seperti ini akan cepat mengalami kematian. jadi siap² saja merasa mengalami kerugian bila ada beberapa jangkrik yang mengalami kematian :cry:. selama ini, jangkrik² yang sudah kurang sehat itu saya buang saja ke alam bebas. siapa tau bisa hidup lebih baik. kalo yang sudah mati, lebih baik dibuang saja bung .. daripada ikannya jadi ikutan sakit atau bahkan mati.

wach! :o kalo bung Saut masih merasa Junior, apalagi saya yah ... masih jadi 'burayak' kali yah .. hahahhaa :lol: .. becanda bung .. sama² sajalah. kalo udah mengerti mah, ngapain juga ikutan forum di o-fish ini. bener gak bung ... Big Grin

ma kasih atas perhatiannya, atas segala kekurangannya saya mohon di per-'sorry' ajah .. namanya juga manusia bung .. gak luput dari bencana!! -ciao

»» terkilat ikan dalam air, telah tentu jantan betinanya ««
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-12-2003, 05:09 PM
Posting: #5
 
duh makasih banget neh bung dibantu terus...jadi ga enak...
thanx ya bung..by the way..nama bung sapa? tinggal dimana?
thanx ya...saya aja belom banyak bantu bung...
thanx sekali lagi.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu