Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Gimana ngobatin RTG yg matanya putih kabut??
09-18-2003, 07:49 PM
Posting: #1
Gimana ngobatin RTG yg matanya putih kabut??
Tolong donk sama rekan2 yg pernah ngobatin arwana dgn penyakit mata. RTG saya uk. 23cm, sekitar sebulan lalu kena mata 'kabut'. Putihnya sih gak parah2 bener, cuma saya denger lama2 kalo tidak diobatin bisa putih kayak putih susu dan buta Sad

Terus saya udah pernah obatin pake oxytetracyclin atau chloramphenicol (plus garam dan heater pula) spt yg dianjurkan bbrp arwana site di internet, tapi hasilnya arwana baik sebentar terus matanya kabutan lagi. Atau dari makanan yah, soalnya sering dikasih ulat bambu tuh RTG.

Barangkali ada saran dari rekan2 pecinta arwana yg pengalaman sama arwana kayak gitu??

Thank you bener buat perhatiannya ....

Roby
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-19-2003, 10:38 AM
Posting: #2
 
coba perhatikan kualitas airnya:
1. berapa lama airnya diganti sebagian 20-30%? (saran: seminggu 2-3 kali)
2. bagaimana kualitas penggantian air? harus menggunakan air yang "tua" (pengertian air "tua" dapat dilihat di posting sebelumnya)
3. bagaimana kondisi akuarium? coba bersihkan seluruh bagian kaca dari lumut dan lendir
4. mata berkabut bisa juga krn alergi atau pemberian garam yang berlebihan

rekan-rekan lain bisa menambahkan atau mengkoreksi?

Luke
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-19-2003, 08:58 PM
Posting: #3
 
siauw.luke Tulis:coba perhatikan kualitas airnya:
1. berapa lama airnya diganti sebagian 20-30%? (saran: seminggu 2-3 kali)
2. bagaimana kualitas penggantian air? harus menggunakan air yang "tua" (pengertian air "tua" dapat dilihat di posting sebelumnya)
3. bagaimana kondisi akuarium? coba bersihkan seluruh bagian kaca dari lumut dan lendir
4. mata berkabut bisa juga krn alergi atau pemberian garam yang berlebihan

rekan-rekan lain bisa menambahkan atau mengkoreksi?

Luke

Thank you Saudara Luke atas replynya ....

Kalau kondisi air sich bersih tuh soalnya saya ganti air seminggu 3kali dan setiap kali ganti pasti digosok semua permukaan akuarium jadi bebas lendir dan kotoran. Dan saya menggunakan air PAM yg sudah diendapkan pula.

Apa benar mata bisa berkabut karena garam berlebihan?? Soalnya saya rutin bener kasih garam setiap ganti air untuk mencegah penyakit.....

Tetapi skg saya sedang test suntik chloramphenicol (obatnya) ke dalam ulat bambu untuk dikasih makan ke arwananya, jadi lebih efektif spt orang makan obat, dibanding ikan direndam dalam air obat. Mudah2an sembuh total :?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu