Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
PROSES AKLIMASI
01-26-2004, 01:34 PM
Posting: #1
PROSES AKLIMASI
Sekedar sharing dari forum tetangga. Moga ada manfaat.

Sering kali kita menganggap remeh atau salah mengerti mengenai proses aklimasi untuk aro yang baru di beli atau dipindahkan.

TUJUAN
Mengurangi resiko akibat perubahan lingkungan yang extrim, suhu, PH air, berat jenis air karena banyak sedikitnya kandungan garam terlarut.

RESIKO MENGABAIKAN PROSES AKLIMASI
- Aro kemasukan udara, gelembung renang pecah, aro kehilangan keseimbangan, jadi berenang nungging kepala dibawah ekor keatas, terbalik ngambang, kematian

AKLIMASI PROSEDURE
- Matikan lampu aquarium, gunakan lampu ruangan, matikan powerhead arus, bilas plastik bungkus aro, dan letakan plastik bungkus aro sejajar di permukaan air aquarium selama kurang lebih 30 menit, tujuannya untuk menyamakan suhu air di plastik dengan suhu air di aquarium. Lama tidaknya, tergantung seberapa extrimnya kemungkinan perbedaan suhu.

- Buka ikan plastik pembungkus aro perlahan-lahan dalam posisi sejajar permukaan air aquarium, biarkan air aquarium masuk kedalam kantong pembungkus secukupnya (5 gelas minum), dan ulangi lagi setiap 5 menit, sampai penuh. Tujuannya untuk mengurangi perubahan PH, suhu dan berat jenis air secara extrim.

- Setelah penuh, lepaskan aro dari kantong plastik secara perlahan ke aquarium

- Tambahkan garam secukupnya 1/2-1gram per litter air dan black water atau rendaman air daun ketapang. Tujuan membantu menenangkan aro dalam proses penyesuaian lingkungannya yang baru

- Pastikan tutup aquarium tertutup rapat dan nyalakan lampu aquarium, amati aro dan pastikan keadaan aro 1/2 - 1 jam.
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
01-26-2004, 08:23 PM
Posting: #2
Re: PROSES AKLIMASI
lambangutomo Tulis:- Tambahkan garam secukupnya 1/2-1gram per litter air dan black water atau rendaman air daun ketapang. Tujuan membantu menenangkan aro dalam proses penyesuaian lingkungannya yang baru
info yg sangat bermanfaat sekali boss lambangutomo......cuman saya agak bingung dengan penambahan garam diatas.....apa ndak terlalu banyak tuh......1/2-1 gram per liter air....kalo aqua 150 liter jadinya 75-150 gram garam yah :?: :roll: :roll: :roll:

0852-100 800 80
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
01-27-2004, 04:41 PM
Posting: #3
 
Memang kudu begitunkalo pengen punya aro bagus dan sehat, tengkyu pak lambangutomo ........ Tongue
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu