Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Tips Memilih Discus
03-16-2004, 01:44 PM
Posting: #1
Tips Memilih Discus
10 Tips Memilih Discus

Discus sebagai rajanya ikan air tawar menarik banyak akuaris maupun orang awam untuk memeliharanya. Selain bentuk, warna, dan coraknya yang menarik, harganya yang mahalpun menjadi salah satu daya tarik untuk memeliharanya. Namun memelihara terutama untuk memilih calon bibit yang baik tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Untuk mendapatkan diskus yang baik tentulah harus mendapatkan bibit yang baik. Oleh karena itu seorang hobies terutama pemula harus jeli dalam memilih ikan. Kesulitan terbesar yang dihadapi oleh pemula adalah kurangnya pengetahuan mengenai kualitas diskus yang baik. Banyaknya jenis diskus, terutama nama-nama yang berlainan untuk satu jenis diskus ikut membuat pemula ini semakin bingung.

Berikut tips untuk memilih diskus yang baik, diantaranya;

1. Warna kulit yang cerah, tidak berselaput ataupun mengeluarkan lendir yang berlebihan. Warna kulit yang mengkilap/ hitam menandakan kondisi diskus yang tidak sehat. Garis hitam vertical/ stress bar yang sangat menyolok/ tegas menandakan diskus dalam kondisi stress yang berat. Jumlah garis ini berbeda-beda menurut varian ikan. Biasanya berjumlah antara 7-18 bar.
Stress bar ini tidak menentukan sakit tidaknya seekor discus, tetapi sebagai parameter kondisi discus akibat kaget, atau kondisi lingkungan yang tidak cocok bagi discus. Banyak jenis discus yang menunjukkan stress-bar nya dengan jelas.


2. Sisik pada ikan yang bersih dan tidak terkelupas, tidak berbintik putih dan berlendir terlalu banyak. Sirip ikan haruslah terlihat bersih dan lengkap. Sirip yang sobek, rusak, berjamur menandakan ikan tidak sehat. Biasanya pada sirip ikan sering terserang fin rot. Sirip yang tidak cacat dan seimbang akan membuat bentuk diskus bulat dan indah dipandang.

3. Warna mata yang bening, tidak berselaput ataupun berbintik putih. Bola mata yang tidak terlalu mencolok keluar seperti ban radial. Mata demikian disebut pop eye yang disebabkan kondisi air yang jelek, dan ikan terjangkit intestinal bakteri. Ukuran mata yang terlalu besar pada ikan yang berukuran kecil menandakan ikan tersebut terhambat pertumbuhannya atau biasa disebut bantet/ kontet. Selain itu mata yang hitam dapat diakibatkan oleh penyakit internal dan terlalu lama terkena kontaminasi obat-obatan dalam jangka lama

4. Bentuk tubuh ikan discus yang ideal, tidak kurus yang nampak dari ketebalan dahi/ jidat diskus. Discus yang tidak cacat fisik, biasanya terlihat dari depan/ muka dimana sisi kiri dan kanan terlihat sama. Mulut ataupun bagian tubuh lainnya tidak ada yang lebih ke kiri/ ke kanan.

5. Cara bernafas yang berirama teratur, dimana kedua insang membuka dan menutup bersamaan, tanpa ada yang lebih besar membukaya ataupun bernafas hanya dengan satu insang. Biasanya ikan yang bernafas dengan satu insang terjangkit Gill Fluke Dactylogyrus atau kutu insang. Tutup insang rata menutupi insang, tidak pendek dan tidak menganga terbuka. Juga harus diperhatikan nafas yang snagat cepat, yang dapat disebabkan oleh kekurangan oksigen naum dalam jangka panjang akan merusak fungsi insang

6. Discus yang sehat umumnya tidak takut terhadap manusia yang melihatnya. Discus yang baik dan sehat biasanya akan segera mendekat dengan cepat, mengira akan diberi makan. Selain itu diskus yang sehat umumnya tidak menyendiri, tertapi berbaur dengan teman-temannya.

7. Umumnya diskus yang sehat, gaya berenangnya tenang, tidak tersendat-sendat. Discus yang suka menggesekkan bagian tubuhnya ke alat-alat atau benda sekitarnya, umumnya terserang parasit. Hal ini mungkin karena rasa gatal yang ditimbulkan akibat gigitan kutu ataupun jamur/ bakteri pada kulit maupun insang. Discus yang sehat umumnya berenang dengan tenang, dasi/pectoral fin - sirip depan bawah perut diturunkan sehingga terlihat gagah pada saat berenang.

8. Jangan mudah tertipu dengan warna. Warna merah membara pada mata dan warna yang menyolok, terutama pada discus kecil & remaja (antara 2-3 inci), bukan jaminan untuk mendapatkan discus yang baik. Pada saat ini ada sebagian kalangan yang menggunakan hormon untuk memaksakan keluarnya warna ikan, yang bertujuan untuk memudahkan penjualan dan meningkatkan daya tarik ikan. Warna ini tidak akan bertahan lama (kurang lebih 2 minggu - 1 bulan). Pemakaian hormon dapat mengakibatkan gagalnya pemijahan atau anakan yang dihasilkan sedikit dan biasanya tidak sehat.

9. Batik atau pattern ikan biasanya akan timbul mulai 2 inci ke atas dan bertahap. Berhati-hatilah jika membeli diskus yang sudah keluar batik sejak ukuran kecil, karena kemungkinan adanya pemberian hormon untuk mengeluarkan batik ini agar terlihat indah. Adalah wajar batik yang keluar hanya setengah atau kurang pada ukuran 2 inci, namun terkadang kualitas diskus yang rendah mengakibatkan batiknya tidak keluar secara sempurna hingga full satu badan.

10. Usahakan membeli ikan paling tidak ukuran 2 inci, karena pada ukuran inilah cirri-ciri ikan sehat dan baik dapat dilihat dibandingkan ukuran yang lebih kecil. Hindari untuk membeli burayak walaupun harganya murah, terutama jika anda seorang pemula. Jangan tergiur dengan keuntungan karena memelihara burayak tidak mudah.

Selain tips di atas, yang harus diterima oleh pemula adalah cacat fisik seperti mata besar sebelah, pertumbuhan fin tidak sempurna, dahi menonjol, bagian kepala meruncing dll. Kemudian yang terpenting adalah lakukan adaptasi secara perlahan sesudah tiba dirumah dan lakukan karantina pada setiap ikan yang dibeli.

Sumber : Joanes Tirtadinata - Bintaro Discus Jakarta
http://www.geocities.com/discus_joanes/Joanes.html



======
Salam
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
04-02-2004, 12:26 PM
Posting: #2
 
Maaf saya menambah keterangan dari boosss Oebay.
1. Mata menonjol wajar tidak melotot keluar & pilih mata yang paling kecil serta merah.

2. Body bulat tidak memanjang.

3. Pilih discus yang makannya rakus & bergerak lincah.

4. Kalau bisa tahu asal usulnya.

5. Pilih ukuran tubuh yang paling besar.

Yang paling penting belilah pada tempat yang dapat dipercaya, salam
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
04-05-2004, 11:04 AM
Posting: #3
 
ekomp Tulis:Yang paling penting belilah pada tempat yang dapat dipercaya, salam
hehehe....ini yg paling utama dan paling susah..... :lol:

0852-100 800 80
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-13-2007, 03:52 PM
Posting: #4
 
[Gambar: detail?.dir=63aare2&.dnm=9a5are2.jpg]

Kalo ini kurangnya apa ya ?
mata kegedean gak ? body ?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-20-2007, 03:14 AM
Posting: #5
 
Halo!
Itu discus jenis apa ya pak Heru? Alenquer? Red Turkis?

Keliatannya ikan masih muda ya? Mungkin umur 6-7 bulan?
Maaf neh... tapi keliatannya body agak panjang dan bentuk oval.
Mata masih oke tapi sudah mulai < 1/7 garis mata (mulai gangguan pertumbuhan)... Coraknya ga penuh ya?

Salam.

A Resident Physician who fell in love with the Arts of General Surgery and Fishkeeping.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-20-2007, 02:59 PM
Posting: #6
 
Red turkis kyknya.
yang jual sih cuman bilang turq aja.
iya masih muda.

haha...gpp banget kok.
justru pengen dikritik biar tau salahnya dimana 8)
maksudnya < 1/7 garis mata itu gimana ya ?
nafsu makan sih ok.
kalo corak bukannya baru penuh kalo dah dewasa ya ?

ini peliharaan daku yang ke 2 ( ada 4 ekor )
6 ekor yang pertama mati semua gara2 heater ngaco waktu treatment, disetel 32 eh suhunya 36....pas pulang tau-tau liat semuanya tewas :cry:
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-20-2007, 11:11 PM
Posting: #7
 
Pada badan ikan kan ada garis2 bar yang timbul jika ikan kaget atau stress. Garis vertikal pertama melintas pas di mata dan jika kita bandingkan dengan diameter mata sudah > dari 1/7 panjang garis tsb, mnrt buku asing sih ada hambatan pertumbuhan. Tapi selama saya piara Diskus ini pak hanya beberapa pemilik aja yang benar2 memiliki ikan dengan kualitas pertumbuhan baik. Selebihnya saya liat paling2 1/6 ato bahkan 1/5. hahaha...jadi rasanya kalo nafsu makan ok sih ga ada masalah. Smile Apalagi di Bandung....susah cari breeder bagus.

Betul sih pak...biasanya corak matang usia 1 th ke atas, tapi kadang sudah keliatan bakat akan penuh tidaknya corak pada usia 6-7 bulanan (juvenile). Kalo 3 bulan sudah penuh takut sudah didoping. Smile

A Resident Physician who fell in love with the Arts of General Surgery and Fishkeeping.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-04-2007, 01:16 AM
Posting: #8
 
Saya br memelihara diskus, klo boleh tau idealnya sehari brp kali ngasi mkn...trus bagus ngga klo keseringan ngasi makan pke cacing beku?? apa ada efeknya???...apa diskus bs dicampur dgn ikan2 kecil hias lainnya?
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-05-2007, 05:48 AM
Posting: #9
 
Sebenarnya tergantung usia dan kebiasaan makan ikan kita juga pak. Indukan bisa diberi makan 2x per hari dengan patokan 15 menitan makanan habis. Sedangkan anakan bisa sampai 5 kali.
Terlalu sering pakai cacing beku dikatakan buku bisa membuat sembelit tetapi saya sendiri belum pernah mengalami. Saya beri makan divariasi cacing beku dan tetra bits saja.

Bisa dicampur ikan hias lainnya tetapi jenis jinak dan kecil2....pada umumnya mereka cocok dengan jenis tetra spt neon atau kardinal dan jenis dwrf gouramy. Big Grin

A Resident Physician who fell in love with the Arts of General Surgery and Fishkeeping.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-24-2008, 07:44 PM
Posting: #10
 
bung, bagaiimana cara membedakan diskus2 yg pake hormon pewarrna?? Big Grin
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
10-26-2008, 10:22 PM
Posting: #11
Re: Tips Memilih Discus
ciri2 untuk bibit unggul apakah ada yg tau
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
11-03-2008, 01:12 PM
Posting: #12
Re: Tips Memilih Discus
pras17 Tulis:ciri2 untuk bibit unggul apakah ada yg tau
wah musti mbah Eko MP yg jawab
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
11-21-2008, 10:58 AM
Posting: #13
Re: Tips Memilih Discus
[b] :lol: Tolong dong contoh Photonya ikan discus yg bagus klo ada yg punya tampilkan di sini ,dan klo kita mau beli indukan yg bagus dimana tempatnya , buat reka2 atas partipasinya sy ucapkan trimakassih

Wasalam

karna[/b]

SaYa InGiN MinTa InFo DaRi ReKaN2 Yg LeBiH DuLu MeNgEnAl IkaN , HoBi IkAn HiAs LaUt DaN TaWaR , MeManG IkaN Hias CantiK2 MemPesOnA
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
12-03-2009, 12:25 PM
Posting: #14
Re: Tips Memilih Discus
ini dari pengalaman aku......di toko2 ikan jakarta gak ada discus yg bagus, cuma dapat discus2 reject and sisa2 ekspor. yg paling parah tukang jual main teriak harga.
biasanya jika mau dapat discus yg bagus kmu arus beli secara borong langsung dari farm...50 ekor gitu dan dari sini kmu milih yg terbagus dan di besarin.

ini contoh ikan2 yg bagus... remaja dan gak ada yg kurus apa mata gede.polos gak berpasir
[Gambar: 021220094403.jpg]


[Gambar: 021220094391.jpg]


[Gambar: 021220094405.jpg]


[Gambar: 021220094406.jpg]
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
12-03-2009, 01:28 PM
Posting: #15
Re: Tips Memilih Discus
wow keren :crazy :good:
kek ikan dr INTI AQUARIUM - Medan :mrgreen:
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu