Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
" PENUTUPAN SUB-FORUM JUAL/BELI "
03-26-2004, 10:14 PM
Posting: #31
 
dOels Tulis:Rekan- rekan sekalian yang mudah-mudahan selalu happy, dan tidak pernah ending dalam berdiskusi Big Grin
OK, setelah semua pada ketawa, kita bisa lanjut. :lol:
Saya memposting isue ini sebetulnya intinya sama dengan posting saya jauh-jauh hari sewaktu mengusulkan "iklanbaris no-reply". Pertimbangan saya sebetulnya bukan hanya di O-Fish, tapi mengamati beberapa dialog di forum lain tentang perdagangan dengan dialog yang bersifat publik.
Kata "TUTUP", memang terbukti cukup memancing. Tutup satu buka yang lain adalah tindakan yang lain pula.

Inti yang ingin saya diskusikan adalah :
" Apakah cukup bijak membuat suatu perdagangan dengan reply/ dialog publik".
Pertimbangannya :
Forum O-Fish ini disemangati untuk memberikan sumbangan pengetahuan kepada khalayak, khususnya masyarakat Indonesia (terutama yang bisa akses internet).
Perseteruan dengan dialog pada beberpa Sub-Forum menurut saya adalah biasa, dikarenakan berbagai macam sifat, dan latar belakang yang dibawa masing2 anggota.
Yang jadi perhatian saya adalah bila hal ini terjadi dalam Sub-Forum Perdagangan yang isuenya selalu baru/barang dagangan baru dan akan selalu muncul baru. Dimana
- barang jualan bisa dikomentari,
- terjadi "penggorengan" barang dagangan
- keluhan2 konsumen terhadap pedangang
- dll
Dinamika seperti ini adalah hal yang umum di pasar. Ekses-ekses negatif seperti ini dikhawatirkan menjalar ke Sub-Forum2 lainnya.
Kadang ada beberapa perbedaan jalur idealisme memajukan pengetahuan masyarakat dan dunia bisnis.

Perdagangan interaktif bisa dilakukan tanpa dialog publik. Japri/jalur pribadi via email, telepon, dll. Pedagang bisa (numpang)berjualan tanpa dialog publik semacam <!-- m --><a class="postlink" href="http://www.iklanbaris.co.id">http://www.iklanbaris.co.id</a><!-- m --> , dan situs-situs iklan sejenis.
Membangun keakraban, silaturahim, relationship bisa dilakukan di masing-masing Sub-Forum saya kira cukup memadai.

Hanya itu dulu, silakan bila ada koreksi dan pendapat berbeda dari rekan-rekan lainnya. Terimakasih.

Salam,
dOels

Coba tolong rekan-rekan semua, baca sekali lagi dan beri penilaian dengan memberikan argumen yang kira-kira bisa lebih baik, jangan tambahin lagi bumbu-bumbu (baca: pemicu) yg gak perlu...malah kaga ada jalan keluarnya nanti...

Bersikap dewasa sebentar aja...!!!

Don't Drink Water!!!
Fish Need That........
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-27-2004, 12:26 AM
Posting: #32
 
Saya sih engga setuju kalo ditutup, alasannya :

1. Terjadinya "kericuhan" (mungkin dipicu dr kasus sdr dvd ya ?).
Menurut saya, kericuhan yg terjadi di forum ju-bel saat ini masih dalam batas kewajaran. Buktinya, sangat jarang terjadi (seingat saya tidak ada) "gesekan" antar member aktif for-ju-bel. Maaf, saya katakan member aktif bukan dgn maksud membedakan peringkat member baru dan lama, semua sama, namun ada kasus dimana member yg baru saja masuk langsung melanggar aturan di forum jual beli (tidak daftar lelang tapi nge-bid, mengomentari ikan orang, dll). Dalam kasus ini, mungkin terjadi krn member baru tsb tidak tahu aturan di for-ju-bel dan biasanya langsung diperingatkan o/ moderator.
Sedangkan banyak pula new member yg masuk, dan mengikuti aturan di for-ju-bel. bisa di cek di daftar peserta lelang, banyak sekali member baru yg ikut aturan.
Walaupun, ada 1 - 2 orang yg setelah diperingatkan o/ moderator maupun member lain, ternyata tetap saja cuek (contoh : dvd), yah terpulang pd pribadi orangnya masing masing, paling 2x ip-nya di banned ama moderator. Dalam hal ini pun, saya merasa itu juga merupakan sumbangan pengetahuan kepada khalayak, bahwa kalau masuk suatu "rumah" maka harus mentaati peraturan di "rumah" tsb. :wink:

2. Biasanya akan memerlukan banyak pertanyaan, misal : size, minta foto lagi, dll. Walaupun bisa melalui japri, tapi bagaimana kalau beberapa orang menanyakan hal yg hampir sama ? repot penjualnya toh ?

3. Berarti tidak ada sistem lelang lagi.

Mungkin baru itu yg saya bisa tanggapi om Doels, semoga sudah cukup dewasa tanggapannya :lol: :lol: :lol:

"mohon maaf lahir batin"
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-27-2004, 12:57 AM
Posting: #33
 
Bung Doels,
Forum jual/beli saya lihat masih berlangsung baik, apabila nantinya hanya iklan baris no-reply, apa bedanya sama iklanbaris.co.id ?

Justru di sini, penjual dan pembeli bisa ber inter-aksi dengan dibaca dan dikomtari oleh member2 lainnya yang malah akan menambah wawasan penjual/pembeli sendiri, pembeli ikan amatir tidak akan salah beli..

Itu kalau komentarnya fair, yang ditakutkan adalah "penggorengan" barang dagangan, barang jelek dikomentari bagus, barang mahal dikomentari murah, dll..
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-27-2004, 02:07 AM
Posting: #34
 
OK,lanjut ...
GreenoX Tulis:Saya sih engga setuju kalo ditutup, alasannya :

1. Terjadinya "kericuhan" (mungkin dipicu dr kasus sdr dvd ya ?).
Bukan.
Kutip:Menurut saya, kericuhan yg terjadi di forum ju-bel saat ini masih dalam batas kewajaran. Buktinya, sangat jarang terjadi (seingat saya tidak ada) "gesekan" antar member aktif for-ju-bel. Maaf, saya katakan member aktif bukan dgn maksud membedakan peringkat member baru dan lama, semua sama, namun ada kasus dimana member yg baru saja masuk langsung melanggar aturan di forum jual beli (tidak daftar lelang tapi nge-bid, mengomentari ikan orang, dll). Dalam kasus ini, mungkin terjadi krn member baru tsb tidak tahu aturan di for-ju-bel dan biasanya langsung diperingatkan o/ moderator.
Saya malah mengusulkan kalau bisa di TUTUP sebelum adanya "kericuhan yang wajar", saya mengamati dari pengalaman di forum lain, mungkin di forum ini belum terjadi. Bukan hal mustahil bisa terjadi sebuah kasus masuk PENGADILAN. Walau bisa terjadi dalam mode manapun, tapi setidaknya meminimalkan hal tersebut.
Kutip:Sedangkan banyak pula new member yg masuk, dan mengikuti aturan di for-ju-bel. bisa di cek di daftar peserta lelang, banyak sekali member baru yg ikut aturan.
Saya malah mengusulkan hal baru tapi lama : DILARANG LELANG DI FORUM JUAL-BELI, Lelang sudah difasilitasi oleh Forum ini, bahkan terkesan lebih "mewah".
Kutip:Walaupun, ada 1 - 2 orang yg setelah diperingatkan o/ moderator maupun member lain, ternyata tetap saja cuek (contoh : dvd), yah terpulang pd pribadi orangnya masing masing, paling 2x ip-nya di banned ama moderator. Dalam hal ini pun, saya merasa itu juga merupakan sumbangan pengetahuan kepada khalayak, bahwa kalau masuk suatu "rumah" maka harus mentaati peraturan di "rumah" tsb. :wink:
ini salah satu ekses.

Kutip:2. Biasanya akan memerlukan banyak pertanyaan, misal : size, minta foto lagi, dll. Walaupun bisa melalui japri, tapi bagaimana kalau beberapa orang menanyakan hal yg hampir sama ? repot penjualnya toh ?
Saya pernah juga berjualan, ada tekniknya, dan repot itu bagian dari pekerjaan menjual. Bila informasinya lengkap tentu pertanyaan akan lebih sedikit, misalnya iklan itu sudah dilengkapi data2 akurat: foto, dll. Nah PDG pedagang di sini mungkin bisa sharing teknik berjualan yang efektif yg tidak direpoti dengan banyak pertanyaan2.[/quote]
Kutip:3. Berarti tidak ada sistem lelang lagi.
sudah terjawab diatas : sudah ada fasilitas Lelang Online.
Kutip:Mungkin baru itu yg saya bisa tanggapi om Doels, semoga sudah cukup dewasa tanggapannya :lol: :lol: :lol:
Silakan koreksi juga postingan saya Om GreenoX :wink: atau rekan lain bisa memberikan penjelasan yang lebih mudah dicerna.
---------------------------------------------------------------
Isue terkini :
- TUTUP Sub Forum Jual/Beli dengan reply
- Dilarang LELANG di Sub-Forum Jual/Beli
- Buat Fasilitas baru Sebagai Sentra Bisnis O-Fish
---------------------------------------------------------------

Viva O-Fish,
Salam,
dOels

Klik dOels Gallery-1 , Gallery-2 . 021-929-789-61 , 0813-15-8818-12
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-27-2004, 02:25 AM
Posting: #35
 
januark Tulis:Bung Doels,
Forum jual/beli saya lihat masih berlangsung baik, apabila nantinya hanya iklan baris no-reply, apa bedanya sama iklanbaris.co.id ?
Ya, mudah-mudahan selalu demikian. Saya hanya memperkirakan saja berdasarkan kemungkinan2annya dan berdasarkan pengalaman di forum lain, waktu itu malah mungkin O-Fish belum berdiri. Apakah ada bedanya dengan iklanbaris.co.id? bisa beda bisa sama, tentu tidak sama persis. Tapi untuk jangka pendek bukan itu yang dimaksud.
Kutip:Justru di sini, penjual dan pembeli bisa ber inter-aksi dengan dibaca dan dikomtari oleh member2 lainnya yang malah akan menambah wawasan penjual/pembeli sendiri, pembeli ikan amatir tidak akan salah beli..
Silakan penjual dan pembeli berinteraksi,inilah medianya (pengumuman/iklan), kemudian dilanjut via email,telpon atau pm. Anda bisa bayangkan hal tersebut bila di dunia real ? Wawasan konsumen (dalam hal ini kebanyakan hobiis, mungkin juga pedagang, terutama yang baru jualan) bisa didiskusikan dalam Sub-Forum2 terkait. Sebagai contoh : bagaimana mengidentifikasikan ikan yang baik, Survey pasar, membedakan jenis ikan satu dengan yang lain. Hal ini bisa dibahas tuntas di Sub-Forum terkait, apalagi dengan rasa solidaritas tinggi sebagai konsumen. Dengan motto " Pembeli harus lebih pintar daripada Pedangang (PDG), hehehe :lol: .
Kutip:Itu kalau komentarnya fair, yang ditakutkan adalah "penggorengan" barang dagangan, barang jelek dikomentari bagus, barang mahal dikomentari murah, dll..
Tindakan nyata sudah sepantasnya dilakukan di Forum bergengsi ini. Etika/moral harus dikawal oleh sebuah aturan yang dilaksanakan (pemaksa).

Wallahualam,
Salam,
doels

Klik dOels Gallery-1 , Gallery-2 . 021-929-789-61 , 0813-15-8818-12
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-27-2004, 03:10 AM
Posting: #36
 
saya rasa sistem jual beli dengan aturan-aturan yang ada sudah berjalan dengan baik tinggal bagaimana kita mengikutinya, ah klise sekali. memang kita tidak bisa menutup mata atas terjadinya beberapa kasus yang timbul tetapi hal ini tidak bisa disimpulkan bahwa sistem tidak berjalan dengan baik kalau dilihat dari tingkat keberhasilan jual beli yang terjadi selama ini.

mengenai interaksi yang terjadi di forum jual beli sy rasa bisa dikategorikan sebagai keterangan tambahan. dengan adanya jawaban dari pertanyaan calon pembeli yang satu dapat menjadi jawaban juga bagi pertanyaan di benak calon pembeli yang lain yang akan menanyakan hal yg sama.

memang harusnya pelelangan ikan masuk ke forum auction saja karena memang disitulah tempatnya.
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
03-29-2004, 07:33 AM
Posting: #37
 
Menurut saya sich forum jual/beli ini jangan ditutup,karena melalui forum ini org yg awam akan ikan jadi lebih tau ttg mana ikan yg bagus dan tidak,mana yg kemahalan atau tidak..lagian utk mengenai harganya cukup fair...coba bandingkan dgn pedagang di kios2 ikan yg hanya B..O..O..M..B..A..S..T..I..S ..yg seringkali menipu pembeli dengan kata2 yang "hiperbola"...saya ada pengalaman waktu belajar membeli dan memelihara ikan diskuss,ternyata ikan yg saya beli tsb itu ama pedagangnya dikasih hormon perangsang warna so kalau spt itu siapa yg akan menanggung/memberi garansi ..coba waktu itu saya membeli dari member o-fish tentu hal tsb tidak akan terjadi(karena saya bisa meminta pertanggung jawaban dari penjualnya dan kalau memang dia berbuat curang tentu rekan2 yg lainnya bisa menegur).pokoknya banyak dech masukan2 positif yg bisa kita petik dari forum ini Mis: Harga,Kwalitas,ukuran karena akan dilihat oleh semua member dan semua member bisa
memberi saran (bagus/jelek,mahal/murah).

Note : Mohon maaf kepada para member yg membuka usaha kios ikan,bukan maksud saya utk menyindir anda.



dari yg pernah kecewa ama pedagang ikan

irlan,
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu