Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
Harlequin Rasbora Pucat
02-17-2010, 12:40 AM
Posting: #1
Harlequin Rasbora Pucat
Halo,

Air di akua karantina saya sudah di silent cycling selama 3 minggu lamanya (dgn menambah sera nitrivec atau bakteri pungurai) setelah itu di tempati oleh 13 cardinal dan 5 otocinclus (pindahan sementara dari main tank karena main tank lagi di rescape) selama 1 bulan dan tidak ada seekor pun ikan yg mati selama 1 bulan tsb. Setelah main tank saya siap, saya pindahin ke 13 cardinal dan 5 otocinclus tsb dari akua karantina ke main tank. Keesokan harinya saya beli 10 ekor harlequin rasbora dari toko A dan taruh ke akua karantina saya yg sebelumnya di tempati oleh 13 cardinal dan 5 oto, dalam waktu 1 minggu 6 ekor rasbora tsb mati (2 ekor loncat keluar dari akua). Saya sempat mengecek NH4, NO2 masing2 0mg/l sedangkan NO3 berkisar antara 0-5mg/l dan juga kondisi ikan2 di toko A ini rata2 pucat warnanya meski tetap giat makan dan kelihatan aktif di air, tidak menunjukan gejala sakit.

Di minggu ke 2, saya beli lagi 10 ekor harlequin rasbora dari toko B (ikan2 di toko B warnaya lebih terang)dan disatukan dgn sisa 4 ekor yg dari toko A, 2 hari kemudian ada 1 ekor yg mati lg dan kira2 3 hari kemudian ada 1 ekor yg loncat keluar lg. Setelah kira 3 minggu saya pelihara yg sisa 12 ekor ikan ini, saya memperhatikan sisa ikan2 dari toko A (yg lebih pucat) tetap belum menunjukkan adanya perubahan warna yg lebih bagus, kenapa ya? Nafsu makan tetap sama dgn ikan2 di toko B dan tetap aktif kelihatannya. Apakah yg lebih pucat warnanya itu adalah yg betina?

Untuk informasi, saya memberikan pakan ikan berupa pellet yg terdiri dari nabati, hewani dan vitamin(Hikari Micro Pellet dan Micro Wafers) disertai dgn cacing darah yg di bekukan (JBL NovoFil). Terima Kasih.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-17-2010, 01:13 PM
Posting: #2
Re: Harlequin Rasbora Pucat
Emg rasbora yg mati(bkn loncat) matinya gmn? Ngambang gt aja?

Bnr ni ga da tanda2 sakit yg umum spt velvet, white spot, fin rot, ulcer,columnaris,fluke,dll?

Uk aquanya brp, apa mungkin terlalu sempit?

Suhu aquanya brp? Apa mungkin kaget dgn suhu aqua dr toko A ato B?

Bgmn nasib rasbora yg ada di toko A ato B skrg? Apa bnyk jg yg mati? Walau sdkt muluk2 tp mungkin jg diserang bakteri ato virus yg kt ga familiar, mungkin kebetulan asal rasbora HQ dr 2toko itu sama dan terjangkit penyakit yg tdk terlihat..

Halusinasi:
Kucingku = Bratwurst
Rainbowku = Ikan asin
Dadnoidku = Salami
Polypterusku = Spaghetti
Kura2ku = Telur Mata sapi
Kayaknya lezat yah..
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-17-2010, 01:51 PM
Posting: #3
Re: Harlequin Rasbora Pucat
Menurut saya pribadi selama ikannya mau makan dan hanya warna dibadan ikan yang belum keluar secara sempurna tidak masalah. Menurut perkiraan saya ikan yang berwarna pucat adalah ikan yg "baru", maksud baru disini adalah ikan yang berasal dr tmpt penampungan atau farm baru dibawa ke tempat penjualnya sehingga membutuh waktu untk adaptasi. Nah masalahnya kemampuan adaptasi ikan berbeda karena itu biasanya tetap ada yang mati. Sebaiknya sebelum membeli bertanya dulu ke penjualnya ikan yang akan dibeli sudah berapa lama ditampung di tokonya karena terlihat ikan yang sudah cukup stabil maka warna badannya juga baik. Saya biasanya akan mengambil ikan tersebut bila setidaknya udah 1 minggu menurut pedagangnya atau warna ikan dan pola berenangnya baik.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-17-2010, 08:33 PM
Posting: #4
Re: Harlequin Rasbora Pucat
Stardust Tulis:Emg rasbora yg mati(bkn loncat) matinya gmn? Ngambang gt aja?
Betul

Stardust Tulis:Bnr ni ga da tanda2 sakit yg umum spt velvet, white spot, fin rot, ulcer,columnaris,fluke,dll?
Setau saya sih tidak ada, semua sehat, nafsu makan besar, di badan yg bisa saya liat sih tidak ada tanda2 sakit, tau2 besok ngambang seekor gitu aja

Stardust Tulis:Uk aquanya brp, apa mungkin terlalu sempit?
Akua karantina saya berukuran 22x15x25 kayaknya, kira2 seukuran itulah, masih belum di pindahin ke main akua sih

Stardust Tulis:Suhu aquanya brp? Apa mungkin kaget dgn suhu aqua dr toko A ato B?
28-29C karena tidak memakai fan, cuma buat karantina aja. Sebelum saya buka plastik dari beli, udah saya ngambangin diatas akua untuk sesuai suhu dalam plastik dgn akua selama 30 menit.

Stardust Tulis:Bgmn nasib rasbora yg ada di toko A ato B skrg? Apa bnyk jg yg mati? Walau sdkt muluk2 tp mungkin jg diserang bakteri ato virus yg kt ga familiar, mungkin kebetulan asal rasbora HQ dr 2toko itu sama dan terjangkit penyakit yg tdk terlihat..
Nah, kalo rasbora yg dari toko A terakhir kan cuma sisa 4 ekor dari 10 pas beli, kalo yg dari toko B terakhir beli ada 10, sesudah itu ada loncat 1 ekor dan 1 ekor mati biasa (cuma gak tau lg kalo yg loncat atau mati itu dari toko A atau B). Jadi sekarang sisa 12 ekor udah kira2 seminggu belum ada yg mati lg. Cuma ada beberapa ekor yg saya rasa sisa dari toko A yg warnanya masih pucat, sedangkan yg dari toko B rata2 warnanya lebih cerah. Sewaktu saya memberi makan, ke-12 ikan tsb berebut dgn semangatnya, gaya berenang atau aktivitas semuanya normal layaknya ikan sehat lainnya, tidak pendiam atau menyendiri, semuanya berenang sana sini. Sewaktu memberi makan, tangan saya baru diatas akua aja, semua udah pada ngumpul dibawah, tidak seperti cardinal saya yg gak kuat makan dan kurang agresif makan. Makanya jadi bingung. Kalo untuk cardinal yg saya beli dulu, rata2 1 mingguan lebih aja, warnanya dah keluar semua, setelah di beri pakan ikan favorit saya, Hikari. Tidak seperti warna pertama kali pas masih di toko ikan, rata2 kurang 'ngejreng'. Terima kasih.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-17-2010, 08:41 PM
Posting: #5
Re: Harlequin Rasbora Pucat
ikan_lucu Tulis:Menurut saya pribadi selama ikannya mau makan dan hanya warna dibadan ikan yang belum keluar secara sempurna tidak masalah. Menurut perkiraan saya ikan yang berwarna pucat adalah ikan yg "baru", maksud baru disini adalah ikan yang berasal dr tmpt penampungan atau farm baru dibawa ke tempat penjualnya sehingga membutuh waktu untk adaptasi. Nah masalahnya kemampuan adaptasi ikan berbeda karena itu biasanya tetap ada yang mati. Sebaiknya sebelum membeli bertanya dulu ke penjualnya ikan yang akan dibeli sudah berapa lama ditampung di tokonya karena terlihat ikan yang sudah cukup stabil maka warna badannya juga baik. Saya biasanya akan mengambil ikan tersebut bila setidaknya udah 1 minggu menurut pedagangnya atau warna ikan dan pola berenangnya baik.

Semoga pendapat anda bener deh, ikan_lucu. Terima kasih.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-18-2010, 10:35 AM
Posting: #6
Re: Harlequin Rasbora Pucat
Steven Tulis:
Stardust Tulis:Bgmn nasib rasbora yg ada di toko A ato B skrg? Apa bnyk jg yg mati? Walau sdkt muluk2 tp mungkin jg diserang bakteri ato virus yg kt ga familiar, mungkin kebetulan asal rasbora HQ dr 2toko itu sama dan terjangkit penyakit yg tdk terlihat..
Nah, kalo rasbora yg dari toko A terakhir kan cuma sisa 4 ekor dari 10 pas beli, kalo yg dari toko B terakhir beli ada 10, sesudah itu ada loncat 1 ekor dan 1 ekor mati biasa (cuma gak tau lg kalo yg loncat atau mati itu dari toko A atau B). Jadi sekarang sisa 12 ekor udah kira2 seminggu belum ada yg mati lg. Cuma ada beberapa ekor yg saya rasa sisa dari toko A yg warnanya masih pucat, sedangkan yg dari toko B rata2 warnanya lebih cerah. Sewaktu saya memberi makan, ke-12 ikan tsb berebut dgn semangatnya, gaya berenang atau aktivitas semuanya normal layaknya ikan sehat lainnya, tidak pendiam atau menyendiri, semuanya berenang sana sini. Sewaktu memberi makan, tangan saya baru diatas akua aja, semua udah pada ngumpul dibawah, tidak seperti cardinal saya yg gak kuat makan dan kurang agresif makan. Makanya jadi bingung. Kalo untuk cardinal yg saya beli dulu, rata2 1 mingguan lebih aja, warnanya dah keluar semua, setelah di beri pakan ikan favorit saya, Hikari. Tidak seperti warna pertama kali pas masih di toko ikan, rata2 kurang 'ngejreng'. Terima kasih.

maksud g ikan rasbora yg skrg ada di toko(bkn di aqua lo) gmn? Apa jg tumbang2? Ini cm membuktikan bgmn kondisi awal rasbora wkt lo bli di toko
. Jg membuktikan apa yg telah diungkapkan ikan_lucu di atas terjadi ato ga..

Kl untuk yg loncat kynya wajar, aqua kcl soalnya..

Halusinasi:
Kucingku = Bratwurst
Rainbowku = Ikan asin
Dadnoidku = Salami
Polypterusku = Spaghetti
Kura2ku = Telur Mata sapi
Kayaknya lezat yah..
Kunjungi website pengguna ini Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
02-18-2010, 02:33 PM
Posting: #7
Re: Harlequin Rasbora Pucat
Kalo kondisi di toko mah gak tau. Soalnya dah gak ke sumenep lagi. Kalo waktu beli ikan yg di toko B, masih ada mampir ke toko A dan Rasbora nya yg tadinya ada 3 akuarium, cuma tinggal 2 akuarium, tapi gak tau pasti apakah di satukan dari 3 akua ke 2 akua atau memang banyak yg tumbang.
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu