Posting Balasan 
 
Rating Thread:
  • 0 Memberi Suara - 0 Rata-rata
  • 1
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
pakan untuk anak ikan
07-21-2004, 04:02 PM
Posting: #1
pakan untuk anak ikan
halllo semua,

apakah ada yang tau makanan anak ikan ynag bagus. jenis ikan saya guppy.

saya dengar orang memberi pakan burayak guppy dengan pakan untuk anak udang (kata org pake bgt). apakah nama nya ? apakah itu tepung ikan. kalau diberi tepung ikan gimana?

mohon sarannya karena untuk makanan alami sulit didapat.

terima kasih
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-22-2004, 08:09 AM
Posting: #2
 
Hallo bung Wei_Smooth

Untuk Burayak Guppy berusia 1 s/d 3 hari tidak perlu diberi makan,
setelah burayak berusia 4 s/d 10 hari diberi artemia untuk makanannya,
setelah burayak berusia seminggu s/d tiga minggu diberi kutu air untuk
makanannya, lalu setelah burayak berusia sebulan dan sudah bisa mampu
memakan cacing sutera maka berikanlah cacing sutera tersebut.

Cacing sutera diberikan hingga ukuran guppy maksimal, setelah itu
apabila guppy yang akan dijadikan indukan jangan diberikan cacing sutera lagi karena akan menghambat saat guppy akan beranak, maka
sebaiknya diberikan kutu air saja atau jentik nyamuk agar guppy dapat
beranak sebanyak mungkin.

penjelasan saya diatas itu yang menurut saya idealnya, mungkin bung Wei punya alternatif lain.

Salam

Annanda
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-22-2004, 04:51 PM
Posting: #3
 
hallo wei_smoth, salam kenal ya

saya jg dulu pernah memelihara guppy dan beranak terus menerus. perawatan dan makanan gupi tdk rewel kok. yg dimaksud anak udang itu mungkin artemia kali(udang renik) biasanya digunakan u/ peternakan udang windu sebagai makanan bibit udang/hetcry udang windu. tapi perlu diingat artemia itu masi diimport dan harganya selangit setahu saya dulu 1/2 kg kalo ngak sala 600.000 :shock: :shock: :shock: . tapi tdk bisa lagsung digunakan tetapi ditetas kan dahulu melalui proses yg menggunakan air asin/laut.

yang dikatakan bung anaanda jg benar, biasanya baby fish dalm beberapa saat tdk makan puasa sebab mereka masih membawa cadangan makanan kuning telur (yolk) di perutnya. :multi: ya kira2 2-3 hari mereka mulai mencari makan.

kalo biasanya dulu saya kasi makan ADP#1# produk tersebut khusus diberikan u/ baby fish karena bentuknya tepung dan mengapung di atas air, bau nya amis biasanya anak2 ikan menyukainya saya rasa ADP jg terbuat dr tepung ikan aatau tepung udang juga. tetapi bisanya kalo makanan tersebut tdk habis dan air di aquarium tdk ada ikannnya yg memakan, saya perhatikan di dalam air tersebut banyak hewan2 kecilnya bentuknya spt kutu air jalannya tersentak2 warnanya ada yg putih maupun coklat kemerahan. saya rasa itu mungkiun yg disebut kutu air. ADP ini jg membantu ikan cepat besar.

oh ya u/ makanan ikan gapi the live foot is the best, u/ anak gapi kasi aja kutu air wah pasti makannya royokan/berebut.nah setelah ugak besaran sekitar 10 hari bisa diberi cacing sutera. setelah besaran sedikit dan mampu makan jentik nyamuk/cuk lebih baik diberi jentik nyamuk dibanding cacing sutra.

boleh dibandingkan deh kalo di beri makan cacing s. dg cuk pasti yg lebih dulu habis cuk, mungkin itu makanan favorit mereka di alam spt nenek moyang nya (ikan gatol atau cere) dan jika di perhatikan dan diteliti tentang gerak atau mobilitas ikan , ikan yg diberi makan cuk lebih gesit/lincah dan bersemangat lo dibanding yg diberi cacing saya amati dulu waktu saya beri cs selama 1 mingu tiap hari saya kasi 1 sendok makan u/ 200 ikan gapi tapi lama habisnya dan masih sisa sampai siang hari. sedangkan kalo diberi cuk 1 serokan kecil u/ ikan cupang kira2 2 sendok makan cuk dalam waktu singkat cuk dikejar2 dan dilalap dgn rakusnya sekejab cuk abis dan ikan perutny keliatan buncit/njemblung kekenyangan.

tapi perlu diinget ya kalo makanan hidup perlu di sucihamakan dulu krn kemungkinan ada bibit parasitnya. kecuali kalo makanan hidup tsb dr kultur jaringan.

oh ya mungkin kalo kesulitan cari kutu air, bisa dilakukan kultur jaringan u/ sementara keadaan darurat. dengan cara:
merebus daun kubis yg pingr2nya (bag yg tipis) sampai rada2 lembek kalo isa sampai ancur spt bubur. lalu dinginkan rebusan tersebut sampai dingin lalu diberikan air kolam atau air biasa yg bersih setelah itu kita cari bibit infusoria. dimana mencarinya gampang kok diselokan atau di empang atau di tambak kita ambil airnya ya cukup 1 gelas aqua plastik. setelah itu kita campukan ke dalam air rebusan tersebut. tungu 1-2 hari biasanya dlam 2 hr sudah terlihat ada lapisan kabut putih diatas air rebusan tersebut itu menandakan infusoria tersebut sudah berkembang banyak. kalo diliat dg microskop dalam 1 tetes air yg diambil di permukaan air rebusan yg diendapkan selama 3 hari ada mahluk kecil2 yg bergerak2 berenang cukup banyak. ya itu cukuplah sebagai havermot si anak gapi.

selamat mencoba ya
salam yoppy

mungkin ada masukan dari senior lainnya maklum saya berdasarkan pengalaman memelihara ikan kecil2 saja

[img]http://i982.photobucket.com/albums/ae305/MOSHI_MOSHI_album/HPIM3235.jpg[/img]

I'LL BE BACK
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-26-2004, 01:00 PM
Posting: #4
 
hallo pak moshi2.

saya mempunyai kendala untuk kultur karena keterbatasan tempat.
saya skrg ini sedang mencoba pakai tepung ikan. karena pertumbuhan ikan lambat kalau saya pake pelet.

adt#1 itu apa yaaa pak. nama merek atau apa ?
terbuat dari apa yaaa pak?

terima kasih
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
07-28-2004, 12:57 PM
Posting: #5
 
halo jg pak wei_smooth salam kenal saya masi bujang jgn dipangil pak hehehe :lol:

yang saya maksud itu ADP no 1 untuk makanan burayak ikan yg usianya dibawah 7 hr. bukan ADT yg W_S sebut.

memang kalo pakai pelet u/ jenis ikan anakan terutama golongan moli cenderung tidak optimal atau pertumbuhannya kurang pesat, makanan hidup spt cacing sutra atau kutu air maupun cuk lebih merangsang napsu makan ikan.

ADP itu nama sebuah produk(merek) produksi dr TIRZANT kalo ngak sala ada gambar burung bangau lagi terbang.baunya sih amis dikemasannya tercantum terbuat dr meat bone meal fish&shrimp meet, dll saya lupa yang pasti kalo u/ anak ikan dibawah 1 mingu pake yg no 1 berbentuk bubuk/tepung yang akan mengambang bila di taburkan di air . ADP sendiri ada 3 macam size sesuai ukuran mulut ikan.

kalo saya rasa mengunakan tepung ikan saya belum coba. tatapi tepung ikan itu apa yg berasal dr pabrik (pengolahan ikan yg sisa atau melalui proses pengolahan)? kalo dr sisa ampas pengolahan ikan yg berasal dr frozen food rasanya tdk cocok. krena terlalu amis, kemungkinan berminyak sangat tingi dan sering ganti air, sehingga cepat sekali menurunkan qualitas air u/ ikan. sedangkan kalo dg tepung ikan yg sudah diolah/diproses saya belum tahu mungkin keberadaannya! :lol: :lol: :lol: dan belom mencoba. tapi live food is the best la u/ ikan

demikian kabar dan salam dari saya . mungkin ada tambahan dr para senior yg lebih pengalaman thanks

[img]http://i982.photobucket.com/albums/ae305/MOSHI_MOSHI_album/HPIM3235.jpg[/img]

I'LL BE BACK
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
10-30-2004, 03:04 PM
Posting: #6
 
Para boss yth,
Sekedar sharing saja, ADP adalah produk makanan ikan kecil buatan White Crane Aqua_tech Co. ltd (Thailand). Kelebihan produk ini setelah saya bandingkan dengan yang lain, adalah adanya tambahan PSB dan Spirulina dalam consentrasi tinggi, serta kadungan vitamin C nya juga tinggi. Tapi yang paling penting produk ini memang di peruntukan bagi ikan kecil yg ususnya relatif pendek/ proses pencernaan tuntas dalam waktu antara 15 s/d 30 menit. Jadi granul / pelet nya relatif empuk, agar tuntas di cerna dan di serap dalam waktu yg relatif singkat tsb.
Itu alasan mengapa selama beberapa tahun ini saya selalu memakai produk ini untuk guppy mulai kecil sampai dewasa, karena grade peletnya ada dari nomor 1 sampai dengan nomor 4.
Karena mudah diserap maka bagus sekali sebagai selingan sebelum makan " live food is the best nya Moshi-Moshi", sehingga Force Feeding dapat dilakukan dengan lebih sempurna.
Mungkin ada rekan lain yang pernah menggunakan produk lain , mari kita sharing pengalaman.
Terimakasih dan salam hormat
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
12-02-2008, 08:39 PM
Posting: #7
Re: pakan untuk anak ikan
bisa juga pake kuning telur,dimasukkan kedalam kulkas(ga perlu frezer). Setelah sehari kuning telur akan membeku lalu ambil pake sendok berupa batangan. Pengalaman gue kalo pake kuning telur ga beku,air biasanya akan kotor dan sangat ga baik buat larva atw burayak ikan. Protein yg terkandung dalam kuning telur sangat tinggi jadi baby fish akan cepet gede Big Grin
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-10-2009, 12:50 PM
Posting: #8
Re: pakan untuk anak ikan
wah nice info nih....soalnya ikan sumatera gue baru beranak....makanan adanya pellet doang....kayaknya sih kegedean.

rencana sih mau nyari ADP #1....biar cepet gede ikan gue....Smile
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
09-01-2010, 09:37 AM
Posting: #9
Re: pakan untuk anak ikan
wah, nih topix dah lama banget... btw, anakan guppy g g kasih makan langsung cacing sutra... di makan tuh.. dalam 2 hari dah 1 cm gedenya...
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
01-22-2013, 01:18 PM
Posting: #10
RE: pakan untuk anak ikan
Bagi agan-agan yg membutuhkan artemia sbg pakan larva ikan sy jual. silahkan contact ke no hp sy 0812 2841 280. thx
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
01-22-2013, 06:03 PM
Posting: #11
RE: pakan untuk anak ikan
berapa lama kl artemia hidup jika disimpan....
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
01-23-2013, 02:30 PM
Posting: #12
RE: pakan untuk anak ikan
Artemia bisa dibesarkan tapi harus diberi pakan seperti spirulina atau yang lain yang ukurannya kecil. untuk mecapai artemia dewasa dibutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu
Temukan semua posting dari pengguna ini
Kutip pesan ini pada balasan
Posting Balasan 


Menuju Forum:


Pengguna yang membaca thread ini: 1 Tamu