Ornamental Fish Information Service Highlights Forum
budidaya cacing lur laut - Versi Cetak

+- Ornamental Fish Information Service Highlights Forum (http://forum.o-fish.com)
+-- Forum: Kesehatan Ikan (Fish Health) (/forumdisplay.php?fid=10)
+--- Forum: Pakan Ikan (Fish Food and Nutrition) (/forumdisplay.php?fid=48)
+--- Thread: budidaya cacing lur laut (/showthread.php?tid=19000)



budidaya cacing lur laut - Guest - 12-10-2002 12:01 PM

Hello Bung Admin,

Saya senang seklai dg website ini karena banyak info yg saya dapatkan dan sangat bermanfaat moga selalu jaya...dan banyak penggemarnya ya..(He..he..he emang bintang sinetron ya...) Saya tertarik dg cacing lur laut atau cacing kilang kilung di suatu pameran saya pernah beli cacing ini..menurut penjualnya cacing ini terbaik dibandingkan cacing tanah,cacaing sutra maupun cacing darah.Bisa bikin jenong dan rangsang warna..benarkah demikian...?dan bagaimana tehnik budidayanya..Terima kasih untuk jawabannya...Kalau menurut Prof.Kabinawa cacing tanah yg baik buat louhan adalah cacing kalung..mana yg bener nich...????Tolong ya and thanks


Re: budidaya cacing lur laut - webmaster - 12-10-2002 04:18 PM

Thank's bung Bengsiang.
Mengenai cacing lur laut, bisa anda tunjukkan gambarnya??. Saya suka tidak yakin dengan nama-nama mereka Big Grin . Kalau dengan gambar akan lebih mudah mengenalinya.
Kebutuhan gizi ikan bervariasi, dan itu tidak bisa dipenuhi dari hanya satu jenis pakan saja. Oleh karena itu diet yang baik adalah yang sesuai dengan kebutuhan ikan tersebut.

Salam


thanks Pak Admin - Guest - 12-11-2002 07:59 AM

Saya akan usahakan untuk mendapatkan foto dari cacing tersebut,sbg gambaran cacing tersebut berwarna merah dan seperti berkaki mirip kelabang,jika di berikan di akuarium bisa berenang sehingga menarik ikan untuk memakannya.Di daerah cilacap cacing ini bahkan sangat terkenal dikalangan pemancing karena sangat disukai ikan dan akan sangat cepat dimakan oleh ikan dibandingkan umpan yg lain. Ciri phisik yg sangat nyata perbedaannya dengan cacing tanah adalah adanya organ yg mirip kaki di tubuh cacing tsb sehingga mirip kelabang atau lipan.
Demikian tambahan yg dapat saya sampaikan.Terima kasih atas tanggapannya.SAlam


Re: thanks Pak Admin - webmaster - 12-11-2002 02:08 PM

Bung Bengsiang,
apakah tampilannya seperti ini??

[Gambar: lur1.jpg]
[Gambar: lur2.jpg]

Salam


tanggapan atas gambar - Guest - 12-11-2002 03:36 PM

Duh thanks berat ya Bung Admin anda begitu cepat merespon dan sungguh saya sangat salut anda punya begitu banyak data dan gambar/foto2 yg mendukung pendapat anda. Jarang saya temui pakar spt anda yg baik dan berjiwa friendly...duh jadi pengen kenal secara pribadi dech he..he..he..he...maaf kalau ga berkenan tapi sungguh saya sangat terkesan dg ke pribadian anda. Cacing tersebut tidak berbulu spt yg di gambar tsb tapi kalau sudah dimasukan ke akuarium akan nampak "kaki-kaki"nya....saya akan coba nanti pada waktu liburan antara tgl 21-26 saya akan ke cilacap untuk mendapatkan cacing tsb dan akan saya foto pakai kamera digital shg bisa saya sampaikan kepada Bung Admin.Anyway ...apakah jenis cacing yg di gambar tsb...? Dan satu hal lagi yg blm dijawab apakah majalah Aquatica yg di iklankan di site ini adalah majalah yg Bung Gagas...? Jika iya saya tertarik untuk berlangganan...Saya di Jakarta...Mohon tanggapannya.Thanks


Re: tanggapan atas gambar - webmaster - 12-11-2002 04:29 PM

Bung Bengsiang,
terimakasih atas kesediaanya mengambil foto nanti. Jujur saja saya masih penasaran dan ingin tahu he..he.... kebetulan masih ada beberapa gambar yang mirip-mirip deskripsi anda; saya coba muat berikut ini:
[Gambar: lur3.jpg]
[Gambar: lur4.jpg]
[Gambar: lur5.jpg]
[Gambar: lur6.jpg]
Apakah ada yang mendekati. Jenis ini tidak "berbulu".

Mengenai majalah. Mungkin lebih tepat seperti sebutan anda sebelumnya, saya turut membidani kehadirannya. Sedangkan gagasan muncul dari hobiis, yang kemudian direalisasikan, diantaranya, oleh salah seorang member di forum ini.

Cacing yang sebelumnya bernama "cacing api" (fireworm) biasa dijumpai diantara terumbu karang.

Salam


cacing lur laut - Guest - 12-12-2002 08:22 AM

Jujur saya akui , saya makin kagum dg data dan pengetahuan yg Bung Admin miliki,belum pernah saya menemui pakar spt anda.Sekali lagi salam salut saya. Cacing yg saya maksud kemungkinan gambar ke dua atau ke empat. Gambar kedua yg ada di Cilacap berdasarkan telpon saya tadi malam dg saudara yg di cilacap cacing lur laut ini hidup di dekat pantai yg berlumpur dan biasanya orang mengambilnya dg menggali rumahnya dg pacul.Biasanya tidak seluruh badan bisa terambil karena panjang seluruh badan bisa lebih dari 30 cm(Katanya).Kalau yg di Tegal lebih mirip gambar yg keempat.Tempat hidupnya juga dilumpur pertemuan antara laut dan sungai. Orang di sana juga banyak menggunakan cacing ini untuk memancing karena lebih cepet dapat ikan dibandingkan dg cacing tanah maupun umpan lainnya. Saya pernah dikirimi oleh saudara yg di Tegal dan saya berikan ke LH saya,berdasarkan pengamatan saya memang LH lebih menyukai daripada bloodworm maupun cacing tanah (Lumbricus L) yg saya beli. DI Pameran yg diselenggarakan di Gajahmada Plaza Bl.November-Desember kemarin ada satu stand yg menjual cacing jenis yg keempat tsb dan berdasarkan klaim dia ,menyatakan bahwa cacing tsb lebih baik dari segala cacing tanah yg ada juga dibandingkan bloodworm.INi yg menjadikan saya penasaran.Jika benar cacing yg saya maksud adalah gambar ke 2 dan ke 4, Benarkah bahwa cacing2 tsb lebih baik daripada cacing tanah dan cacing darah buat LH...?Apakah kandungan gizinya lebih baik..?Demikian tanggapan saya dan terima kasih buat responnya.


- MKP - 06-11-2003 01:20 AM

buat bung bengsiang,
posisi anda dimana? jika anda berada di luar jakarta aku tidak tahu mau memberi informasi ttg cacing laut.
aku hanya bisa memberitahu bung bengsiang khususnya dan rekan rekan yang lain pd umumnya lokasi dimana tempat membeli cacing laut.

bung bisa membeli di cilincing [dekat pembakaran mayat]
marunda di daerah lokasi pemancingan [sarang bango]
di bekasi di candrabaga [pondok ungu] pemancingan bersebelahan dengan kolam renang candrabaga
di muara angke di dekat pintu masuk pelelangan ikan sebelah kiri dekat pemancingan pluit, mereka menjual relatif lebih murah daripada tempat tempat yang menyediakan pakan louhan

aku mengerti jelas lokasi2 tersebut karena kebetulan aku hobi mancing ikan mujair di daerah2 tersebut

untuk pemberian pakan usahakan satu dulu habis baru kasih lagi, karena cacing laut tidak dapat bertahan lama di air tawar [namanya juga cacing laut he.. he.. he..]

yang jelas aku sempat membaca kalo udang laut lebih sedikit membawa bakteri2 yang merugikan daripada udang air tawar, mungkin hal ini berlaku juga buat cacing laut dan cacing tanah [ barangkali..]

kalau untuk makanan yang bermanfaat besar bagi louhan kita, aku juga sedang mencoba tapi yach itu..., karena baru jadi belum ketahuan hasilnya

untuk penangkaran cacing laut, itu yang aku kurang tahu, barangkali ada rekan2 yang mau membagi informasinya karena aku juga tertarik... sangat malah.


Pengembangbiakan cacing laut - andrei - 07-10-2003 07:38 AM

Rekan-rekan,

Beberapa waktu yang lalu saya iseng-iseng untuk mencoba mengembangbiakkan cacing laut, ternyata sampai hari ini bisa dikatakan lumayan hasilnya. Berikut ini caranya :

Media
Saya menggunakan media tanah liat, tanah ini saya peroleh dari bagian pinggir/dalam tambak ikan. Usahakan tanah ini jangan mengandung terlalu banyak mengandung air, menggumpal saja sudah cukup.
Tanah ini saya saya tempatkan di baki plastik panjang ukuran 50x50 cm, dengan ketebalan tanah 5-10 cm.
Sebelum cacing dimasukkan, bolak-balik tanah sambil diberi 2 sendok teh garam.
Anakan cacing
Saya biasa membeli anakan cacing di dekat tempat pemancingan mujair dekat rumah, harganya Rp. 1000,- per gelas bekas a**a. Untuk tempat seukuran diatas, saya beli 10 gelas Smile
Sumber makanan
Biasanya saya gunakan pelet makanan ikan (yang merk biasa aja) ditumbuk dan ditaburkan bersama garam seperti diatas. Pernah juga saya beri udang cincang (harus benar-benar halus) 1 sendok teh, atau juga sayuran cincang (kangkung).

Hasilnya, setelah +/- 3 minggu, ternyata setelah diamati, ada cacing-cacing lain yang merupakan tanda kalau cacingnya telah sukses berkembangbiak Smile Lumayan tidak perlu bolak-balik beli cacing laut Big Grin
Yang perlu diwaspadai dalam pengembangbiakan cacing ini adalah
- Jaga tempat cacing tsb agar tetap lembab, dgn cara menutupi koran bekas pada bagian atasnya, jangan kena sinar matahari langsung!
- Jaga agar tidak ada binatang pengganggu lain, terutama semut, yang masuk ke tempat cacing
- Gunakan hanya tanah liat, lebih bagus tanah liat yang berasal dari tambak bandeng atau daerah payau. Jangan menambahkan media lain selain tanah.
Mungkin rekan-rekan yang lain bisa menambahkan atau mengoreksi penjelasan saya diatas, saya persilakan.

Salam,
-andrei-


Re: Pengembangbiakan cacing laut - Iwak - 07-27-2003 04:09 AM

andrei Tulis:Rekan-rekan,

Beberapa waktu yang lalu saya iseng-iseng untuk mencoba mengembangbiakkan cacing laut, ternyata sampai hari ini bisa dikatakan lumayan hasilnya. Berikut ini caranya :
'.....
Salam,
-andrei-

Salam kenal buat mas andrei lokasi di sby mana? saya pengin coba pengalaman anda.. tolong bantu yach, Beli cacing di Jagir? :lol:


Re: Pengembangbiakan cacing laut - andrei - 07-27-2003 12:51 PM

Iwak Tulis:
andrei Tulis:Rekan-rekan,

Beberapa waktu yang lalu saya iseng-iseng untuk mencoba mengembangbiakkan cacing laut, ternyata sampai hari ini bisa dikatakan lumayan hasilnya. Berikut ini caranya :
'.....
Salam,
-andrei-

Salam kenal buat mas andrei lokasi di sby mana? saya pengin coba pengalaman anda.. tolong bantu yach, Beli cacing di Jagir? :lol:

Iyah, saya beli di jagir. Dulunya saya beli dikit-dikit, tapi sekarang saya sudah punya langganan disana, dan langsung di 'drop' dari gresik Smile
Mengenai cacing, sudah 1 minggu ini cacing saya banyak yang mati Sad Entah kenapa, tapi kalo saya liat, sepertinya mati karena serangan penyakit. Jadi sementara tidak saya berikan pada LH saya. Kalo Bung Iwak mau main ke rumah, silakan, saya di daerah Mulyosari, anda dimana ?


RE: budidaya cacing lur laut - winduz09 - 11-18-2011 04:43 PM

bs nda budidayanya pake pasir bkan tanh liat???