Ornamental Fish Information Service Highlights Forum
Sisik Terangkat/Lepas - Versi Cetak

+- Ornamental Fish Information Service Highlights Forum (http://forum.o-fish.com)
+-- Forum: Akuarium Tawar (Freshwater Aquarium) (/forum-4.html)
+--- Forum: Arwana (/forum-30.html)
+--- Thread: Sisik Terangkat/Lepas (/thread-18405.html)



Sisik Terangkat/Lepas - Guest - 03-24-2003 06:03 AM

Ada yang tahu cara terbaik ngobatin penyakit sisik terangkat/lepas ngga ya? Saya sudah coba pake Tetra sepertinya masih kalah kuat tuh sama virusnya. Akhirnya pindah alam deh :cry:


- dOels - 03-24-2003 03:33 PM

Kutip:Ada yang tahu cara terbaik ngobatin penyakit sisik terangkat/lepas ngga ya? Saya sudah coba pake Tetra sepertinya masih kalah kuat tuh sama virusnya.
Ikan apa nih? Arwana? Sisik terangkat/kembang sisik? berapa banyak yg terangkat? apa ada bisul/tidak/kemerahan/satu sisi atau sekujur badan/punggung?Tetra apa? antibiotik?, Tetra merek obat2an ikan? (black water,dll). Kalah kuat ama virus, apa emang obat antiviral?Arwana saya perna mengalaminya, tapi apakah yg dimaksud mirip seperti aro saya?infonya tolong diperjelas.


- Guest - 03-25-2003 08:37 AM

Ikannya Aro Red Chili :cry: :cry: :cry:

Sisik biasanya rapat-rapat tuh ... kemudian hampir semua sisiknya jadi renggang (kayak insang lagi napas deh) mulai dari kepala abis itu sampe ekor deh.

Saya tahunya sebutan obatnya Tetra. Cirinya berbentuk bubuk warna kuning dan kalo dimasukin ke air jadi timbul buih.


- dOels - 03-25-2003 12:54 PM

Ok Bung ivansn,
Kalo lengkap data2nya mungkin rekan2 lain bisa sumbang saran.
Ukuran SR berapa cm? kecil/besar?Kalo dibilang aro "Red Chili" mestinya aro ini udah sekitar 30 cm ke atas, walau jarang kejadiannya kalo aro sebesar itu kecuali kualitas air yg kotor.
Kalo sisik keadaannya seperti itu saya menduga kualitas air yg labil (suhu hardness, dll, tapi biasanya ini buat aro ukuran 15 cm ke bawah).
Penanganan aro demikian saya menggunakan larutan daun ketapang tua yg kering. Jaga suhu stabil 30-31*C, penggantian air minimal sehari sekali dengan penggantian sekitar 10% saja. Level air diturunkan, garam ikan yg minimal. Reaksinya cukup menakjubkan sekitar kurang dari 20 jam sudah terlihat fit, lincah dan mau makan. Saya juga pernah menggunakan obat yg disebut "Tetra", mungkin itu antibiotik dari jenis tertracycline, tidak berpengaruh, karena memang penyebabnya kimia air.
Di kalangan pedagang biasanya disebut "kembang sisik" keadaan ini paling ditakutkan. Kebersihan air dan kestabilan paling diutamakan.
Penanganan sedini mungkin dari gejala dan tanda penyakit menentukan keberhasilan kesembuhan, karena itu diperlukan kepekaan bila ada sesuatu yg lain dari keadaan arwana, baik prilaku maupun fisiknya.
Kurang lebihnya rekan lain (terutama PDG) bisa berbagi pengalaman.