Ornamental Fish Information Service Highlights Forum
Bagus mana buat aro ini pakan BUATAN atau ALAMI...!!! - Versi Cetak

+- Ornamental Fish Information Service Highlights Forum (http://forum.o-fish.com)
+-- Forum: Akuarium Tawar (Freshwater Aquarium) (/forum-4.html)
+--- Forum: Arwana (/forum-30.html)
+--- Thread: Bagus mana buat aro ini pakan BUATAN atau ALAMI...!!! (/thread-13559.html)



Bagus mana buat aro ini pakan BUATAN atau ALAMI...!!! - andewx - 01-22-2004 12:40 AM

Bantu dong?


- ilo-bugis - 01-22-2004 02:43 AM

dilihat dari judulnya......
Bagus mana buat aro ini pakan BUATAN atau ALAMI...!!!

aro yg mana boss......kok ndak kelihatan gambarnya....... :?: :roll: :roll: :roll:


- ayala - 01-23-2004 09:13 AM

yang di avatar itu kali bos....


Re: Bagus mana buat aro ini pakan BUATAN atau ALAMI...!!! - januark - 01-23-2004 09:49 AM

andewx Tulis:Bantu dong?

Oke, saya bantu..


Re: Bagus mana buat aro ini pakan BUATAN atau ALAMI...!!! - davianto - 01-23-2004 10:28 AM

januark Tulis:
andewx Tulis:Bantu dong?

Oke, saya bantu..

Jan.. gimana aro ? ada tuh Red Banjar mau engga?


- Ayah Aga - 01-23-2004 01:25 PM

Pada ngomongin apa sih ? gak jelas ! :x :shock:


- davianto - 01-23-2004 01:55 PM

Ayah Aga Tulis:Pada ngomongin apa sih ? gak jelas ! :x :shock:

he he he he topik nya sih pangan aro... alami and buatan?


- andewx - 01-23-2004 10:45 PM

dOels Tulis:Sebetulnya saya kurang ada pengalaman dalam warna-mewarnai aro. Justru saya kebalikannya : " bagaimana melunturkan warna aro seluntur-lunturnya " . Arwana yg biasa diet udang saya ubah dietnya dengan ulat hk atau ikan mas, latar warna terang. Nah disitulah saya coba untuk seleksi warna. Beberapa hari 2-3 pekan akan terlihat warna aslinya, terutama arwana muda yg sedang tumbuh pesat.
Bung Chingmix, usia arwananya berapa bulan?
Biasanya terlihat pewarnaan di sisik2 sepertiga badan belakang (warna pink?).

Di kalangan penggemar arwana ada dua kubu yg menganut pewarnaan arwana dengan zat2 tertentu dan ada yg aliran natural (back to natur Smile ) . Sewaktu awal2 Trend Luohan, saya pernah uji coba pelet Lohan yg diberikan ke ulat hk, ulat jadi berwarna merah, trus ulatnya diberikan ke arwana Banjar Kuning (muda,15cm). Ekor menjadi kecoklatan, sisik sisik agak kemerahan. Setelah dihentikan pemakaian pelet tsb, sisik kembali seperti warna semula dan ekor menjadi kuning. Untuk arwana besar mungkin prosesnya lebih lambat.

Untuk udang (mengandung astaxantin), dipercaya membangkitkan warna merah pada arwana yg berpontensi merah, tapi seberapa banyak dan berapa lama diet udang bisa "memerahkan" arwana?, terutama untuk arwana yg sedang tumbuh. Ada seorang rekan yg mengharapkan peningkatan warna merah pada arwana Golden Red, dengan diet hanya udang, sampai ukuran 25 cm tidak tercapai apa yg diinginkannya. Perumpamaan dengan vitamin C dan beberapa buah jeruk. Vitamin C (atau vitamin lainnya dan beberapa minerals) apakah sama dengan jeruk? Udang, apakah sama dengan astaxantin? udang mengandung astaxantin, tapi komponen udang bukan hanya astaxantin bukan? begitu pula jeruk, bukan hanya Vitamin C? Pada zat pewarna merah ini dibuat extraknya, tentu kadar astaxantin x gram tidak sama dg x gram udang.
Makanan suplemen,extrak dan zat peningkat warna dibuat mungkin karena makanan alami tidak bisa menimbulkan efek yg diinginkan. Saya kurang tahu apakah zat2 extrak yg berkadar tinggi ini mempunyai efek samping terhadap kesehatan arwana.
Kalo untuk manusia suplemen: vitamin, miineral, dll memiliki efeknya masing-masing pada dosis tertentu. Misalnya ada bayi baru lahir yg sudah tumbuh gigi, ibunya mengkonsumsi banyak suplemen Calcium pada waktu hamil.

Untuk kalangan pedagang, hal ini sangat ditabukan. Karena pembeli bisa protes dan bercitra kurang baik. Warna mungkin bisa terlihat natural, yg jadi problem kalau sudah pindah pemilik, apakah warna itu akan bertahan? ataukah warna arwana akan selalu bergantung pada bahan pewarna? Perlu diketahui, untuk arwana SuperRed dengan warna merah original pada waktu muda (15-20cm) memiliki perbedaan harga yg mencolok. Harga SR potensi merah 6-7 jt, sementara yg kurang potensi merah hanya 4,5-4,75 jt di ukuran yg sama.

Hemat saya pribadi makanan arwana itu lebih bagus yg alami dan segar (live food). Sebetulnya arwana di habitat aslinya makanannya apa ya? mungkinkah serangga? (mengingat aro bisa lompat tinggi).Semuanya kembali kepada perawat arwananya masing2, apakah makanan hidup, makanan mati atau makanan olahan. Berikan yg terbaik buat arwana kesayangan kita Smile

Wallahualam,
dOels

Sebetulnya ini yg mau saya angkat kembali, supaya kita jelas mana yang terbaik menurut kita semua buat IKAN kesayangan kita juga...