Ornamental Fish Information Service Highlights Forum
Membuat pipa lengkung? - Versi Cetak

+- Ornamental Fish Information Service Highlights Forum (http://forum.o-fish.com)
+-- Forum: Kreatif (Do It Your Self/DIY) (/forum-13.html)
+--- Forum: Membuat Peralatan Akuarium (/forum-67.html)
+--- Thread: Membuat pipa lengkung? (/thread-11134.html)



Membuat pipa lengkung? - plantmaniac - 07-12-2004 07:59 AM

ada yang tau teknik/cara buat pipa plastik (transparant) buat akuarium melengkung sperti pipa plastik yang didapat dari filter cannister ?


- januark - 07-12-2004 10:52 AM

kalau tujuannya membentuk U, susah.

lebih baik pakai keni atau sambung sama selang..


- andewx - 07-12-2004 02:22 PM

Coba pake Hairdryer atau Dryer merk bosch...maksudnya dipanasin...!


- MKP - 07-14-2004 05:34 AM

andewx Tulis:Coba pake Hairdryer atau Dryer merk bosch...maksudnya dipanasin...!
Kalo engga ada pake lilin juga bisa koq...


- thinker - 07-16-2004 04:12 PM

Yang bisa dicoba ya dipanaskan dng hair dryer dan dibentuk secara perlahan, kalau pakai lilin selain hitam juga kl plastiknya tipis biasanya lgsg leleh/bolong.
Ini memang kerjaan hrs ulet & tidak terburu-buru.
8)


Membuat pipa lengkung? - BL - 07-19-2004 01:02 AM

Ada alatnya biasanya untuk roll pipa dan setiap ukuran dari alat ini, hanya bisa digunakan untuk satu ukuran diameter pipa, biasanya disebut Alat Roll Pipa dan yang jual biasanya toko perlatan tehnik. Isi pipa plastik dengan pasir halus sampai padat kemudian sumbat ujungnya. Panaskan pipa kalau ada pakai Hot Air Gun kalau tidak ada kompor LPG juga bisa, yang penting merata pada seluruh permukaan pipa yang akan dilengkung kemudian di roll dengan alat tersebut, sesuai dengan lengkung yang anda inginkan. Silahkan dicoba kalau anda cukup telaten pasti bisa. Trims. Smile :lol:


- Wong BANTEN - 07-20-2004 09:14 AM

Pertimbangkan juga segi ESTETIKA, krn memang jika sukses dalam prosesnya, plastik akan mengalami STRESS yg membuat bentuk dan penampilan dari plastik tsb BERUBAH.
Malah Jelek deh hasilnya.


Membuat Pipa Lengkung? - BL - 07-21-2004 12:17 AM

Kalau menurut pengalaman Bung Wong BANTEN begitu maka lebih baik jangan dicoba. Trims. Smile :lol:


Re: Membuat Pipa Lengkung? - andewx - 07-21-2004 01:17 PM

BL Tulis:Kalau menurut pengalaman Bung Wong BANTEN begitu maka lebih baik jangan dicoba. Trims. Smile :lol:

Lho...koq, udah mundur sebelum maju?

Gimana mau KREATIF kalo gak berani ambil resiko?

Idenya kan Do it Your Self...gimana dong? apa kita mesti beli jadi aja, kalo kita ternyata bisa mengerjakannya sendiri...?


Membuat pipa lengkung? - BL - 07-22-2004 01:36 AM

Kalau sudah ada orang lain yang coba seperti cara yang saya jelaskan tersebut diatas dan gagal, apa anda masih mau coba juga beli alatnya? Biar bagaimanapun DIY yang dilakukan oleh orang yang berbeda, walaupun dengan cara yang sama, pasti hasilnya akan berbeda terutama dalam kerapiannya. Dalam hal membuat pipa lengkung ini, ada kemungkinan anda akan mengalami hal yang sama dengan yang dialami oleh Bung Wong BANTEN. Jadi beli saja punya Eheim, banyak yang jual kalau di Jakarta, karena kalau anda hanya butuh 1 bh kemungkinan harga Alat Roll Pipa bisa lebih mahal dari Pipa Lengkung Eheim. Trims. Smile :lol:


- ekky_erian - 07-22-2004 02:14 AM

kalo maksudnya bung BL alat pembengkok untuk tubing pipe s/s buat alat instrumentasi sih.... besar modal beli alatnya dong dari harga pipa plastiknya.. Big Grin

ikutin aja cara yg pake dryer rambut... bbrp bulan yg lalu sy pernah mencobanya untuk setup aq sy... hasilnya ya...lumayan deh buat org yg gak bisa telaten spt sy ...hehehe...
dari pengalaman sy sebelumnya .... sy jamin pipa anda akan bagus kok radius lengkungannya bila anda sedikit lebih telaten dari saya... :wink:


Re: Membuat pipa lengkung? - andewx - 07-22-2004 03:41 PM

BL Tulis:Kalau sudah ada orang lain yang coba seperti cara yang saya jelaskan tersebut diatas dan gagal, apa anda masih mau coba juga beli alatnya?

Hahaha...kalo ini saya perlukan, tentu saya coba tanpa tanya dulu orang udah bikin apa belum!

BL Tulis:Biar bagaimanapun DIY yang dilakukan oleh orang yang berbeda, walaupun dengan cara yang sama, pasti hasilnya akan berbeda terutama dalam kerapiannya.

Yang penting kita pernah mencoba, kalo kita tidak pernah mencoba tentu kita tak akan pernah tahu hasilnya...ini juga tergantung pribadi masin-masing sih, kalo menurut anda begitu saya kira diskusi ini tentu tidak akan berkembang untuk saling berbagi pengetahuan!

BL Tulis:Dalam hal membuat pipa lengkung ini, ada kemungkinan anda akan mengalami hal yang sama dengan yang dialami oleh Bung Wong BANTEN. Jadi beli saja punya Eheim, banyak yang jual kalau di Jakarta

Yaaahh...emang beginilah kalo kita mo ambil gampangnya aja, ngapain repot mendingan beli jadi, gitu kan?

Tapi kalo kita bisa berbagi soal kreatif, tentu lebih enak kita berdiskusi!


BL Tulis:kalau anda hanya butuh 1 bh kemungkinan harga Alat Roll Pipa bisa lebih mahal dari Pipa Lengkung Eheim. Trims. Smile :lol:

Iya semua orang juga pasti berfikir begitu, ngawur aja kalo pengen bikin pipa lengkung harus beli alat roll pipa!

Tapi kita harus bisa manfaatkan yang ada juga dong, jadi kreatif di sini di perlukan ide2 baru jangan sampai lebih mahal ongkosnya.

Umpama kita punya lebihan pipa yg tak terpakai sisa keperluan sesuatu, tentu kita bisa manfaatkan, nah disini perlu ide kreatif kita supaya jangan sampai kita beli pipa lagi karena cuma perlu lengkungan aja!

Masa kita mesti bakar lumbung hanya untuk matikan satu ekor tikus? :lol:


Re: Membuat pipa lengkung? - ekky_erian - 07-23-2004 01:48 AM

andewx Tulis:bakar lumbung hanya untuk matikan satu ekor tikus? :lol:
ngapain dimatiin tikusnya jek? panggil si dani aje... doi doyan banget sama ni mahluk.... :crazy


Membuat pipa lengkung. - BL - 07-24-2004 03:23 AM

Kutip:ekky_erian wrote:
kalo maksudnya bung BL alat pembengkok untuk tubing pipe s/s buat alat instrumentasi sih.... besar modal beli alatnya dong dari harga pipa plastiknya..
ikutin aja cara yg pake dryer rambut... bbrp bulan yg lalu sy pernah mencobanya untuk setup aq sy... hasilnya ya...lumayan deh buat org yg gak bisa telaten spt sy ...hehehe...
dari pengalaman sy sebelumnya .... sy jamin pipa anda akan bagus kok radius lengkungannya bila anda sedikit lebih telaten dari saya...

Maksud saya Alat Roll Pipa yang biasanya untuk Pipa Tembaga, banyak yang buatan Cina dan harganya tidak selangit.

Kalau anda pakai Hair Dryer maka anda harus jelaskan yang berapa watt?
Soalnya beda watt akan beda panas yang dihasilkan dan kalau anda lagi mau buat lagi pipa lengkung, sebaiknya anda coba isi dengan pasir halus kemudian sumbat ujungnya, agar sewaktu anda lengkung pipanya tidak terlalu gepeng. Smile :lol:


Re: Membuat pipa lengkung. - januark - 07-24-2004 10:49 AM

BL Tulis:Kalau anda pakai Hair Dryer maka anda harus jelaskan yang berapa watt?
Saya rasa hair dryer 1000 watt baru cukup panas untuk melengkungkan pipa pvc (paralon, wavin dsb)

BL Tulis:sebaiknya anda coba isi dengan pasir halus kemudian sumbat ujungnya, agar sewaktu anda lengkung pipanya tidak terlalu gepeng. Smile :lol:
saya perhatikan bahwa bung plantmaniac menyebutkan pipa transparant, bukan pvc, pipa transparant tersebut setahu saya getas, mudah retak, tidak lentur seperti pvc. Apakah teknik tersebut berlaku juga untuk pipa transparant tersebut ?