Ornamental Fish Information Service Highlights Forum

Versi Penuh: Air hujan tidak cocok untuk ikan ???
Anda sedang melihat tampilan versi penjabaran ke bawah dari konten kami. Lihat tampilan versi penuh dengan format yang lebih baik.
Hi, salam kenal.

Saya mempunyai bak ukuran 3 x 1 x 1 meter terletak di tempat terbuka. hanya sebagian saja yg ditutup dengan seng plastik.

Untuk menghemar air (=biaya :wink: ) saya memakai air hujan. (dgn ide pvc overflow (O-Fish), saya tidak perlu report dgn masalah air kolam tumpah di musim hujan ini.

Sekarang ini ikan yg dipelihara adalah yg jenis kecil: platy, lemon, sepat, botia dll-nya. rencana ke depan sih mau pelihara koi dengan menggunakan sistem yg sama, yaitu air hujan.

Menurut teman katanya air hujan membuat ph air turun. Apakah benar air hujan tidak cocok untuk ikan ? mohon pencerahannya. Terima Kasih
saya juga pake air ujan, tapi untuk ikan2 yang ber PH rendah
seperti rednose tetra, cardinal tetra, manfish, corydoras, bloodfin, black neon tetra, pencil fish, dll
keliatannya sih pada cocok semua.
ga ada yang mati.

memang sih ga langsung pake ,
ya di rendem 3 harian lah
Hi Dar3b, terima kasih atas tanggapannya.

Fungsi direndam 3 hari itu menghilangkan apa ya ? terus yg diambil apakah hanya bagian atasannya saja ? (jika tujuan tidak memakai endapan yg didasar)

Berhubung lokasi yang terbatas, skrg ini air hujan langsung dialirkan ke kolam ikan. Sampai dengan sekrg nampaknya ikan kecil tsb tidak bermasalah, masing ramai2 rebutan makan. Ini yang paling enak dipandang. Big Grin

Tiap pagi sebelum berangkat kerja, dan malam sesudah dirumah memandang ini. maka semua stress bakalan hilang. :lol:

Apakah air hujan ini berpengaruh buruk dengan KOI ? karena ada rencana mau pelihara koi di bak terbuka spt ini jg.
itu sih kata buku sama komentar di interenet , katanya supaya polutan dari diangkasa nguap dulu ( kaya di kota2 besar), kecuali rumahnya di tengah hutan, kalo di tengah hutan menurut teorinya murni air hujan tanpa ada polusi.

tapi kalo langsung pake sehat2 sajasih, berarti BAGUS, ga usah di biarin dulu 3 hari
Tau nggak,air hujan itu TIDAK BERSIH!
Buktinya,kita dilarang main hujan2an,kan?
klo di jakarta atau dikota2 besar sih bener air hujannya ngak sehat.... kebanyakan zattt assssam nyah.... buktinya saya sehat2 aja hujan2an.... takuuut.... ngak deh.... just only water you know.... kita terlalu tersugesti bahwa air hujan itu mendatangkan penyakit... wake up man.... kata komik cenglung mah... masa pendekar takut hujan... hehehe...

sorry nih bercanda....hehehe.... yang bener sih kita harus tau kondisi tubuh kita apakah lagi fit atau ngak....termasuk ikan juga begitu... stress ngak.... gimana kondisi sebelumnya PH? DH? .....

adaptasikan ikan tersebut dengan kondisi tempat yang tersedia... nurut deh sama alam... boleh menentang alam tapi punya ngak teknologinya...

kita sama2 belajar dari petani2 ikan yang pure menggunakan jasa alam... ditendang ke sawah jadi banyak ..... mereka tuh manusia yang selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT. klo gagal ya ngak apa2 mungkin bukan rejekinya.... klo berhasih suatu berkah yang dihadiahkan Allah SWT pada umatnya....
klo di jakarta atau dikota2 besar sih bener air hujannya ngak sehat.... kebanyakan zattt assssam nyah.... buktinya saya sehat2 aja hujan2an.... takuuut.... ngak deh.... just only water you know.... kita terlalu tersugesti bahwa air hujan itu mendatangkan penyakit... wake up man.... kata komik cenglung mah... masa pendekar takut hujan... hehehe...

sorry nih bercanda....hehehe.... yang bener sih kita harus tau kondisi tubuh kita apakah lagi fit atau ngak....termasuk ikan juga begitu... stress ngak.... gimana kondisi sebelumnya PH? DH? .....

adaptasikan ikan tersebut dengan kondisi tempat yang tersedia... nurut deh sama alam... boleh menentang alam tapi punya ngak teknologinya...

kita sama2 belajar dari petani2 ikan yang pure menggunakan jasa alam... ditendang ke sawah jadi banyak ..... mereka tuh manusia yang selalu mensyukuri nikmat yang diberikan Allah SWT. klo gagal ya ngak apa2 mungkin bukan rejekinya.... klo berhasih suatu berkah yang dihadiahkan Allah SWT pada umatnya....
jadi kalo punya kolam outdor harus di kasih atap biar g kehujanan ato kehujanan ga masalah ?
Suka2nya aja gimana.. Air hujan itu akan menurunkan pH dan kesadahan air.. Terkadang jadinya kurang cocok dengan ikan yang pengen airnya "keras" contohnya cichlid nih.. Kalau Terkadang ikan2 bangsa cyprinid seperti koi misalkan justru sangat senang dengan hujan karena menambah arus air.. Yah kalau misal sedikit takut dengan dropnya ph, bisa ditambahkan sedikit karang di filter atau kolamnya agar tidak terlalu turun pHnya...
kalo koi pake air hujan nda deh.. koi2 ku kena h qujan pada mabok.. punya bbrp rekan malah pada mati. ga tau lagi kalo air hujannya di diemin dl baru di pakai. mungkin gpp. soalnya air hujan bersifat asam.
URL Referensi