Ornamental Fish Information Service Highlights Forum

Versi Penuh: Sketsa Fancy Goldfish
Anda sedang melihat tampilan versi penjabaran ke bawah dari konten kami. Lihat tampilan versi penuh dengan format yang lebih baik.
Halaman: 1 2 3
hermanto Tulis:Untuk melengkapi koleksi, ini saya fotokan dari buku (pake HP) dua jenis ikan:

Jikin (yg hampir tidak ada di Indonesia)
[Gambar: 01102007460.jpg]

Oranda topview (yg rupanya tidak masuk di Indonesia)
[Gambar: 01102007462.jpg]

Salam. Hermanto

pak her...oranda topview sepertinya kaya oranda longtail yg mekar y pak??

salam, imam
Benar pak. Ekornya mekar. Badannya langsing dan panjang. Kepalanya mirip ranchu Smile
:?: maaf bedanya raskin sama oranda itu apa ya?
hermanto Tulis:Benar pak. Ekornya mekar. Badannya langsing dan panjang. Kepalanya mirip ranchu Smile

oh gitu y pak.....
berarti pas saat sortir burayak tahap ekor, bisa menemukan oranda topview dong pak?? apa ini ga dianggap cacat y pak? ato kurang sempurna ekornya.....pikir saya, oranda topview itu merupakan jenis turunan oranda yg dah pakem bentuknya.....apakah saya salah pak? mohon pencerahannya....

salam

imam
poma30 Tulis:oh gitu y pak.....
berarti pas saat sortir burayak tahap ekor, bisa menemukan oranda topview dong pak?? apa ini ga dianggap cacat y pak? ato kurang sempurna ekornya.....pikir saya, oranda topview itu merupakan jenis turunan oranda yg dah pakem bentuknya.....apakah saya salah pak? mohon pencerahannya....

salam

imam

bro poma, oranda topview memang seharusnya sdh punya line sendiri. bukan dr oranda sideview hasil sortir. mungkin kita bisa ambil oranda sideview yg disortir dr ekornya. tp setelah besar nanti, akan terlihat banyak kekurangannya. diantaranya adalah wen yg tdk kotak bentuknya, badan yg terlalu gempal (sementara oranda topview kan langsing).
Raskin itu kalau nggak salah lidah Indonesia mengucapkan redcap. Di Surabaya disebut rasket. Kalau benar yg dimaksud, maka raskin itu adalah oranda redcap, jadi masih termasuk oranda juga, hanya saja warna merah hanya boleh di topinya saja.
@Pak Hermanto,
ikan Jikin memang dilihat dari corak warna atau bentuk badannya?
sekilas mirip ryukin dari atas, trus memang tanpa jambul ya,

kalo di negeri asalnya ikan ini masuk di kontes ngga ya?

thank
-isal
Maaf setelah setahun baru saya liat pertanyaan yg ditujukan pada saya nih. Apa pak Sal masih ada di forum ini ya?

Jikin kebetulan saya baru adopsi dan mempelajari, dari teman di forum ini juga. Memang di Jepang ada standard warnanya, yaitu semua sirip merah, bibir merah, insang boleh merah, yang lainnya putih. Jadi kalau ada jikin yg warnanya dominan merah, akan diafkir. Kalau merahnya tidak banyak di badan, akan dikerok. Tapi terus terang, kalau saya breed ikan ini, sy tidak peduli standar warnanya. Yg penting bagi saya saat ini adalah ekornya.

Sedangkan gaya renangnya, sangat menyenangkan. Seperti orang yg sedang bergoyang mengikuti irama jazz. Goyang santai. Dan ikan ini bukan ikan yg lincah berenang. Saya taruh di kolam besar, dengan mudah saya bisa menangkapnya pake satu tangan.

Saya tidak tahu ttg kontesnya pak.
aquaplantae Tulis:
poma30 Tulis:oh gitu y pak.....
berarti pas saat sortir burayak tahap ekor, bisa menemukan oranda topview dong pak?? apa ini ga dianggap cacat y pak? ato kurang sempurna ekornya.....pikir saya, oranda topview itu merupakan jenis turunan oranda yg dah pakem bentuknya.....apakah saya salah pak? mohon pencerahannya....

salam

imam

bro poma, oranda topview memang seharusnya sdh punya line sendiri. bukan dr oranda sideview hasil sortir. mungkin kita bisa ambil oranda sideview yg disortir dr ekornya. tp setelah besar nanti, akan terlihat banyak kekurangannya. diantaranya adalah wen yg tdk kotak bentuknya, badan yg terlalu gempal (sementara oranda topview kan langsing).

thanks om quaplantae infonya...
berarti oranda TV tsb emang ada line sendiri nya y....sepertinya di indo tidak ada y om? yg berredar di indo lebih ke oranda dg ekor butterfly....bukan oranda TV yg seperti di gambar....
hermanto Tulis:Maaf setelah setahun baru saya liat pertanyaan yg ditujukan pada saya nih. Apa pak Sal masih ada di forum ini ya?

Jikin kebetulan saya baru adopsi dan mempelajari, dari teman di forum ini juga. Memang di Jepang ada standard warnanya, yaitu semua sirip merah, bibir merah, insang boleh merah, yang lainnya putih. Jadi kalau ada jikin yg warnanya dominan merah, akan diafkir. Kalau merahnya tidak banyak di badan, akan dikerok. Tapi terus terang, kalau saya breed ikan ini, sy tidak peduli standar warnanya. Yg penting bagi saya saat ini adalah ekornya.

Sedangkan gaya renangnya, sangat menyenangkan. Seperti orang yg sedang bergoyang mengikuti irama jazz. Goyang santai. Dan ikan ini bukan ikan yg lincah berenang. Saya taruh di kolam besar, dengan mudah saya bisa menangkapnya pake satu tangan.

Saya tidak tahu ttg kontesnya pak.

Pak Her, kalo boleh tolong di-share foto (& video) jikin-nya dong....

Tks ya,
William
Ya pak, kepinginnya sih gitu. Tapi entah kenapa, akhir2 ini lagi males banget fotoin ikan Smile Tunggu mood-nya balik ya pak Smile

Oh ya, fotonya pernah di upload di forum jual beli, krn sy belinya dari sono.
Bantu2 nambahin sketsanya Big Grin

[Gambar: goldfish-tree.jpg]
Loh calico itu beda jenis ya ?
Bukan nya itu salah satu tipe marking saja,...
Jadi ada ranchu calico, Oranda Calico, dll.

Tp di gambar nya koq sepertinya Jenis Calico nya tidak berwarna selayak nya ikan calico?
Tongue binun ^_^!

Newbie neh maklum..
Saya juga tidak mengetahui sejarah kaliko.

Memang benar, kaliko itu adalah salah satu jenis sisik ikan koki, yakni sisik yg lapisan paling luarnya berwarna transparan. Asalnya darimana, saya tidak tahu. Yg pasti ikan kaliko pertama itu bersirip punggung. Setelah itu, sisik/warna kaliko ini disilang2kan ke berbagai jenis ikan koki untuk mendapatkan jenis2 dgn sisik kaliko. Jadi skrg kita punya demekin kaliko, ranchu kaliko, oranda kaliko, ryukin kaliko, dll.

Berbeda sekali dgn sisik ikan tanpa sisik di koi (kalau nggak salah namanya doitsu ya?). Itu adalah ikan tanpa sisik, bukan ikan sisik transparan seperti pada kaliko. Dan sejarahnya jelas. Ikan koi tanpa sisik itu berasal dari eropa, kalau nggak salah, jerman. Org Jepang biasanya tdk gampang menghargai produk negara lain, tapi kalau bicara ttg jerman, mereka fanatik. Karena itu, ikan koi dr jerman itu dihargai tinggi oleh org Jepang, dan dimasukkan dalam kategori koi mereka, bahkan disilang2kan sehingga menjadi bagian dari koi yg ada skrg.

Hayo, siapa yg punya informasi ttg sejarah kaliko?
Kalo saya baca di wikipedia (http://en.wikipedia.org/wiki/Calico_(goldfish)), pola sisik calico pada gf sepertinya bermula dari shubunkin. Bagaimana asal muasalnya, saya juga gak tahu.

Gf disebut calico bila mempunyai sisik transparan dan sisik metalik pada tubuhnya. Warna gf calico biasanya campuran antara merah/kuning, putih, hitam/abu-abu/biru. Apabila warna hitam/abu-abu/biru hilang, maka disebut sebagai warna sakura (merah-putih dgn sisik calico).
Halaman: 1 2 3
URL Referensi