Ornamental Fish Information Service Highlights Forum

Versi Penuh: Pemula Banget Bantuin yach please
Anda sedang melihat tampilan versi penjabaran ke bawah dari konten kami. Lihat tampilan versi penuh dengan format yang lebih baik.
hallo mas/om/bung/bang/pak...

Hallo, salam kenal buat aro mania...
aku member baru neh di forum ini..

Saya baruuuu aja dikasi arwana ama sodaraku neh, jenisnya pino ukuran +/- 15 cm dan jardini ukuran +/- 20 cm...
Saat ini aku lum punya aquarium dan aro nya masih diletakkan di ember dan di dalam bak mandi...

1.Bantuin ngeset akuariumnya dong...ukuran akuariumnya berapa dan apa aja perlengkapan yang harus dibutuhkan...

2.Aku juga belum begitu ngerti neh cara peliharanya...pakannya apa aja? soalnya aku sudah ngasi tetra arowana
tapi gak mau makan. Aku coba ngasi arthemia ehhhh aro nya doyan tuh, bagus gak sih buat aro nya?


Big Grin Thanks buat bantuannya yach...
Kutip:1.Bantuin ngeset akuariumnya dong...ukuran akuariumnya berapa dan apa aja perlengkapan yang harus dibutuhkan...

aro pertumbuhannya cepat GEDE. jdi aq. langsung aja yg gede. panjang 120 cm x lebar 60 cm x tinggi 50 cm. Jgn lupa tutup aq. nya. Aro, ikan peloncat indah. klo msih ukuran kecil. tinggi aer 20-25 cm aja doeloe.

[img]2.Aku juga belum begitu ngerti neh cara peliharanya...pakannya apa aja? soalnya aku sudah ngasi tetra arowana
tapi gak mau makan. Aku coba ngasi arthemia ehhhh aro nya doyan tuh, bagus gak sih buat aro nya?[/img]

ukuran kecil 12 cm = cacing beku, 15-20 = perut jangkrik. 20 up = ikn mas kecil, klbang, jangkrik. 25cm-30cm = kodok, dan kadal. Sesuaikan saja dgn "mulut" ikan nya. JANGAN, memberi mkn terlampau kenyang. !!!.


-h3ndr0-
mo nanya donks,,,
gw beli aro dah 5hari yg lalu,,,n gw liat aro nya masih stress,suka ngejuauh klo ada org,,,
n letak aquarium gw deket org lalu lalang,,,itu gmn?!

aqua gw 2,5m n gw isi sama aro silver 2ekor (@20cm),indodatz 2ekor,n aligator yg masih kecil 1ekor,,,

aro yg udah cupu masih bisa balik ga yah mentalnya ?!

n pas hari pertama+kedua liat jangkrik lsg ditergap skrg malah dicuekin,,,
help,,,,,,,,,,,,,,,
Tenang aja heruthe, saya dulu baru2nya beli aro jg kya bgitu setiap dideketin stress gtu n makannya jg jarang2....Mungkin krn aro nya blm adaptasi ama lingkungannya yg baru...
Jd gausa khawatir tunggu aja skitar 2 mingguan deh si aro dah bisa adaptasi ama lingkungan yg baru..jgn lupa jaga kualitas airnya.. :lol: :lol:
tadi aro saya dilemparin kue nastar+kacang grg ama anak2 kecil,,,jd saya kuras 90% n langsung saya sekap dgn nutupin kacanya pake koran,,tp atasnya masih terliaht,,,hehehe biar aro nya cepet balik mental badaknya
Hohohoho...Itu arwarna ngikut lebaran jg yah, dikasi kue nastar jg hohoho... Big Grin Big Grin Big Grin
Halo Bang/mas/akang/bapak/ibu

saya suka ikan hias,tapi banyakan pada mati kalau saya pelihara,ada teman kasih anjuran pelihara Arwana kata cocok buat type saya,
disini saya mau tanyakan :

1.dimana saya bisa membeli Aquarium yang cocok untuk arwana ?
2. dimana saya bisa membeli Ikan Arwana ?
3. Arwana jenis apa yang cocok buat saya sebagai pekerja/orang sibuk ?

Adapun saya tinggal didaerah legok tangerang dekat serpong

demikian pertanyaan saya , mohon bantuannya untuk pencerahaannya...
Terima kasih.
dody72 Tulis:Halo Bang/mas/akang/bapak/ibu

saya suka ikan hias,tapi banyakan pada mati kalau saya pelihara,ada teman kasih anjuran pelihara Arwana kata cocok buat type saya,
disini saya mau tanyakan :

1.dimana saya bisa membeli Aquarium yang cocok untuk arwana ?
2. dimana saya bisa membeli Ikan Arwana ?
3. Arwana jenis apa yang cocok buat saya sebagai pekerja/orang sibuk ?

Adapun saya tinggal didaerah legok tangerang dekat serpong

demikian pertanyaan saya , mohon bantuannya untuk pencerahaannya...
Terima kasih.

mencoba u/ menjwb.
1. bisa pesan ke tukang aq. usahakn buat yg panjgn nya lebih dr 120 cm. aro cepat sekali pertumbuhannya. agar tdk gonta ganti aq.
2. bisa di sentra toko ikan hias. kartini, sumenep, barito, or jtinegra.
3. u/ pemula, coba piara jenis silver or irian aja doeloe. rwat dgn baek. lalu upgrade ke asian arowana.

-Ndr0-
heruthe Tulis:mo nanya donks,,,
gw beli aro dah 5hari yg lalu,,,n gw liat aro nya masih stress,suka ngejuauh klo ada org,,,
n letak aquarium gw deket org lalu lalang,,,itu gmn?!

aqua gw 2,5m n gw isi sama aro silver 2ekor (@20cm),indodatz 2ekor,n aligator yg masih kecil 1ekor,,,

aro yg udah cupu masih bisa balik ga yah mentalnya ?!

n pas hari pertama+kedua liat jangkrik lsg ditergap skrg malah dicuekin,,,
help,,,,,,,,,,,,,,,

aqua nya cukup gede 2,5 m, tp saran saya lbh baik klo mau d campur si arowana minimal 5 ekor, jgn mpe kurang palagi 2 ekor, bahaya bisa berantem tuh, arowana kan sifatnya teritorial fighter... klo mental udah cupu brarti kasusnya kek pny saya, mo balik jd badak susah bgt gimanapun caranya dan tekniknya, mungkin intinya, harus tau apa penyebab si aro itu jd cupu... Big Grin dan sebisa mungkin d bereskan dl tuh faktor X nya... Big Grin

heruthe Tulis:tadi aro saya dilemparin kue nastar+kacang grg ama anak2 kecil,,,jd saya kuras 90% n langsung saya sekap dgn nutupin kacanya pake koran,,tp atasnya masih terliaht,,,hehehe biar aro nya cepet balik mental badaknya
\

wah extreme bgt nih 90 % nguras air... menurut gw gpp sih 90% tp jgn lgs d masukin air baru sbanyak 90% juga, isi perlahan2 misalnya dr 90% itu hari pertama masukin 20%, kemudian tunggu sampe 3 hari baru masukin 20% lagi, dst... soalnya klo lgs masukin 90% bs megap2 aronya krn selain perubahan suhu jg krn air bau blm mengandung O2... jgn lupa d endapkan airnya

h3ndr0 Tulis:
Kutip:1.Bantuin ngeset akuariumnya dong...ukuran akuariumnya berapa dan apa aja perlengkapan yang harus dibutuhkan...



aro pertumbuhannya cepat GEDE. jdi aq. langsung aja yg gede. panjang 120 cm x lebar 60 cm x tinggi 50 cm. Jgn lupa tutup aq. nya. Aro, ikan peloncat indah. klo msih ukuran kecil. tinggi aer 20-25 cm aja doeloe.



[img]2.Aku juga belum begitu ngerti neh cara peliharanya...pakannya apa aja? soalnya aku sudah ngasi tetra arowana

tapi gak mau makan. Aku coba ngasi arthemia ehhhh aro nya doyan tuh, bagus gak sih buat aro nya?[/img]



ukuran kecil 12 cm = cacing beku, 15-20 = perut jangkrik. 20 up = ikn mas kecil, klbang, jangkrik. 25cm-30cm = kodok, dan kadal. Sesuaikan saja dgn "mulut" ikan nya. JANGAN, memberi mkn terlampau kenyang. !!!.


-h3ndr0-

waw bung hendro cukup extreme makananya... Big Grin menurut saya pemberian ikan mas kecil hrs diperhatikan, terkadang si ikan membawa penyakit yg berakibat fatal terhadap aro, contohnya kutu jarum, selain itu anak ikan mas menyebabkan DE pd aro. klo untuk pemberian kelabang jg harus hati2 menurut saya kelabang lbh pas d berikan saya berukuran 40 CM up. klo untuk kadal, yg ini hrs ukuran besar bgt, klo nggak bahaya, si aro bs keselek... Big Grin
klo saya pribadi pemberian pakan cukup meliputi jangkrik sbg pakan utama, dan ulat jerman serta udang sbg variasi makanan...
Predator Tulis:waw bung hendro cukup extreme makananya... Big Grin menurut saya pemberian ikan mas kecil hrs diperhatikan, terkadang si ikan membawa penyakit yg berakibat fatal terhadap aro, contohnya kutu jarum, selain itu anak ikan mas menyebabkan DE pd aro.

lu kalo takut ikan mas kecilnya bawa penyakit
bagusnya di taro dulu di bak / di aqua kecil lain yg di kasi obat anti penyakit 1 harian
lu cari aja obat gitu di toko ikan hias

kalo gw pakenya obat S1, buatan cina ( gw juga ga ngerti kenapa namanya S1)
ni obatnya cair warnanya ijo
kalo di campur ma air tentu airnya jadi ijo
gunanya ya itu tadi membunuh penyakit2 ikan
rusuh Tulis:kalo gw pakenya obat S1, buatan cina ( gw juga ga ngerti kenapa namanya S1)
ni obatnya cair warnanya ijo
kalo di campur ma air tentu airnya jadi ijo
gunanya ya itu tadi membunuh penyakit2 ikan

kl obatnya ijo warnanya kemungkinan besar machalite green.
mending ati2 mslh obat, kl ga jelas asal muasalnya bisa beracun
setubuh dgn atas saya...

ada sedikit pengalaman dr seorang rekan penghobby arowana yg suka memberikan pakan berupa anak ikan mas, saking dia sibuknya jd mencari praktis dgn memberi pakan anak ikan mas, maklum dia pny 6 akuarium arowana...

1. pernah tjd aro keracunan d tandai dgn kejang2. nyawanya tdk terselamatkan, tdk tahu penyebabnya... diduga berasal dr pakan anak ikan mas...
2. sering tjd si aro hanya menggigit kemudian membuang bangkai anak ikan mas tsb, shg mengapung d permukaan air, dan menimbulkan bau amis yg tdk sedap, tentu klo lama dibiarkan akan berakibat buruk bagi si aro
3. pernah terkena kutu jarum dan white spot, untung saja si empunya berpengalaman soal penyakit itu... Big Grin

maaf no offense, krn pakan yg d berikan kpd si aro bergantung dr keinginan pemiliknya...
URL Referensi