Ornamental Fish Information Service Highlights Forum

Versi Penuh: [ASK] Warna ikan pudar, kenapa ??
Anda sedang melihat tampilan versi penjabaran ke bawah dari konten kami. Lihat tampilan versi penuh dengan format yang lebih baik.
bos2 smua
saya mempunyai bebagai jenis ikan air tawar dlm aquarium mulai dari botia,sapu2,neon,cupang dan lain2. semua itu baru saya pelihara sekitar 2 bulan. semuanya sampak sehat krn dapat dilihat dari mereka yg aktif dan nafsu makan yg bagus namun 2 minggu terakhir ini warna ikan tampak pudar. contohnya spt ikan botia. pas pertama kali beli warna kuning dan hitamnya pekat sekali tp setelah beberapa minggu warna itu tampak pudar bahkan ada beberapa yg kelihatan urat2nya, pertanyaannya :
1. Kenapa hal ini bisa terjadi ?
2. Apakah hal ini karena lampu celup yg saya pakai ?
3. Apakah ada pengaruhnya dgn pakan yg diberikan ?? ( saya memberi pakan 2x sehari dgn pelet atw cacing beku)
4. Bagaimana caranya agar warna ikan tampak cerah/pekat kembali ?
5. Katanya lampu ultra violet dapat mencerahkan warna kulit ikan benarkah demikian ?

thx pencerahannya
blowjobsky Tulis:bos2 smua
saya mempunyai bebagai jenis ikan air tawar dlm aquarium mulai dari botia,sapu2,neon,cupang dan lain2. semua itu baru saya pelihara sekitar 2 bulan. semuanya sampak sehat krn dapat dilihat dari mereka yg aktif dan nafsu makan yg bagus namun 2 minggu terakhir ini warna ikan tampak pudar. contohnya spt ikan botia. pas pertama kali beli warna kuning dan hitamnya pekat sekali tp setelah beberapa minggu warna itu tampak pudar bahkan ada beberapa yg kelihatan urat2nya, pertanyaannya :
1. Kenapa hal ini bisa terjadi ?
2. Apakah hal ini karena lampu celup yg saya pakai ?
3. Apakah ada pengaruhnya dgn pakan yg diberikan ?? ( saya memberi pakan 2x sehari dgn pelet atw cacing beku)
4. Bagaimana caranya agar warna ikan tampak cerah/pekat kembali ?
5. Katanya lampu ultra violet dapat mencerahkan warna kulit ikan benarkah demikian ?

thx pencerahannya

1. Kualitas air bagaimana ? Semakin bagus kualitas air dan kecocokan parameter bisa bikin ikan keluar secara optimal keindahan warna nya

Untuk botia mungkin aquarium nya kurang luas ato temp air nya terlalu hangat ato terlalu dingin

2. Bisa jadi, karena jenis2 botia itu termasuk sensitive dengan cahaya, mereka lebih suka lingkungan yg remang2

3. Rasa nya sih ngga, asalkan porsi dan nutrisi nya cukup

4. Perbaiki kualitas air seoptimal mungkin dan berikan parameter dan kondisi lingkungan yg secocok mungkin untuk ikan, dan jangan campur aduk ikan karena bila ada ikan yg sifat nya agresif ato terlalu aktif akan mengganggu ikan yg tenang dan pemalu, bila ikan happy corak warna nya akan indah juga

5. Tergantung untuk ikan apa dulu, karena ada ikan2 yg ngga suka cahaya

Ngomong2 itu lampu ultraviolet asli ato cuma lampu celup yg berwarna ungu ? :lol:
clown loach yah?
Dia itu schooling biasanya 3 atau 4an bahkan lbh, nocturnal.. Jd ks tempat nyumput d..

Fyi: clown loach smkn bertambah besar warnanya pudar, bukan dlm bbrp minggu yah ini
Kalo clown loach kecil warna nya pudar biasanya memang karena stress, jumlah nya terlalu sedikit, air nya ngga cocok, tankmate agresif, kurang shelter ato memang dapet yg gen warna nya kurang ok
bukan sok pinter neh gua cuma share pengalaman.
tuh ikan pudar pasti krn konsentrasi kaporit dalam air terlalu banyak.biasanya utk menetralisir sih pake garam ato larutan utk ilangin kaporit.

ikan gua sih banyakan gitu kalo dari tk bawa pulang ke rmh mkn krn pakan yg gua kasih kurang mahal
simon chow Tulis:bukan sok pinter neh gua cuma share pengalaman.
tuh ikan pudar pasti krn konsentrasi kaporit dalam air terlalu banyak.biasanya utk menetralisir sih pake garam ato larutan utk ilangin kaporit.

ikan gua sih banyakan gitu kalo dari tk bawa pulang ke rmh mkn krn pakan yg gua kasih kurang mahal

Garam ngga bisa menetralisir kaporit, kalo anti chlorine bisa tapi masalah nya sekarang PAM bukan pake chlorine aja kadang masukin chloramine juga

Mahal ato ngga harga pakan biasanya sih ngga langsung berpengaruh ke warna, tergantung bahan nya apa aja, kimia efek nya cepet tapi konsekuensi jelek nya juga gede
Wah kebetulan nih saya juga mengalami hal yang sama pada ikan Rasbora Harlequin (untungnya cuman seekor yang kena). Warna hitam di bagian belakang seperti memudar :shock: karena penasaran saya coba browsing di web cuman sama sekali tidak ada info :? sampai sekarang jadi bingung, sebenarnya sakit apa itu ikan :?:
kalo gitu ayo rame bli anti chlorine
kalo garam ga ampuh lagi.
btw soal garam gua belajar dari tukang jual ikan tuh bro
Crowbar Tulis:Wah kebetulan nih saya juga mengalami hal yang sama pada ikan Rasbora Harlequin (untungnya cuman seekor yang kena). Warna hitam di bagian belakang seperti memudar :shock: karena penasaran saya coba browsing di web cuman sama sekali tidak ada info sampai sekarang jadi bingung, sebenarnya sakit apa itu ikan :?:

Mungkin kena jamur ato kedinginan, coba kasih heater 24-26 C mungkin bisa pulih, kalo ngga juga yah mungkin memang pigmen2 warna nya mengalami penurunan / penuaan

simon chow Tulis:kalo gitu ayo rame bli anti chlorine
kalo garam ga ampuh lagi.
btw soal garam gua belajar dari tukang jual ikan tuh bro

Kalo ngga pake air pam buat apa pake anti chlorine :?: bukan nya garam ngga ampuh, tapi memang ngga ada zat2 dalam garam yg bisa menetralkan chlorine :lol: makanya jangan gampang percaya sama tukang ikan Tongue
kalo boleh saran ni bos.. coba di ganti air nya sama air RO atau air isi ulang.. karena kalo air PAM itu kaporit nya tinggi dan juga pH nya juga gk terlalu cocok buat ikan.. coba di ganti sama air RO dan air isi ulang.. yg 1 galon nya 3rb an..
URL Referensi