Ornamental Fish Information Service Highlights Forum

Versi Penuh: tanya soal lampu / penerangan
Anda sedang melihat tampilan versi penjabaran ke bawah dari konten kami. Lihat tampilan versi penuh dengan format yang lebih baik.
Selamat malam bro and sist..

Mau tanya, apakan menggunakan lampu TL - UV lamp seperti misalnya phillips TL-UV bisa menghambat atau bahkan membunuh bakteri pengurai karena saya memakai filter biologi. Diketerangan product'nya dikatakan " membunuh bakteri,virus dan mikroorganisme".

Trima kasih
malam bro bayu.
coba tanyakan lagi ke yang jual, sinar lampunya boleh terlihat mata atau tidak?
kalau boleh berarti hanya mengandung UV a atau UV b, sinar UV ini tidak bisa membunuh bakteri, biasa digunakan untuk reptile, aquascaping, tanning arwana.
kalau yang tidak boleh terlihat mata UV c. sangat berbahaya, biasa di jual dalam tabung dan di sebut UV sterilizer. biasa digunakan untuk kolam yang green water, menghilangkan lumut di aquarium.
tujuan bro bayu menggunakan lampu ini untuk apa? kalau untuk penerangan maskoki biasa beli saja merk jebo, tfc. kalau memang untuk mensterilkan air, belinya UV sterilizer.
saya kurang setuju kalau aquarium yang tidak berlumut parah atau green water untuk memakainya, karena ikan bro bayu akan terbiasa dengan air bersih, dan pas air kotor sedikit langsung sakit karena antibodi belum terbentuk.
Bro Podol,

Saya mau gunakan untuk penerangan saja bro, krn katanya lampu UV itu untuk pengganti sinar matahari aja. Aquarium saya posisinya di balik jendela,jd klo buka jendela terkena sinar matahari scr tdk langsung. Saya sudah beli bro Merk Jebo MW-3 lampunya warna kemerahan gt,kata yg jual itu lampu ultraviolet.Maksudnya gimana tuh bro ?
kalau maksudnya saya sendiri juga kurang ngerti pak. mungkin ada kandungan UV saja. kalau pengganti matahari biasa pakai lampu philips plantgrowth, atau lampu PLL yang kelvinnya tinggi. tapi ya tetap saja, matahari lebih bagus. pengalam saya dl pas pelihara maskoki, lampu aquarium sampai ada 1 lusin++, ganti ini itu tetap saja yang membuat warna ikan keluar ya sinar matahari langsung. sayaa taruh di bak fiber uk 2m x 1,5m x 1m(kalau tidak salah). itu saya isi 10 ikan, terkena sinar matahari langsung dari jam 9 pagi sampai sekitar 11.30. pakan saya berikan hikari oranda gold. dalam 2 minggu warna terlihat sangat berbeda. jadi saran saya tidak perlu terlalu pusing dgn lampu aquarium, cari yang sinarnya pas d pandang saja. kalau pusing dengan lampu, hanya buang2 uang bro bayu saja.
Mau tanya nie gan.
Ane baru beli lamp uv untuk pendeteksi uang palsu,
Pertanyaan saya 'apakah uv ini bs untuk membunuh bakteri?
URL Referensi